PERANCANGAN ULANG NEWSLETTER PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE ) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA PUBLIK INTERNAL

research
  • 14 Dec
  • 2018

PERANCANGAN ULANG NEWSLETTER PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE ) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA PUBLIK INTERNAL

ABSTRAK

 

 

Hanan (41150178), Haniya (41150179), Muhammad Faisal (41150085), Perancangan Ulang Newsletter PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sebagai Media Komunikasi Kepada Publik Internal

 

Newsletter adalah sarana dan media komunikasi sebuah organisasi, organisasi maupun institusi memerlukan komunikasi yang efektif terkait kebijakan-kebijakan maupun norma-norma yang ada dalam institusi tersebut. Selain pandai berkomunikasi, agar lebih efesien dalam penyebaran informasi, public relations memerlukan media komunikasi. Salah satu bentuk media komunikasi internal yang dibuat oleh seorang humas perusahaan adalah dengan membuat in house journal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang newsletter yang dimiliki oleh PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Namun pada newsletter sebelumnya, sebagai perusahaan besar yang mempunyai kantor cabang tersebar diseluruh Indonesia, PT Jalur Nugraha Ekakurir kurang berhasil dalam menyampaikan pesan dan jati diri perusahaan. Penulis juga menilai terdapat beberapa kekurangan dalam newsletter tersebut. Dengan perencanaan yang matang untuk sekarang dan masa depan, perancangan newsletter haruslah terlihat menarik dengan memiliki konsep, isi serta desain yang menarik minat khalayak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Maka penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan suatu keadaan secara terperinci. Dengan cara observasi dan wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Kesimpulan newsletter yang dirancang baru secara lengkap akan mencakup kebutuhan dan menyelesaikan semua masalah seperti tujuan dibuatnya newsletter ini. Dengan hasil yang berjalan lebih efektif dibandingkan dengan konsep yang terdahulu.

 

Kata Kunci: Newsletter, Public Relations, Media Komunikasi

Unduhan

  • TUGAS-AKHIR-(wecompress.com)-converted.pdf

    PERANCANGAN ULANG NEWSLETTER PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE ) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA PUBLIK INTERNAL

    •   diunduh 2495x | Ukuran 6,966 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Djaelani Rofiq, A. (2013). TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF, XX no. 1. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=251834&val=6766&title=TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF

 

Gassing, S., & Suryanto. (2016). Public Relations. (Seno, Ed.). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

 

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Yogyakarta: KENCANA.

 

Kriyantono, R. (2016). PR WRITING: TEKNIK PRODUKSI MEDIA PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS KORPORAT (2016th ed.). KENCANA.

 

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016). Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. BANDUNG: Pustaka Setia.

 

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.

 

Mutiah, T. (2013). Hubungan Kualitatif Pelayanan Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment Dan Shooting Location, VIII, 191.

 

Ruslan, R. (2013). Metodologi Penelitian Public Relations Dan K. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

 

Ruslan, R. (2016). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN APLIKASI. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

 

Sari, A. A. (2017). Dasar-dasar Public Relations Teori Dan Praktik.

Silvana, T. (2017). Indra Fichas Yunus Winoto Tine Silvana. Keberadaan “House Journal” Sebagai Media Komunikasi Internal Di Lingkungan Suatu Lembaga (Studi Pada Newsletter “Genta” Universitas Padjadjaran, (1), 1–23.

 

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2017). DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA.

 

 

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sujarweni, W. (2014). METODOLOGI PENELITIAN. PUSTAKABARUPRESS.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://doi.org/1907-898X

 

Tulung, F. (2013). Berkomunikasi Di Ruang Publik Implementasi Kehumasan Pemerintah. (I. Cawidu & D. Nandika, Eds.). Jakarta: Kominfo.

 

Yusmawati. (2017a). Internet Sebagai Penghubung Kesenjangan Dalam Memperoleh Informasi (Studi Kasus : Kampung Media Di KSB Sebagai Akses Informasi Peduduk Di Desa ), VIII, 64.

 

Yusmawati. (2017b). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dlam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs WWW.SumbawaBaratKab.Go.Id, VIII, 12.

 

Referensi lainnya:

kbbi.kemdikbud.go.id

www.sains.kompas.com

jne.co.id

scholar.google.co.id