ABSTRAK
Vika Chintia Novita Sari
(41150196), Program Corporate Social
Responsibility “Kampung Koran” Kompas Gramedia Dalam Meningkatkan
Kreativitas Dan Kesejahteraan Masyarakat.
Sebagai salah satu perusahaan besar dan ternama Kompas
Gramedia tentunya menjalankan salah satu program pemerintah yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). Kompas
Gramedia menjalankan CSR yang bertujuan membangun kehidupan secara terus menerus
dan membantu secara finansial, Sosial dan Lingkungan. Kompas Gramedia berkolaborasi
dengan Salam Rancage melaksanakan CSR Kampung Koran diwilayah Palmerah Selatan,dimana
ibu-ibu diberi pelatihan dan workshop untuk mengubah sesuatu barang yang tidak
terpakai menjadi barang-barang yang berguna. Contohnya suatu koran bekas yang biasanya
tertumpuk dan menjadi sampah akan dikumpulkan. Koran-koran tersebut kemudian
diubah menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai jual, seperti vas bunga,
tempat pensil, keranjang penyimpanan dll. Barang-barang yang dibuat akan
dibantu Kompas Gramedia dalam pemasarannya, pemasarannya dilakukan terhadap
rekan-rekan bisnis seperti Hotel Santika yang membeli produk Kampung Koran
untuk diletakan pada kamar hotelnya. Dari barang yang terjual maka ibu-ibu
Kompas Gramedia ingin warga sekitar Palmerah Selatan terbantu dengan adanya
program ini agar warga bisa mempunyai kesibukan yang positif dan menghasilkan
uang untuk membantu perekonomian mereka. Dalam hal ini penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif-deskriptif yang dilakukan dengan observasi, wawancara
dengan yang bersangkutan, menganalisa datadan digambarkan berdasarkan fakta
yang terjadi. CSR ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan
kesejahteraanmasyarakat wilayah Palmerah Selatan, karena dengan adanya CSR ini
beberapa ibu mempunyai penghasilan dan dapat membiayai sekolah anaknya.
Kata
Kunci : Corporate Social Responsibility, Kegiatan Khusus
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_18 Hasil Karya (PPT - Tugas Akhir).pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_1 Lembar Judul.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
Bab-I-Pendahuluan
Bab-IV-Penutup
Bab-II-Landasan-Teori
Daftar-Pustaka
Bab-III-Pembahasan
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir-converted.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_6 Kata Pengantar.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_17 Struktur Perusahaan 2.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_17 Struktur Perusahaan 1.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
DAFTAR
PUSTAKA
Ariwibowo, P. E. 2015. Community Relations Terhadap
Komunitas Digital (Studi Kasus Manajemen Community Relations Jogja Digital
Valley dalam Membangun Relasi dengan Komunitas Kreatif Digital), 1–2.
Atmadja, A. tungga. 2013. Pergulatan Metodologi dan
Penelitian Kualitatif dalam Ranah Ilmu Akuntansi. Jurnal Akuntansi Profesi.Vol.
3, No.2:122–141.
Aulia, S. C., Setianti, Y., & Subekti, P. 2017. Manajemen
Informasi Special Event Huttel 62 Oleh SMA Negeri 3 Jakarta. Vol.7, No.1: 43–53.
Aziz, F. A. 2017. Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga
Kursus dan Pelatihan (Lkp) Dian Gitaya. Jurnal Pendidikan Teknik Boga.
1–9.
Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. 2014. Kompetensi
Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya
Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana
Universitas Syiah Kuala. Vol.2 No.1:25–38.
Fatta, H. A., & Marco, R. 2015. Analisis Pengembangan dan
Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing pada
Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal
Telematika. Vol. 8 No. 2:63–91.
https://doi.org/1979 – 925X.
Febriansyah, M. R.2014. Program Corporate Social
Responsibility Oleh Humas PT Radio Suara Leo dalam Meningkatkan Kepedulian
Terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. 9–14.
Ferdiansyah, M. 2016. Asesmen Terhadap Keterampilan Mahasiswa
Bimbingan dan Konseling dalam Menyusun Skripsi Penelitian Kualitatif. Jurnal
Fokus Konseling. Vol.2No.
2:126–135.
Fitriani, M., & Andari, R. 2013. Meningkatkan Keputusan
Berkunjung MelaluiSpecial Event di Museum Konprensi Asia Afrika (Survei Pada
Pengunjung Special Event Perjalanan 50 Tahun Gerakan Non Blok Museum Konperensi
Asia Afrika). Tourism and Hospitality Essentials Journal (THE Journal).Vol.
3 No. 2:619–632.
Gumilang, G. S.2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam
Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2 No. 2:144–159.
Hasan, A., & Putri, B. P. S. 2017. Strategi Humas PT
Semen Tonasa dalam Menjaga Citra Perusahaan. Public Relations Strategy of PT
Semen Tonasa in Maintaining Coorporate Image. E-Proceeding of Management.
Vol.4 No. 1:994–1001.
Hidayat, D.2017. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Hubungan
Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat Di SMP Nahdatul Ulama Medan. Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam. Vol.1
No. 1:43–50.
