PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

research
  • 20 Dec
  • 2018

PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

ABSTRAK

 

Vika Chintia Novita Sari (41150196), Program Corporate Social Responsibility “Kampung Koran” Kompas Gramedia Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Kesejahteraan Masyarakat.

 

Sebagai salah satu perusahaan besar dan ternama Kompas Gramedia tentunya menjalankan salah satu program pemerintah yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). Kompas Gramedia menjalankan CSR yang bertujuan membangun kehidupan secara terus menerus dan membantu secara finansial, Sosial dan Lingkungan. Kompas Gramedia berkolaborasi dengan Salam Rancage melaksanakan CSR Kampung Koran diwilayah Palmerah Selatan,dimana ibu-ibu diberi pelatihan dan workshop untuk mengubah sesuatu barang yang tidak terpakai menjadi barang-barang yang berguna. Contohnya suatu koran bekas yang biasanya tertumpuk dan menjadi sampah akan dikumpulkan. Koran-koran tersebut kemudian diubah menjadi barang yang berguna dan mempunyai nilai jual, seperti vas bunga, tempat pensil, keranjang penyimpanan dll. Barang-barang yang dibuat akan dibantu Kompas Gramedia dalam pemasarannya, pemasarannya dilakukan terhadap rekan-rekan bisnis seperti Hotel Santika yang membeli produk Kampung Koran untuk diletakan pada kamar hotelnya. Dari barang yang terjual maka ibu-ibu Kompas Gramedia ingin warga sekitar Palmerah Selatan terbantu dengan adanya program ini agar warga bisa mempunyai kesibukan yang positif dan menghasilkan uang untuk membantu perekonomian mereka. Dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif yang dilakukan dengan observasi, wawancara dengan yang bersangkutan, menganalisa datadan digambarkan berdasarkan fakta yang terjadi. CSR ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan kesejahteraanmasyarakat wilayah Palmerah Selatan, karena dengan adanya CSR ini beberapa ibu mempunyai penghasilan dan dapat membiayai sekolah anaknya.

 

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kegiatan Khusus

Unduhan

  • File_18 Hasil Karya (PPT - Tugas Akhir).pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_18 Hasil Karya (PPT - Tugas Akhir).pdf

    •   diunduh 340x | Ukuran 576 KB
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 175x | Ukuran 20 KB
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 182x | Ukuran 15 KB
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 159x | Ukuran 70 KB
  • File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 159x | Ukuran 681 KB
  • File_9-Bab-I-Pendahuluan.pdf

    Bab-I-Pendahuluan

    •   diunduh 341x | Ukuran 314 KB
  • File_8-Daftar-Isi.pdf

    Daftar-Isi

    •   diunduh 173x | Ukuran 142 KB
  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 168x | Ukuran 197 KB
  • File_12-Bab-IV-Penutup.pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 217x | Ukuran 137 KB

 

  • File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

    Bab-II-Landasan-Teori

    •   diunduh 639x | Ukuran 210,659
  • File_13-Daftar-Pustaka.pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 387x | Ukuran 227,981
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 546x | Ukuran 481,336
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir-converted.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir-converted.pdf

    •   diunduh 154x | Ukuran 494,345
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 182x | Ukuran 16,654
  • File_17 Struktur Perusahaan 2.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_17 Struktur Perusahaan 2.pdf

    •   diunduh 258x | Ukuran 15,127
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 155x | Ukuran 65,423
  • File_17 Struktur Perusahaan 1.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_17 Struktur Perusahaan 1.pdf

    •   diunduh 247x | Ukuran 23,597
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY “KAMPUNG KORAN” KOMPAS GRAMEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 155x | Ukuran 84,570

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Ariwibowo, P. E. 2015. Community Relations Terhadap Komunitas Digital (Studi Kasus Manajemen Community Relations Jogja Digital Valley dalam Membangun Relasi dengan Komunitas Kreatif Digital), 1–2.

 

Atmadja, A. tungga. 2013. Pergulatan Metodologi dan Penelitian Kualitatif dalam Ranah Ilmu Akuntansi. Jurnal Akuntansi Profesi.Vol. 3, No.2:122–141.

 

Aulia, S. C., Setianti, Y., & Subekti, P. 2017. Manajemen Informasi Special Event Huttel 62 Oleh SMA Negeri 3 Jakarta. Vol.7, No.1: 43–53.

 

Aziz, F. A. 2017. Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Kursus dan Pelatihan (Lkp) Dian Gitaya. Jurnal Pendidikan Teknik Boga. 1–9.

 

Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. 2014. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol.2 No.1:25–38.

 

Fatta, H. A., & Marco, R. 2015. Analisis Pengembangan dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing pada Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Telematika. Vol. 8 No. 2:63–91. https://doi.org/1979 – 925X.

 

Febriansyah, M. R.2014. Program Corporate Social Responsibility Oleh Humas PT Radio Suara Leo dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Yayasan Anak Yatim di Wilayah Cirebon. 9–14.

 

Ferdiansyah, M. 2016. Asesmen Terhadap Keterampilan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyusun Skripsi Penelitian Kualitatif. Jurnal Fokus Konseling. Vol.2No. 2:126–135.

 

Fitriani, M., & Andari, R. 2013. Meningkatkan Keputusan Berkunjung MelaluiSpecial Event di Museum Konprensi Asia Afrika (Survei Pada Pengunjung Special Event Perjalanan 50 Tahun Gerakan Non Blok Museum Konperensi Asia Afrika). Tourism and Hospitality Essentials Journal (THE Journal).Vol. 3 No. 2:619–632.

