Dismas Deviyanto (12145908), Quiz Edukasi Pengenalan Komputer dan Umum Fun Learn Tech Berbasis Game Android
Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia di banyak belahan masyarakat. Dengan teknologi yang semakin canggih tersebut, semakin banyak pula permainan-permainan bermunculan, hal ini tentunya dapat menjadi godaan bagi anak-anak sehingga lebih memilih untuk bermain daripada belajar. Terlepas dari segala kekurangannya, muncul lah sebuah ide dalam pembuatan game edukasi yang mana merupakan solusi yang tepat dan efisien bagi pendidikan di negeri ini, terutama bagi anak-anak yang sulit diajak belajar sehingga dapat menambah minat belajar. Aplikasi yang digunakan untuk membuat game ini adalah Construct 2. Game edukatif ini memuat materi tentang komputer dan pengetahuan umum ditambah soal pilihan ganda dan essay. Berdasarkan hasil pengujian game edukatif ini sudah dapat dipasang pada smartphone berbasis Android dengan sistem operasi minimum Android 4.1 (JelyBean ) hingga Android 6.0 ( Marshmallow ).
Al Irsyadi, F.Y, dan Yusuf Sulistyo Nugroho. "Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect." Prosiding SNATIF (2015): 13-20.
Aria, Ririn Restu. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru . Perspektif 14.1(2016): 62-70.
Gunawan, Fendik. "Aplikasi Game Petualangan bagi Anak–Anak sebagai Media Pembelajaran Flora dan Fauna di Indonesia." J-INTECH 3.01 (2017): 52-55.Hanafri, Muhammad Iqbal, Agus Budiman, dan Nugroho Arif Akbar. "Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android." Jurnal Sisfotek Global 5.2 (2015).
Harahap,Yudho Murphy. Perancangan Game Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Dengan Adobe Flash CS5, 18 Februari 2015.
Hartanto, Adrian. Rancang Bangun Edugame Night At School Pada Android Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. (2014).
Iqbal, Muhammad, Muchammad Husni, dan Hudan Studiawan. "Implementasi Klien SIP Berbasis Web Menggunakan HTML5 dan Node. js." Jurnal Teknik ITS 1.1 (2012):A242-A245.
Imbar, R.V, and Eric Tirta. "Analisa, Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Pelumas Studi Kasus: Perusahaan “PT. Pro Roll International”." Jurnal Informatika 3.1 (2011).
Kuryanti, Sandra Jamu. Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu dan Sholat Wajib. Jurnal Khatulistiwa Informatika 3.2 (2015).
Neyfa, B.C, and Dony Tamara. "Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD)." Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol 20.1 (2016): 83-91.
Novaliendry, Dony. "Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO)." Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan 6.2 (2013):1-100.
Permana, Silvester Dian Handy. "Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya." Jurnal Infotel 7.2 (2016): 113-120.
Ritonga, Erahayani, Yasdinul Huda, dan M. T. Oktoria. "Perancangan Aplikasi Mobile Mapping Lembaga Bimbingan Belajar Kota Padang Menggunakan Framework Phonegap." Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika 4.1 (2016).
Rickman Roedavan. Construct 2 Tutorial Game Engine, Bandung: Informatika Bandung.2017
Soenyoto,Partono. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex media Komputindo. 2017.
Sundari, Wellya. Hubungan Penggunaan Android Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Takengon. Diss. Universitas Medan Area, 2015.
Sinurat, Sunardy Iwan Sahputra, Wawan Yunanto, dan Mardhiah Fadhli. "Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Sekolah Dasar Kelas 5 IPA dan IPS Menggunakan Html 5." Jurnal Aksara Komputer Terapan 1.2. 2012.
Syukur, Abdul Apriyan Fitri. Game Interaksi Pengenalan Huruf Dan Perangkaian Kata, 4 Februari 2017.
Triansah, Andi, Dedy Cahyadi, dan Indah Fitri Astuti. "Membangun Aplikasi Web dan Mobile Android Untuk Media Pencarian Kost Menggunakan Phonegap dan Google Maps API." Jurnal Informatika Mulawarman (JIM) 10.1 (2016): 58-61.
Usman, Chandra, dan Kenedy Candra. "Rancang Bangun Game Slider Puzzle Berbasis Android Menggunakan Metode Heuristik dengan Teknik Best First Search." (2013).