ABSTRAK
Anju Roida Maulita (43150127),
Beatrix Deviana Mukin (43150103), Moezes Kevin Cherno Ivanisavic Myrdin
(43150133), Sarah Ayu Anjiani (43150014), Perancangan Kreatif Komunikasi
Pemasaran Terpadu Guna Meningkatkan Brand
Awareness Dari MTZ Cheesecake Sebagai
Cheesecake In A Jar Dengan Kualitas Premium, Harga Terjangkau, Serta
Kemasan Higenis Dan Praktis
Perkembangan bisnis kuliner saat ini
semakin berkembang, sehingga persaingan antar pelaku usaha semakin sulit juga.
Untuk tetap mempertahankan bisnisnya, pelaku usaha memerlukan sebuah inovasi
terhadap produknya. Salah satu bisnis kuliner yang telah melakukan inovasi
ialah cheesecake. MTZ Cheesecake
menjadi salah satu pelaku usaha yang telah melakukan inovasi dengan menjual cheesecake in a jar. Namun sayangnya, masyarakat kurang mengetahui mengenai
produk yang dijual oleh MTZ
Cheesecake. Oleh karena itu, penulis membuat Perancangan Kreatif Komunikasi
Pemasaran Terpadu Guna Meningkatkan Brand
Awareness dari MTZ Cheesecake Sebagai
Cheesecake In Jar dengan Kualitas Premium,
Harga Terjangkau, serta Kemasan Yang Higienis dan Praktis. Perancangan kreatif
komunikasi pemasaran terpadu ini merupakan solusi bagi MTZ Cheesecake untuk
memecahkan permasalahan yang ada yaitu untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk MTZ Cheesecake,
khususnya cheesecake in a jar.
Kata kunci : Komunikasi
Pemasaran Terpadu, Brand Awareness, cheesecake, MTZ Cheesecake
Daftar-Pustaka
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmia
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_14 Daftar Riwayat Hidup+FOTO.pdf
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_6 Kata Pengantar.pdf
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_1 Lembar Judul.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas
Bab-I-Pendahuluan
Bab-IV-Penutup
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.p
Bab-III-Pembahasan
DAFTAR
PUSTAKA
A. Buku
Abdullah, M. (2017). Manajemen
Komunikasi Periklanan. (S. Anafarhanah, Ed.) (Cetakan ke). Sleman,
Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan
Strategi (Cetakan
ke). Jakarta: Rajawali Pers.
Davis, J. J. (2013). Penelitian Periklanan: Teori & Praktek
(Cetakan ke), Jakarta:
Rajawali Pers.
Morissan, M. A. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu
(Cetakan
ke). Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyana, D.
(2017). Ilmu Komunikasi Suatu
Pengatar (Revisi) (Cetakan
Ke).
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era
Sosial Media
(Cetakan pe). Bandung: Pustaka
Setia.
Suhandang, K. (2016). Manajemen
Periklanan (Cetakan ke). Bandung: Penerbit Nuansa.
B. Skripsi
Arum, H. D. (2015). Analisis
Peran Brand Ambassador Kosmetik Wardah dalam Membangun Brand Image dan Brand Awareness. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/38859/1/BrianGumelar_12808144038.pdf
Astuti, M. (2015). Peranan Media Periklanan Dalam Pembelian Mobil Truk Pada PT. ASTRA International Tbk. Auto 2000
Cabang Plaju Palembang. Politeknik
Negeri Sriwijaya Palembang, Palembang. Retrieved from http://eprints.polsri.ac.id/726/
Gultom, A. (2017). Fenomena
New Media Video Blog Youtube (Studi Observasi Pada Motif Penggunaan Vide Blog di Situs Youtube). Universitas
Indonesia. Retrieved from
http://lib.ui.ac.id/detail?id=20460210&lokasi=lokal
Mandagie, N. (2015). Analisis
Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Brand Association terhadap Brand Loyalty Surya Promild.
Universitas
Indonesia.
Retrieved from http://lib.ui.ac.id/detail?id=20433956&lokasi=lokal
145
Swara, E. B. (2014). Youtube Sebagai New Media: Pengaruhnya terhadap Masyarakat Indonesia menurut Pemikiran Jean
Baudrillard. Universitas Indonesia.
Retrieved from http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-05/S57164-Enobening Swara
Thiananda, M.
A. (2015). Pemanfaatan Media
Sosial terhadap Trend
Fashion
Remaja. Depok.
Retrieved from http://www.lontar.ui.ac.id/detail?id=20423953&lokasi=lokal
Utami,
A. R. (2015). Pengaruh Electronic Word-of-Mouth dalam Media
Spsial Path terhadap
Intensi Membeli
pada Konsumen Restoran “Baru.”
Universitas
Indonesia. Retrieved from
http://www.lib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak/id_abstrak-20411986.pdf
C. Jurnal Internet
Arindita, V. (2013). Tingkat Pengetahuan Perempuan Surabaya
Mengenai Iklan Corporate Social Responsibility Revlon Kiss For Life melalui
Media Above dan Below the Line. Jurnal
E-Komunikasi, 1(1), 1–12.
Retrieved from
https://www.neliti.com/id/publications/82959/tingkat-pengetahuan-perempuan-surabaya-mengenai-iklan-corporate-social-responsib
Budiarto, S. (2013). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan
Pendekatan Mark Plus dan Co Di Kandatel Jakarta. Jurnal INDEPT, 3(1), 13–24.