 

Gumilang, G. S.2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2 No. 2:144–159.

 

Hasan, A., & Putri, B. P. S. 2017. Strategi Humas PT Semen Tonasa dalam Menjaga Citra Perusahaan. Public Relations Strategy of PT Semen Tonasa in Maintaining Coorporate Image. E-Proceeding of Management. Vol.4 No. 1:994–1001.

 

Hidayat, D.2017. Manajemen Humas dalam Meningkatkan Hubungan Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat Di SMP Nahdatul Ulama Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.1 No. 1:43–50.

 

Ibad, K. 2016. Analisis Framing Berita Banjir oleh Humas di Website Pemerintah Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi. Vol.4 No. 3:520–534.

 

Iriantara, Yosal. 2013. Community Relations (Konsep dan Aplikasinya). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

 

Kartika, R., & Dewi, R.2018. Identifikasi Enam Kategori Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) Daerah Operasi 1 Jakarta: Studi pada Prorgam Kesehatan Rail Clinic). Jurnal Makna. Vol. 3 No.1:20–36.

 

Kussanti, D. P., & Leliana, I. 2017. Dampak Program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Walikota Depok Bagi Masyarakat. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. VIII No.2:121–125.

 

Masruri, A., Kuntoro, S. A., & Arikunto, S.2016. Pengembangan Kompetensi dan PendidikanBerkelanjutanPustakawan PTAIN: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi.Vol. 4 No.1:1–14.

 

Mentari, D., Irahim, H., & Abdullah, T.2017. Perkembangan Usaha Bubuk Kopi Merek Ulee Kareng di Desa Lamgapang Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, 1960-2015 Dewi. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejaah FKIP Universitas Syiah Kuala. Vol. 2 No.2:13–22.

 

Mu’Afi, M., & Amanah, L.2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. Vol.4 No.3:1–14.

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relation panduan efektif pengelolaan hubungan masyarakat. Bandung: Pustaka Setia.

 

Novarianto, F., Hamid, D., & Mawardi, M. kholid. 2017. Pengaruh Corporate Socal Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT. Beiersdorf  Indonesia: Studi pada Pengunjung Merbabu Family Park Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 42 No. 2:51–58.

 

Olga, S. 2014. Strategi Media Relations Ciputra World Surabaya dalam Special Event Halloweenation 2013. Jurnal E-Komunikasi.Vol. 2 No. 1:1–8.

 

Pambudi, D. A., Resmawan, E., &Kondorura, D. 2018. Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Swakarsa Sinar Sentosa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Muara Wahau Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Ejournal Ilmu Pemerintahan. Vol.6No. 1:119–132.

 

Prihatiningtyas, S. 2017. Strategic Planning Public Relations dalam Community Relations (Studi Kasus tentang Strategi Perencanaan Public relations dalam Membangun Community relations dengan Komunitas lokal PG PS Madukismo). Vol. 2. No. 3.

 

Rindawati, M. W., & Asyik, N. F. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol. 4No. 6:2–15.

 

Ruslan, R. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.

 

Saputro, A. P., Mandalia, S. A., & Putri, B. P. S. 2015. Strategi CSR Internal PT. Bio Farma Bandung (Studi Deskriptif pada Implementasi Program Uji Emisi Kendaraan PT Bio Farma Periode 2014-2015). E-Proceeding of Management. Vol. 2 No. 3:4183–4189.

 

Suardhita, N. 2013. Strategi Humas PT Netral Kontinental Media dalam Membangun Citra Perusahaan. 1–5.

Supriyono, J., Fathoni, A., & Hasionaln, L. B. 2016. Analis Rencana Strategi, Pengembangan Pasar, Dan Kualitas Desain, Terhadap Volume Penjualan Pada Jamu Ratu Cantik Smk Negeri 6 Semarang. Journal of Management. Vol. 2 No. 2.

 

Sutawijaya, A. M. 2014. Program Corporate Social Responsibility Marketing Komunikasi Rumah Sakit Anna Medika Dalam Kegiatan Bakti Sosial Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Sniptek. 22–26.

 

Trianawati, P., Rachman, M., & Sumarto, S. 2013. Penanaman Nilai Tanggung Jawab Melalui Ekstrakulikuler Kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang. Unnes Civic Education Journal. Vol.2 No.2:67–76.

 

Yulanda, G., & Putri, E. D. H. 2017. Strategi Guest Relation Officer Dalam Penanganan Tamu Yang Menunggu Pelayanan Di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 8No. 1:20–30.

 

Yusmawati. 2017. Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi. Vol. VIII No.1:1–12.

 

Yustita, W., Triyono, J., & Sutanta, E. 2016. Analisis Pemanfaatan Network Attached Storage Sebagai Pusat Penyimpanan Data. Jurnal Jarkom. Vol.3 No. 2:90–99.

 

Sumber Lain :

a. Artikel Internet

Meditiara, Yulida. 2016. Pembaca Koran Menurun, Industri Kertas Tertekan. Diambil dari: https://m.detik.com/finance/industri/d-3294009/pembaca-koran-menurun-industri-kertas-tertekan. (06 Juli 2018)

 

Diambil dari:http://www.kompasgramedia.com/. (05 Juni 2018)