STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)

research
  • 14 Dec
  • 2018

STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)

ABSTRAK

Jessica Diella Natalie (41150115), Strategi Corporate Communication Kompas Gramedia Dalam Membangun Hubungan Baik Antar Karyawan (Studi Kasus Oetama Cup 2017 di Jakarta).

 

perusahaan yang besar tidak luput oleh kinerja baik dari sejumlah karyawannya dan terdapat hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan karyawan. Komunikasi merupakan kunci utama dalam setiap hubungan, tidak hanya dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan, komunikasi juga memberikan pandangan yang dapat dimengerti oleh masing-masing pihak sehingga mengurangi terjadinya sebuah kesalahpahaman. Dalam hal ini, Corporate Communication Kompas Gramedia melakukan kegiatan kehumasan sebagai salah satu bentuk dari fungsi Public Relations antara lain menyelenggarakan Oetama Cup 2017. Oetama Cup merupakan salah satu kegiatan rutin Kompas Gramedia yang diselenggarakan setiap tahunnya. Terdapat hal-hal positif yang terkandung di dalamnya, karena kegiatan tersebut terdiri dari kompetisi atau turnamen olahraga dan pertunjukan seni yang diperuntukkan kepada seluruh karyawan Kompas Gramedia. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam dengan pihak-pihak yang bersangkutan, dan data-data yang terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menunjukan bahwa melalui kegiatan Oetama Cup 2017 dapat membangun hubungan yang baik antar karyawan Kompas Gramedia.

 

Kata Kunci: Corporate Communication, Karyawan, Kegiatan Khusus.

Unduhan

  • File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

    Bab-II-Landasan-Teori

    •   diunduh 5267x | Ukuran 1,646 KB
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 215x | Ukuran 53 KB
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 152x | Ukuran 28 KB
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 136x | Ukuran 13 KB
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 188x | Ukuran 12 KB
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 173x | Ukuran 42 KB
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 208x | Ukuran 29 KB

 

  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 2017 DI JAKARTA)STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK ANTAR KARYAWAN (STUDI KASUS OETAMA CUP 201

    •   diunduh 176x | Ukuran 10,372
  • File_13-Daftar-Pustaka(1).pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 476x | Ukuran 1,662,861
  • File_12-Bab-IV-Penutup(2).pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 218x | Ukuran 1,631,970
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 1505x | Ukuran 2,072,159
  • File_8-Daftar-Isi.pdf

    Daftar-Isi

    •   diunduh 187x | Ukuran 1,639,721
  • File_9-BAB-I-Pendahuluan(1).pdf

    BAB-I-Pendahuluan

    •   diunduh 411x | Ukuran 1,672,385
  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 220x | Ukuran 1,630,499

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations - Diantara Penjualan dan Pencitraan. Sleman: Deepublish.

 

Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING RESOLUSI KONFLIK INTERPERSONAL. Jurnal BK UNESA, 03(01), 222–235.

 

Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Dkk. (2014). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PEMBANGKIT LISTRIK NASIONAL (PLN). Jurnal ASPIKOM, 2(3), 206–220.

 

Anwar, R. (2015). Peran Praktisi Public Relations Dalam Organisasi-Organisasi di Yogyakarta. Jurnal An-Nida, 7(1), 46–55.

 

Ardhoyo, T. . (2013). Peran dan Strategi Humas (Public Relations) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1), 15–21.

 

Arswendi, R. (2013). Konservasi Berbasis Komunitas (Studi Tentang Strategi Branding Universitas Negeri Semarang Sebagai Universitas Konservasi). Jurnal Interaksi, II(2), 31–41.

 

Binilang, N. N., Massie, J. D. ., & Ogi, I. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Boulevard Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1433–1439.

 

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176–189.

 

Christanti, N. C., Warouw, D. M. ., & Dkk. (2015). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TIRTA INVESTAMA DANONE “AQUA” MANADO. Acta Diurna, IV(3), 1–9


Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations PT. Telkkomsel Branch Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Acta Diurna, II(I), 1–15.

 

Febriyanti, D. C. (2013). PERAN CORPORATE COMUNICATION PT KRAKATAU STEEL (PERSERO),Tbk. DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Jurnal Komunikasi, 2(1), 39–47.

 

Hakim, A., & Wuryanto. (2014). Model Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Peran Komunikasi dan Motivasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja. EKOBIS, 15(2), 1–18.

 

Hartono, N. A., Dida, S., & Dkk. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN SPECIAL EVENT JAKARTA GOES PINK OLEH LOVEPINK INDONESIA. Jurnal Komunikasi, X(02), 161–172.

 

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

 

Karim, Z. (2015). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG ASURANSI BUMI PUTERA (Studi Pada PT. Bumiputera Cabang Manado). \Acta Diurna, IV(4), 1–11.

 

Kristanto, H. (2015). Keadilan Organisasional, Komitmen Organisasional, Dan Kinerja Karyawan. JMK, 17(1), 86–98. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.86–98

 

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Pertama). Jakarta: Prenada Media.

 

Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Prenada Media.

 

 

Maulizal, A. (2017). PELAKSAANAAN KEGIATAN CSR “KAWAN RAMADHAN” OLEH CORPORATE COMMUNICATION DEPARTEMENT PT JIEP. Jurnal Komunikasi, VIII(3), 215–224.

 

Murtiadi. (2016). KEBIJAKAN PUBLIK PELAYANAN ADMINISTRASI PERNIKAHAN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF KEMENTERIAN AGAMA RI. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), III(1), 73–84.

 

Pahlevi, T. A. (2017). PERAN CORPORATE COMMUNICATION GRAPARI TELKOMSEL DALAM MENJALANKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KOTA SAMARINDA. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 311–322.

 

Prianto, T. A., & Suhartini, T. (2015). Optimalisasi Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 53–62.

 

Rahman, R. S. (2016). Pengaruh Bauran Hubungan Masyarakat (Public Relations Mix) Terhadap Citra Merek Dan Kesadaran Merek Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Siswa Memilih Studi, 10(1), 44–59.

 

Rebecca, P. (2013). IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB INVESTOR RELATIONS PADA CORPORATE WEBSITE 9 PERUSAHAAN FORTUNE 2012. Jurnal E-Komunikasi, I(3), 80–91.

 

Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Sleman: Deepublish.

 

Sofian, F. A. (2014). MAKNA KOMUNIKASI KELUARGA BAGI WANITA KARIER: STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI MAKNA KOMUNIKASI KELUARGA BAGI WANITA KARIER DI KOTA BANDUNG. HUMANIORIA, 5(1), 468–482.

 

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Suprihati. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen. Jurnal Paradigma, 12(01), 93–112. https://doi.org/ISSN :1693-0827

 

Suryani, & Hendriyadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media.

 

Syuderajat, F., & Prameswari, Y. P. (2017). PROGRAM EMPLOYEE RELATIONS PT TELKOM INDONESIA: KIDS GO TO OFFICE. Jurnal The Messenger, 9(2), 186–193.

 

Tandy, G. S. (2013). Evaluasi Special Event Surabaya Fashion Parade 2012 yang Diselenggarakan Oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, I(3), 137–146.

 

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.

 

Yuliawati, & Irawan, E. P. (2016). PERAN CYBER PUBLIC RELATIONS HUMAS POLRI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK SECARA ONLINE. Jurnal Politikom Indonesia, 1(1), 208–220.

 

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Prenada Media.