ABSTRAK
Adam
Dharmawan Putra (41140302), Strategi Marketing Komunikasi PT Bank Tabungan
Negara Dalam Upaya Meningkatkan Awereness Produk Tabungan BTN Batara.
Gaya menabung
zaman sekarang sudah berubah dari yang hanya menabung dengan pemanfaatan
celengan sebagai media menabung kini perlahan masyarakat beralih ke
Perbankan. Tempat paling aman untuk
menabung adalah di Perbankan, Hal itu menjadikan persaingan di Industri
Perbankan, sehingga Perbankan wajib mempunyai produk tabungan dengan keunggulan
dan Fasilitas berbeda dari setiap Bank seperti
SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking, terlebih
Lini Bitniz Bank BTN bukan hanya saja fokus pada produk Kredit Pemilikan Rumah
(KPR) sebagai kekuatan utama tetapi juga ingin memperkuat perolehan Dana Pihak
Ketiga (DPK) khususnya di sektor pasar Consumer Retail. Karna berbagai
permasalahan tersebut, Unit Marketing Komunikasi harus bekerja lebih keras
dalam upaya meningkatkan Awareness produk tabungan BTN Batara agar masyarakat
menjadi bagian dari nasabah Bank BTN. Inilah
yang akan membuat masyarakat mempertimbangkan dengan
baik dimanakah tempat yang tepat dalam mendukung transaksi perbankan, menabung dan
berinvestasi. Penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif- deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan
wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan.
Data-data yang terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif dengan menggambarkan
hasil penelitian kedalam bentuk laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian
yang dilaksanakan oleh penulis menunjukkan bahwa Strategi Marketing Komunikasi PT. Bank Tabungan Negara
dalam upaya meningkatkan Awereness Produk Tabungan BTN Batara melalui kegiatan Special Event “Pesta KPR BTN” yang
diadakan di Jakarta Convention Center (JCC)
berpengaruh bagi eksistensi Tabungan Batara yang memberikan solusi tabungan
transaksional dengan kemudahan transaksi pembelian dan pembayaran melalui
channel Bank BTN untuk menunjang aktivitas keuangan keluarga.
Kata Kunci: Strategi, Marketing Komunikasi, Awereness
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_6 Kata Pengantar (1).pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_1 Lembar Judul.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File-5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir Asisten Pembimbing.pdf
Bab-IV-Penutup
Daftar-Pustaka
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_8 Daftar isi.pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_15 Surat Keterangan Riset (2).pdf
STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations
& Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan Strategi Humas (Public
Relations) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1.
Fitriani, W. (2013). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran
Muatan Lokal Bordir pada Siswa Tata Busana Kelas XI di SMK Negeri 1 Kendal. Fashion
and Fashion Education Journal, 2(1), 6–12. Retrieved from
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe
Grania, F., Setianti, Y., & Budiana, R. (2018). Proses
Public Relations Kegiatan Open House PT . Dirgantara Indonesia Dalam Membangun Brand
Awareness, 2(2), 136–152.
Hutomo, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Program
Interaktif Di Rri Pro 2 Fm Jakarta, VIII(September), 172–177.
Iwan, & Nainggolan, K. (2017). Pengaruh Celebrity
Endorser , Brand Awareness Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Mie Suksess (
Studi Empiris Pada Penduduk Kecamatan. Cakrawala, XVII(2),
146–155.
Komunikasi, J., Fajar, A., Pascasarjana, P., & Manajemen,
M. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication ( Imc ) Pada Pt
Tokopedia Dalam, VIII(September), 210–214.
Madhalena, E., & Syahputra. (2016). Pengaruh Event
Marketing Terhadap Brand Image Rokok Djarum Super Mild. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ecodemica,
4(2), 179–188. Retrieved from
http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JAKK/article/view/2467/1898%0A
Maulana, R. I. (2018). Pengaruh Awareness , Daya Tarik Iklan
Terhadap Brand Attitude Indomie Kota Tangsel. Jurnal Ecodemica, 2(1),
86–101. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/index
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT
Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media
Informasi Publik Internal. Jurnal
Komunikasi, 9(1), 24–30. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3405
Puspokusumo, A. (2011). PERANAN MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS
DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN : STUDI KUALITATIF PADA
RE-OPENING HOTEL MANDARIN ORIENTAL , JAKARTA PENDAHULUAN Latar Belakang
Masalah. Binus Bussiness Review, 2(1), 202–215.
Qonaah, S. (2018). Implementasi Corporate Social
Responsibility PT PLN Distribusi Jawa Tengah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan
Lingkungan Melalui Program “ PLN PEDULI ,” 9(1).
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian
Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1),
35–40.
Septiani, G., Sumartias, S., & Perbawasari, S. (2017).
Pembentukan Brand Awareness Warunk Indomie Upnormal. Jurnal Profesi Humas,
1(2), 124–131.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian(Studi Kasus). Metode
Deskriptif, (April 2015), 31–46.
susilowati,
susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal
Komunikasi, 9(1), 31–38. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3592
Tobing, C. M. C. L., Perbawasari, S., & Erdinaya, L. K.
(2017). Manajemen Special Event AJB Bumiputera 1912 Bandung Melalui Customer
Gathering. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1),
13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v2i1
Ubaidillah, A. A. (2015). Peran Iklan, Promosi Penjualan Dan
Acara Khusus Pada, 6(2), 40–45.
Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND AWARENESS ,
DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING ( Studi Kasus
Karyawan Di BSI Pemuda ). Jurnal Komunikasi, VIII(1), 76–84.
Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327
Yusmawati. (2017). Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs. Jurnal Komunikasi, VIII(1), 1–12.