ABSTRAK
Jessica
Diella Natalie (41150115), Strategi Corporate Communication Kompas Gramedia
Dalam Membangun Hubungan Baik Antar Karyawan (Studi Kasus Oetama Cup 2017 di
Jakarta).
perusahaan
yang besar tidak luput oleh kinerja baik dari sejumlah karyawannya dan terdapat
hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan karyawan. Komunikasi merupakan
kunci utama dalam setiap hubungan, tidak hanya dapat mengetahui informasi yang
dibutuhkan, komunikasi juga memberikan pandangan yang dapat dimengerti oleh
masing-masing pihak sehingga mengurangi terjadinya sebuah kesalahpahaman. Dalam
hal ini, Corporate Communication
Kompas Gramedia melakukan kegiatan kehumasan sebagai salah satu bentuk dari
fungsi Public Relations antara lain
menyelenggarakan Oetama Cup 2017. Oetama Cup merupakan salah satu kegiatan
rutin Kompas Gramedia yang diselenggarakan setiap tahunnya. Terdapat hal-hal
positif yang terkandung di dalamnya, karena kegiatan tersebut terdiri dari
kompetisi atau turnamen olahraga dan pertunjukan seni yang diperuntukkan kepada
seluruh karyawan Kompas Gramedia. Penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif-deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara
secara mendalam dengan pihak-pihak yang bersangkutan, dan data-data yang
terkumpul kemudian dianalisa
secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk laporan
penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis
menunjukan bahwa melalui kegiatan Oetama Cup 2017 dapat membangun hubungan yang
baik antar karyawan Kompas Gramedia.
Kata
Kunci: Corporate Communication,
Karyawan, Kegiatan Khusus.
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201
Daftar-Pustaka
Bab-IV-Penutup
Bab-III-Pembahasan
Daftar-Isi
BAB-I-Pendahuluan
DAFTAR
PUSTAKA
Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations - Diantara Penjualan
dan Pencitraan. Sleman: Deepublish.
Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI
LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING RESOLUSI KONFLIK INTERPERSONAL. Jurnal
BK UNESA, 03(01), 222–235.
Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Dkk. (2014). STRATEGI PUBLIC RELATIONS
DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PEMBANGKIT LISTRIK NASIONAL (PLN). Jurnal ASPIKOM,
2(3), 206–220.
Anwar, R. (2015). Peran Praktisi Public Relations Dalam
Organisasi-Organisasi di Yogyakarta. Jurnal An-Nida, 7(1), 46–55.
Ardhoyo, T. . (2013). Peran dan Strategi Humas (Public Relations) dalam
Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1),
15–21.
Arswendi, R. (2013). Konservasi Berbasis Komunitas (Studi Tentang Strategi
Branding Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi). Jurnal
Interaksi, II(2), 31–41.
Binilang, N. N., Massie, J. D. ., & Ogi, I. (2017). Pengaruh
Pengendalian Internal Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada
Hotel Boulevard Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1433–1439.
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk
UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176–189.
Christanti, N. C., Warouw, D. M. ., & Dkk. (2015). PERANAN PUBLIC
RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TIRTA INVESTAMA DANONE
“AQUA” MANADO. Acta Diurna, IV(3), 1–9
Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations PT. Telkkomsel Branch Manado
Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Acta Diurna, II(I), 1–15.
Febriyanti, D. C. (2013). PERAN CORPORATE COMUNICATION PT KRAKATAU STEEL
(PERSERO),Tbk. DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Jurnal
Komunikasi, 2(1), 39–47.
Hakim, A., & Wuryanto. (2014). Model Peningkatan Kinerja Karyawan
Melalui Peran Komunikasi dan Motivasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan
Kerja. EKOBIS, 15(2), 1–18.
Hartono, N. A., Dida, S., & Dkk. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN SPECIAL
EVENT JAKARTA GOES PINK OLEH LOVEPINK INDONESIA. Jurnal Komunikasi, X(02),
161–172.
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1),
21–46.
Karim, Z. (2015). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBERIKAN INFORMASI
TENTANG ASURANSI BUMI PUTERA (Studi Pada PT. Bumiputera Cabang Manado). \Acta
Diurna, IV(4), 1–11.
Kristanto, H. (2015). Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional,
Dan Kinerja Karyawan. JMK, 17(1), 86–98.
https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.86–98
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Pertama).
Jakarta: Prenada Media.
Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat
& Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Prenada Media.
Maulizal, A. (2017). PELAKSAANAAN KEGIATAN CSR “KAWAN RAMADHAN” OLEH
CORPORATE COMMUNICATION DEPARTEMENT PT JIEP. Jurnal Komunikasi, VIII(3),
215–224.
Murtiadi. (2016). KEBIJAKAN PUBLIK PELAYANAN ADMINISTRASI PERNIKAHAN DALAM
MEMBANGUN CITRA POSITIF KEMENTERIAN AGAMA RI. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA),
III(1), 73–84.
Pahlevi, T. A. (2017). PERAN CORPORATE COMMUNICATION GRAPARI TELKOMSEL
DALAM MENJALANKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KOTA SAMARINDA. EJournal
Ilmu Komunikasi, 5(1), 311–322.
Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi Peran Public
Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.
Rahman, R. S. (2016). Pengaruh Bauran Hubungan Masyarakat (Public
Relations Mix) Terhadap Citra Merek Dan Kesadaran Merek Serta Implikasinya
Terhadap Keputusan Siswa Memilih Studi, 10(1), 44–59.
Rebecca, P. (2013). IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB INVESTOR RELATIONS PADA
CORPORATE WEBSITE 9 PERUSAHAAN FORTUNE 2012. Jurnal E-Komunikasi, I(3),
80–91.
Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik.
Sleman: Deepublish.
Sofian, F. A. (2014). MAKNA KOMUNIKASI KELUARGA BAGI WANITA KARIER: STUDI
FENOMENOLOGI MENGENAI MAKNA KOMUNIKASI KELUARGA BAGI WANITA KARIER DI KOTA
BANDUNG. HUMANIORIA, 5(1), 468–482.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suprihati. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja
Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen. Jurnal Paradigma, 12(01),
93–112. https://doi.org/ISSN :1693-0827
Suryani, & Hendriyadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan
Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta:
Prenada Media.
Syuderajat, F., & Prameswari, Y. P. (2017). PROGRAM EMPLOYEE RELATIONS
PT TELKOM INDONESIA: KIDS GO TO OFFICE. Jurnal The Messenger, 9(2),
186–193.
Tandy, G. S. (2013). Evaluasi Special Event Surabaya Fashion Parade 2012
yang Diselenggarakan Oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal E-Komunikasi,
I(3), 137–146.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness
PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal
Komunikasi, 9(1), 31–43.
Yuliawati, & Irawan, E. P. (2016). PERAN CYBER PUBLIC RELATIONS HUMAS
POLRI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SECARA ONLINE. Jurnal
Politikom Indonesia, 1(1), 208–220.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Prenada Media.