ABSTRAKSI
Nadia Nurul Mas’udah (41150086), Employee Relations PT Prawira Kreasi
Indonesia (PISINDO) Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan
Pada sebuah
perusahaan perlu adanya strategi dalam menjalin hubungan baik dengan
karyawannya, pada hakekatnya mereka saling membutuhkan satu sama lain. Karyawan
merupakan aset paling penting, karena tanpa adanya karyawan (SDM) perusahaan
tidak akan berjalan dengan lancar. Ruang lingkup SDM berkaitan dengan kepuasan
kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan dianggap penting karena dapat
mempengaruhi jalannya organisasi secara keseluruhan. Kepuasan yang dirasakan
karyawan dalam bekerja merupakan suatu petunjuk bahwa karyawan merasa senang
dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Untuk meningkatkan kepuasan kerja
karyawan, perusahaan harus dapat memfasilitasi karyawan dengan memberikan
keuntungan finansial yang layak dan bermanfaat bagi karyawan. Adapun strategi
untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan mengadakan sebuah Program
Umrah untuk Menumbuhkan tali persaudaraan dan sense of belonging antara karyawan dengan perusahaan dan karyawan
bertahan menjadi bagian di dalam perusahaan. Peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif dan deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan
wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan dan
data-data yang terkumpul kemudian dianalisa dan dibentuk dalam laporan
penelitian. Hasil penelitian menunjukan, strategi yang dilakukan PT Prawira
Kreasi Indonesia (PISINDO) dalam melaksanakan Program Umrah berhasil
dilaksanakan dengan baik. Dapat dilihat dari setelah kegiatan tersebut
dilakukan, terciptanya kinerja karyawan yang semakin meningkat.
Kata kunci : Employee Relations, Kepuasan Kerja Karyawan
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_2 Lembar Persetujuan Keaslian Tugas Akhir.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_6 Kata Pengantar.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Daftar-Pustaka
BAB-I-Pendahuluan
BAB-III-Pembahasan
BAB-IV-Penutup
BAB-II-Landasan-Teori
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tuga Akhir.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_1 Lembar Judul.pdf
EMPLOYEE RELATIONS PT PRAWIRA KREASI INDONESIA (PISINDO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, F. (2017). Efektivitas Marketing Public Relation
dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica,
1(1), 1–9.
Andin Nesia, 2016, dasar-dasar Humas.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Baharudin, Hamdi Asep Saepul,
2014, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV
Budi Utama
Beard, Mike. 2004. Manajemen
Departemen Public Relations. London: Erlangga
Darmadi, Hamid, 2013, Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Destiani, D. P. (2016). Penerapan Marketing Publik Relations
pada Industri Farmasi Sebagai Strategi Dalam Peningkatan Daya Saing Industri
Farmasi Sebagai Strategi Dalam Meningkatan Daya SaingIndustri. Penerapan
Marketing Publik Relations Pada Industri Farmasi Sebagai Strategi Dalam
Peningkatan Daya Saing Industri.
Ilahi, D. K., Mukzam, M. D., & Prasetya, A. (2017).
Pengaruh kepuasan kerja terhadap disiplin kerja dan komitmen organisasional
(Studi pada karyawan PT PLN (persero) distribusi Jawa Timur area Malang). Jurnal
Administrasi Bisnis (JAB), 44(1), 31–39.
Kriyantono, Rahmat 2016, Teknik Praktis
Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Maheldi, A. S. (2016). Program Employee Relations Dalam
Memotivasi Karyawan Pada Pingu’s English School Pekanbaru, 3(2), 1–16.
Mukarom dan Laksana, 2015, Manajemen
Public Relations. Bandung: Pustaka Setia
Priansa, 2017, Manajemen Kinerja
Karyawan. Bandung: Pustaka Setia
Rahmadini, R. (2017). Aktivitas Employee Relations Dalam
Membina Kinerja Karyawan (Studi PT Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning
Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalas, 4(1).
Ruslan, Rosady, 2013, Metode Penelitian
Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrapindo Persada
Ruslan, Rosady, 2016, Manajemen Public
Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Shaloom, J., & Doho, Y. D. B. (2017). Analisis Kegiatan
Marketing Public Relations Pada Museum Angkut , Batu Jawa Timur, 3,
96–129.
Soemirat dan Ardianto, 2017, Dasar-dasar
Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta
Trisnawati, A., & Syarah, M. M. (2017). Strategi Humas
Politeknik Negeri Jakarta Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Komunikasi,
8(1), 90–96. https://doi.org/10.31294/JKOM.V8I1.2334.G1609