ABSTRAK
Alviani
Prasetya (41150008), Program Eksternal Relations PT Sayaga Wisata Bogor Dalam Menjalin Hubungan
Baik Dengan Customer.
Perusahaan merupakan suatu organisasi
yang mempunyai tujuan tertentu dalam menjalankan usahanya. dalam suatu organisasi peran seorang Humas sangat
diperlukan dalam menjalin komunikasi baik itu dengan publik internal maupun
publik eksternal, karena
tujuan perusahaan akan tercapai apabila ada dukungan dari masing-masing publik. Maka dari itu sangat penting sekali bagi perusahaan
untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan khalayak atau
masyarakat pada umumnya salah satu nya customer.
PT Sayaga Wisata Bogor adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa tour and travel dimana dalam upaya
menjalin hubungan baik dengan customer
maka perusahaan membuat program eksternal relations dengan mengundang para customer untuk makan bersama serta
berpartisipasi dalam acara perayaan ulang tahun perusahaan yang ke-3, karena
bagi perusahaan peran customer
sangatlah penting bagi pasang
surutnya roda
bisnis perusahaan. Penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif, dengan teknik observasi jenis Nonparticipant observation (pengamatan
nonpartisipasi), dan wawancara semistruktur dengan pihak-pihak bersangkutan, dan
data-data yang diperoleh kemudian dianalisa. Kesimpulan dari penelitian yang
dilaksanakan oleh penulis menunjukan bahwa melalui Humas segala bentuk komunikasi bisa terjalin dengan baik,
maka tugas dan fungsi Humas ini tidak
dapat dianggap sebelah mata. Dan dengan diadakan nya acara perayaan ulang tahun PT Sayaga Wisata Bogor
ini maka para customer merasa di hargai dan diperhatikan oleh Perusahaan.
Kata Kunci: Humas, Program External Relations, Customer
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_4 Lembar persetujuan dan pengesahan tugas akhir.pdf
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_14 Daftar riwayat hidup.pdf
Bab-II-Landasan-teori
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_6 Kata pengantar.pdf
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_2 Lembar pernyataan keaslian tugas akhir.pdf
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_15 Surat Riset.pdf
Bab-1-Pendahuluan
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_1 Lembar Judul.pdf
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_3 Lembar persetujuan publikasi karya ilmiah.pdf
Daftar-pustaka
Bab-IV-penutup
Bab-III-pembahasan
PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_5 lembar konsultasi tugas akhir.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Arista, Atmadji.
2018. Layanan Prima alam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish (Grup CV Budi Utama).
AndiPate, Anwar
Arifin. 2015. Paradigma Baru Public Relations-Teori-Strategi dan Riset. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Gassing, Syariffudin
S. Suryanto. 2016. Public Relations. Jakarta: Andi Publisher.
Gunawan, Imam.
2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irawan,
Cyltamia. 2013. Secangkir Kopi Untuk Sahabat Customer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kriyanto,
Rachmat. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mukarom, Zaenal.
Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relations. Bandung:
Pustaka Setia.
Nazir,
Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nesia,
Andin. 2016. Dasar-Dasar Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Noor,
Any. 2017. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta CV.
Rusla,
Rosady. 2015. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Ruslan,
Rosady. 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Ruslan,
Rosady. 2017. Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari,
A. Andhita. 2017. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish (Grup CV Budi Utama).
Sugiyono.
2013. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.
2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryanto.
2013. Membangun Citra dengan Metode Public Relations. Bandun: CV Arfindo Raya.
Kussanti Devy
Putri dan Intan Leliana. 2017. Dampak Program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu
Pintu (DPMPTSP) Walikota Depok Bagi Masyarakat,
Vol VIII Nomor 2 hal 123, diambil dari : http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2974 6 juni pukul 10:00
Ratih, Cokorda Istri Sinta Sukma, dan Dewa Ayu Sagiarta Joni. 2015. Strategi Humas PT Tirta Mumbul Jaya Abadi dalam Membangun Citra dan Reputasi Positif pada Publik Eksternal . Bali: Jurnal Sosial dan Politik. Vol.1 No.1:1.