Retrieved from
https://scholar.google.co.id/citations?user=U_oMabMAAAAJ&hl=id
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi
Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk
Umkm.
Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176–189. Retrieved from
journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472
Darmawangsa, A. A. B., & Ardani, I. G. A. K.
S. A. (2015). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Terhadap
Loyalitas Konsumen. E-Journal Management
Unud, 4(8), 2163–2175.
Retrieved from
https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengaruh+Komunikasi+Pemasaran+
Terpadu+dan+Ekuitas+Merek+Terhadap+Loyalitas+Konsumen&hl=id&as_
sdt=0&as_vis=1&oi=scholart
Erlita, N. (2016). Potret Periklanan Di Media Massa Indonesia. Jurnal Ilmu
Ekonomi Dan Sosial, 5(2), 199–210. Retrieved from http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jies/article/view/2432
Fathoni,
F., Hidayat, K., & DH, A. F. (2013). Pengaruh Komunikasi Pemasaran
Terpadu Terhadap Ekuitas
Merek. Jurnal Administrasi Bisnis,
4(2).
Retrieved
from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/8782
146
Juwitasari, A., & Gitasiswhara. (2015). Pengaruh Media
Advertising Above The Line terhadap Keputusan Menginap di Aston Braga Hotel and
Residence Bandung. Tourism and
Hospitality Essentials (THE) Journal, V(1),
883–
888.
Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=436178&val=9237&titl
e=PENGARUH
MEDIA ADVERTISING ABOVE THE LINE TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI ASTON BRAGA
HOTEL AND RESIDENCE BANDUNG (Survei Pada Free Individual Traveller yang
Menginap di Aston Braga
Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran
Terpadu terhadap Ekuitas Merek. Jurnal
Interaksi, 3(2), 162–167.
Retrieved from
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/8782
Krussell, J. G. H., & Paramita, E. L. (2016). Komunikasi
Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Alfamart. BENEFIT Jurnal Managemen Dan Bisnis, 1(1),
27–42.
Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/2363
Mawara, Z. R. (2013). Periklanan dan Citra
Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha. Jurnal Manajemen Univ. Sam Ratulangi Manado, 1(3),
826–835.
Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1891
Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan
Masyarakat (ILM) Dalam Pemasaran Sosial. Jurnal
Komunikasi Pemasaran, 4(2), 16.
Retrieved from
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=363921&val=1308&titl
e=STRATEGI KREATIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM)
DALAM PEMASARAN SOSIAL
Prativa, H. (2013). Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas
Nasabah Kartu Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK Cabang
Samarinda. Jurnal Skripsi Fakultas
Ekonomi Univ.Mulawarman, 2(3),
338–347. Retrieved from
id.portalgaruda.org/ref=browse&mod=viewarticle=63301
Purnama, Y. N. dan F. Y. (2013). Peran Iklan Pendidikan Di
Media Cetak Sebagai Referensi. Journal
Communication Spectrum, 3(1), 66–82. Retrieved from
http://journal.bakrie.ac.id/index.php/Journal_Communication_spectrum/artic
le/view/767
Putri, S. E. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran
Promosi (Promotional Mix) pada Matahari Departement Store Bengkulu. Jurnal Ilmiah Manajemen - Mangement Insight,
9(1), 45–54. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/demounib06/article/view/49
Resmi, G. G., & Roni, M. (2015).
Meningkatkan Penjualan Melalui Konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu Di UMKM (
Sebuah Kajian Teoritis ).
Jurnal MADIC.
Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/2636/1/Prosiding_Mukran.pdf
147
Sagiyanto, A. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Event
JAKCLOTH SUMMER
FESTIVAL 2014 “ Heroes of
Our Time .”
Komunikator, 6(6), 1–9. Retrieved from journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/222%0A
Santoso, D. (2013). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand
Loyality,
Terhadap Parent Brand “TOP COFFEE” Di Surabaya Dengan Brand Extention
Sebagai Variabel Intervening. Jurnal
Universitas Katolik
Widya Mandala Surabaya, 2(4). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=130468&val=5209
Selang, C. A. D. (2013). Bauran Pemasaran
(Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu
Mall Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis
Dan Akutansi, 1(3), 71–
80.
Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1374
Setiawan, A. (2015). Strategi Kreatif Iklan
Layanan Masyarakat (Tinjauan Perancangan ILM Karya Mahasiswa DKV UDINUS). Jurnal Desain
Komunikasi Visual&Multimedia, 1(01), 17. Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/954
Sulistyowati, D., Lubis, N., & Listyorini, S.
(2014). pengaruh periklanan, hubungan masyarakat, dan word of mouth terhadap
ekuitas merek sepeda motor matic honda vario. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–10.
Retrieved
from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/6572
Sunarti, E. Y. (2017). Pengaruh Iklan terhadap Sikap
Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2), 49–56. Retrieved from
administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A49
Susanto, A., & Sunardi, A. (2017). Aktivitas Bauran
Komunikasi Pemasaran Di Perusahaan Jamu Tjipto. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 09.
Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2647
Swastha Dharmmesta, B. (2014). Peran Pemasaran Dalam Perusahaan dan
Masyarakat.
Marketing Management, 1–38.
Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4785/1/EKMA4216-M1.pdf
Wicaksono,