ABSTRAK
Dalam rangka peningkatan citra positif industri bidang
pendidikan, salah satu upaya yang ditempuh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian
Perindustrian Republik Indonesia adalah mengoptimalisasikan pengelolaan
perpustakaan yang merupakan sumber informasi. Optimalisasi ini sangat
diperlukan mengingat pengguna jasa perpustakaan masih terbatas pada kalangan
internal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan belum menjangkau
masyarakat luas. Sehingga, melalui langkah-langkah peningkatan dimaksud,
Perpustakaan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dapat dimanfaatkan
masyarakat luas, dan dapat memberikan layanan yang berkualitas kepada
masyarakat melalui promosi dan publikasi akan layanan dan koleksi perpustakaan
dalam Open House Perpustakaan. Kegiatan ini memamerkan berbagai koleksi
perpustakaan dengan berbagai jenis subjek dan kategori. Selain itu kegiatan
dikemas dalam bentuk bazar buku murah dan seminar literasi untuk meningkatkan
animo pengguna perpustakaan baik internal maupun eksternal. Penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif-deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi
dan wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak bersangkutan, dan
data-data yang terkumpul kemudian di
analisa secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk
laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis
menunjukkan bahwa melalui Pameran Buku serta Open House Perpustakaan di
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dapat meningkatkan citra industri khususnya
bidang pendidikan sehingga dengan meningkatnya pengetahuan mengenai Digital
Literasi Industri, kegiatan ini dapat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah
pengunjung Perpustakaan.
Kata Kunci: Strategi Humas, Humas Pemerintah, Hubungan Eksternal, Kegiatan Spesial, Pameran.
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
Bab-I-Pendahuluan
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
Daftar-Pustaka
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
Bab-V-Penutup
Bab-III-Pembahasan
Daftar-Isi
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_1 Lembar Judul.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_15 Surat Keterangan PKLRiset.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA POSITIF INDUSTRI BIDANG PENDIDIKAN_File_6 Kata Pengantar.pdf
DAFTAR
PUSTAKA
Achmadi, Abu dan Narbuko Cholid.2013.
Metodologi Penelitian.Jakarta : Bumi Aksara.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian
Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Fakhri
I.2016. Analisis dan Audit Pengelolaan
Strategi Komunikasi dan Citra Perusahaan Pada Lembaga Nirlaba (Studi Pada
Lembaga Kemanusiaan dan Zakat Nasional Pos Keadilan Peduli Umat / PKPU).
Tesis.Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia:
Depok.
Hamdi, Asep
Saepul. E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi
dalam Pendidikan. Yogyakarta :Deepublisher.
J.R, Raco. (2013). Metode Penelitian
Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya.Jakarta :Grasindo.
Liliweri,
Alo. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi.Jakarta :Bumi Aksara.
Mukarom, H Zainal. Dan Muhibudin Wijaya Laksana. (2015). Manajemen Public
Relation :Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung : CV PustakaSetia.
Nazir,
Moh. (2013). MetodePenelitian.Bogor :Ghalia Indonesia. Noor, Ani 2013 manajemen
event. Bandung: alfabeta
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi
Pemasaran Terpadu.Bandung : CV Pustaka Setia.
Ready, R. (2013).
Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors
of parenting behavior. Journal of
Personality and Social Psychology, 79, 274-285
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen
Public Relations dan Media Komunikasi : Korupsi dan Aplikasi.Jakarta : PT
RajaGrafindoPersada. Ruslan,
Rosady. 2016. Manajemen Public
Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi.Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Bandung : Alfabeta.Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations
Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta :Prenadamedia Group
Suryani.dan Hendrayadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada
Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta : Prenada Media Group
Suryanto.(2015). Pengantar Ilmu Komunikasi.Bandung
: CV Pustaka Setia. Timotius, H Kris. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian :Pendekatan
Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan.
Yogyakarta :CV Andi Offset.
Timurti N.2014. Transportasi Sebagai Pemersatu: ( Studi
Kasus Museum Transportasi “Taman Mini” Indonesia Indah).Tesis.Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.
Universitas Indonesia: Depok.
Tusri
S.2016. Pelaksanaan Public Relations
Dalam Rangka Meningkatkan Citra Lembaga di Balai Teknlogi Komnikas Pendidikan
Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis.Tidak Diterbitkan. Program Studi
Pendidikan Administrasi Perkantoran . Universitas Negeri Yogyakarta:
Yogyakarta.
Vera
B.2013. Poetics Dalam Eksibisi (Studi
Kasus Relief di Museum Etnobotani
Indonesia).Tesis.Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.
Universitas Indonesia: Depok.
Wendia K.2014. Analisis Strategi Komunikasi dalam Membangun
Citra Lembaga Pemerintah (Studi Deskriptif pada Lembaga Penerbangan dan
Antariksa Nasional).Tesis.Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik. Universitas Indonesia: Jakarta.
Zamzam
Z.2015. Membangun Memori Kolektif di
Museum Pos Indonesia Bandung.Tesis.Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu
Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia: Depok.