Ibad, K. 2016. Analisis Framing Berita Banjir oleh Humas di
Website Pemerintah Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi. Vol.4 No. 3:520–534.
Iriantara, Yosal. 2013. Community Relations (Konsep dan Aplikasinya). Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Kartika, R., & Dewi, R.2018. Identifikasi Enam Kategori
Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO)
Daerah Operasi 1 Jakarta: Studi pada Prorgam Kesehatan Rail Clinic). Jurnal
Makna. Vol. 3 No.1:20–36.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. 2017. Dampak Program Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Walikota Depok Bagi
Masyarakat. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. VIII No.2:121–125.
Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S.2016.
Pengembangan Kompetensi dan PendidikanBerkelanjutanPustakawan PTAIN: Studi
Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan
Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi.Vol. 4 No.1:1–14.
Mentari, D., Irahim, H., & Abdullah, T.2017. Perkembangan
Usaha Bubuk Kopi Merek Ulee Kareng di Desa Lamgapang Kecamatan Krueng Barona
Jaya Kabupaten Aceh Besar, 1960-2015 Dewi. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Sejaah FKIP Universitas Syiah Kuala. Vol. 2 No.2:13–22.
Mu’Afi, M., & Amanah, L.2015. Pengaruh Corporate Social
Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal
Ilmu Dan Riset Akuntansi. Vol.4
No.3:1–14.
Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relation panduan efektif
pengelolaan hubungan masyarakat. Bandung: Pustaka Setia.
Novarianto, F., Hamid, D., & Mawardi, M. kholid. 2017.
Pengaruh Corporate Socal Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT.
Beiersdorf Indonesia: Studi pada
Pengunjung Merbabu Family Park Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Vol. 42 No. 2:51–58.
Olga, S. 2014. Strategi Media Relations Ciputra World
Surabaya dalam Special Event Halloweenation 2013. Jurnal E-Komunikasi.Vol.
2 No. 1:1–8.
Pambudi, D. A., Resmawan, E., &Kondorura, D. 2018.
Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Swakarsa Sinar Sentosa dalam
Pemberdayaan Masyarakat di Desa Muara Wahau Kecamatan Muara Wahau Kabupaten
Kutai Timur. Ejournal Ilmu Pemerintahan. Vol.6No. 1:119–132.
Prihatiningtyas, S. 2017. Strategic Planning Public Relations
dalam Community Relations (Studi Kasus tentang Strategi Perencanaan Public
relations dalam Membangun Community relations dengan Komunitas lokal PG PS
Madukismo). Vol. 2. No. 3.
Rindawati, M. W., & Asyik, N. F. 2015. Pengaruh
Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset
Akuntansi. Vol. 4No. 6:2–15.
Ruslan, R. 2014. Manajemen Public Relations dan Media
Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.
Saputro, A. P., Mandalia, S. A., & Putri, B. P. S. 2015.
Strategi CSR Internal PT. Bio Farma Bandung (Studi Deskriptif pada Implementasi
Program Uji Emisi Kendaraan PT Bio Farma Periode 2014-2015). E-Proceeding of
Management. Vol. 2 No. 3:4183–4189.
Suardhita, N. 2013. Strategi Humas PT Netral Kontinental
Media dalam Membangun Citra Perusahaan. 1–5.
Supriyono, J., Fathoni, A., & Hasionaln, L. B. 2016.
Analis Rencana Strategi, Pengembangan Pasar, Dan Kualitas Desain, Terhadap
Volume Penjualan Pada Jamu Ratu Cantik Smk Negeri 6 Semarang. Journal of
Management. Vol. 2 No. 2.
Sutawijaya, A. M. 2014. Program Corporate Social
Responsibility Marketing Komunikasi Rumah Sakit Anna Medika Dalam Kegiatan
Bakti Sosial Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Sniptek. 22–26.
Trianawati, P., Rachman, M., & Sumarto, S. 2013.
Penanaman Nilai Tanggung Jawab Melalui Ekstrakulikuler Kepramukaan di SMP
Negeri 13 Semarang. Unnes Civic Education Journal. Vol.2 No.2:67–76.
Yulanda, G., & Putri, E. D. H. 2017. Strategi Guest
Relation Officer Dalam Penanganan Tamu Yang Menunggu Pelayanan Di Hotel Santika
Premiere Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 8No. 1:20–30.
Yusmawati. 2017. Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa
Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs
www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi. Vol. VIII No.1:1–12.
Yustita, W., Triyono, J., & Sutanta, E. 2016. Analisis
Pemanfaatan Network Attached Storage Sebagai Pusat Penyimpanan Data. Jurnal
Jarkom. Vol.3 No. 2:90–99.
Sumber
Lain :
a. Artikel Internet
Meditiara, Yulida. 2016. Pembaca Koran
Menurun, Industri Kertas Tertekan. Diambil dari: https://m.detik.com/finance/industri/d-3294009/pembaca-koran-menurun-industri-kertas-tertekan. (06 Juli 2018)
Diambil dari:http://www.kompasgramedia.com/. (05 Juni 2018)