ABSTRAK
Hanan (41150178), Haniya (41150179), Muhammad
Faisal (41150085), Perancangan Ulang
Newsletter PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Sebagai Media Komunikasi Kepada
Publik Internal
Newsletter adalah sarana dan media komunikasi sebuah organisasi,
organisasi maupun institusi memerlukan komunikasi yang efektif terkait
kebijakan-kebijakan maupun norma-norma yang ada dalam institusi tersebut.
Selain pandai berkomunikasi, agar lebih efesien dalam penyebaran informasi, public relations memerlukan media
komunikasi. Salah satu bentuk media komunikasi internal yang dibuat oleh
seorang humas perusahaan adalah dengan membuat in house journal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang newsletter yang dimiliki oleh PT Jalur
Nugraha Ekakurir (JNE). Namun pada newsletter
sebelumnya, sebagai perusahaan besar yang mempunyai kantor cabang tersebar
diseluruh Indonesia, PT Jalur Nugraha Ekakurir kurang berhasil dalam
menyampaikan pesan dan jati diri perusahaan. Penulis juga menilai terdapat
beberapa kekurangan dalam newsletter
tersebut. Dengan perencanaan yang matang untuk
sekarang dan masa depan, perancangan newsletter
haruslah terlihat menarik dengan memiliki konsep, isi serta desain yang menarik
minat khalayak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Maka
penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan suatu
keadaan secara terperinci. Dengan cara observasi dan wawancara mendalam secara
langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Kesimpulan newsletter yang dirancang baru secara
lengkap akan mencakup kebutuhan dan menyelesaikan semua masalah seperti tujuan
dibuatnya newsletter ini. Dengan
hasil yang
berjalan lebih efektif dibandingkan dengan konsep yang terdahulu.
Kata Kunci: Newsletter, Public Relations, Media Komunikasi
PERANCANGAN ULANG NEWSLETTER PT JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE ) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEPADA PUBLIK INTERNAL
DAFTAR PUSTAKA
Djaelani Rofiq, A. (2013). TEKNIK
PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF, XX no. 1. Retrieved from
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=251834&val=6766&title=TEKNIK
PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF
Gassing,
S., & Suryanto. (2016). Public Relations. (Seno, Ed.). Yogyakarta:
C.V ANDI OFFSET.
Kriyantono,
R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Yogyakarta: KENCANA.
Kriyantono,
R. (2016). PR WRITING: TEKNIK PRODUKSI MEDIA PUBLIC RELATIONS DAN PUBLISITAS
KORPORAT (2016th ed.). KENCANA.
Mukarom,
Z., & Laksana, M. W. (2016). Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan
Masyarakat. BANDUNG: Pustaka Setia.
Mukhtar.
(2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.
Mutiah,
T. (2013). Hubungan Kualitatif Pelayanan Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan
Pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment Dan Shooting
Location, VIII, 191.
Ruslan,
R. (2013). Metodologi Penelitian Public Relations Dan K. Jakarta:
RajaGrafindo Persada.
Ruslan,
R. (2016). MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS & MEDIA KOMUNIKASI KONSEPSI DAN
APLIKASI. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sari, A. A. (2017). Dasar-dasar Public
Relations Teori Dan Praktik.
Silvana,
T. (2017). Indra Fichas Yunus Winoto Tine Silvana. Keberadaan “House
Journal” Sebagai Media Komunikasi Internal Di Lingkungan Suatu Lembaga (Studi
Pada Newsletter “Genta” Universitas Padjadjaran, (1), 1–23.
Soemirat,
S., & Ardianto, E. (2017). DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS. BANDUNG: PT
REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono.
(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). METODOLOGI
PENELITIAN. PUSTAKABARUPRESS.
Suryani,
I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi
Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media
Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa
Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138.
https://doi.org/1907-898X
Tulung,
F. (2013). Berkomunikasi Di Ruang Publik Implementasi Kehumasan Pemerintah.
(I. Cawidu & D. Nandika, Eds.). Jakarta: Kominfo.
Yusmawati.
(2017a). Internet Sebagai Penghubung Kesenjangan Dalam Memperoleh Informasi
(Studi Kasus : Kampung Media Di KSB Sebagai Akses Informasi Peduduk Di Desa ), VIII,
64.
Yusmawati.
(2017b). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dlam Menyampaikan
Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs WWW.SumbawaBaratKab.Go.Id, VIII,
12.
Referensi lainnya:
kbbi.kemdikbud.go.id
www.sains.kompas.com
jne.co.id
scholar.google.co.id