STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

research
  • 11 Dec
  • 2018

STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

ABSTRAK

 

 

A.RAISA DAYANARA (41130250), Strategi Humas Kementerian Koperasi Dan UKM dalam menginisiasi kanal “Pasar Senen” untuk mempromosikan produk UMKM di media social.

Terobosan pemasaran melalui media sosial membuat para UMKM  mampu menembus pasar dunia. Strategi pemasaran ini mampu membuat rantai distribusi produk semakin pendek sehingga harga jual beli bisa di tekan dan meningkatkan daya saing, karena itu Kementrian Koperasi dan UMKM mendorong untuk para UMKM lebih berani dan agresif menggunakan media sosial sebagai wadah promosi usaha. Pasalnya, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi sangat penting bagi UMKM . Apalagi saat ini pilihan media sosial sudah beragam dari sisi karakteristiknya dan tidak membutuhkan biaya yang besar dalam berpromosi. Salah satu cara pemasaran yang kreatif dapat diawali dengan menampilkan produk dengan foto yang menarik kemudian diunggah melalui media sosial. Saat ini, banyak konsumen yang lebih menyukai pembelian dengan cara online melalui media sosial. Pemasaran melalui sosial media merupakan sarana yang efektif, saat ini berdasarkan riset rata-rata, tiap orang pemilik smartphone melihat ponsel pintar miliknya sebanyak 110 kali dalam 24 jam atau satu kali setiap enam hingga tujuh menit. Dari sisi pengguna media sosial, mulai dari Facebook Instagram, dan Twitter sudah mencapai ratusan juta dan menjadi pangsa pasar yang besar bagi UMKM dalam negeri. Pengguna Facebook di seluruh dunia itu ada 2 miliar orang, yang pakai Instagram ada 700 jutaan, Twitter ada 324 juta Oleh karena itu, pelaku usaha pun diharapkan mampu mengikuti tren ini dengan melakukan pemasaran secara online. Tentunya, dengan pemasaran yang kreatif agar omzet pun naik. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-komunikatif, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam melalui narasumber humas. Data-data yang dikumpulkan dianalisa secara deskriptif kedalam bentuk laporan penelitian.Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan penulis memberikan manfaat bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan produk secara gratis.

 

Kata Kunci : Strategi, Kegiatan Khusus

Unduhan

 

  • File_06 Kata Pengantar.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_06 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 194x | Ukuran 215,886
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 494x | Ukuran 1,822,497
  • File_05 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_05 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 133x | Ukuran 519,204
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 199x | Ukuran 38,795
  • File_15 Keterangan Riset.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_15 Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 146x | Ukuran 538,563
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 127x | Ukuran 20,709
  • File_12-Bab-IV-Penutup(2).pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 171x | Ukuran 1,751,050

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Adi, K. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk CKE teknik Semarang. Jurnal Management, 4, 8. https://doi.org/10.1002/bies.201400090

Aulia Rahmawati. (2018). Penerapan aspek pengelolaan website sebagai bentuk cyber public relations, 10–35. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/37019/

Bagus Sukma Pratama. (2018). Peran Public Relation Dalam Membangun Citra Kota. Jurnal Kajian Infoemasi. Retrieved from http://sir.stikom.edu/id/eprint/2943/

Diurna, A. (2013). Journal “Acta Diurna” Vol. I. No.I. Th.2013. Jurnal Acta Diurna, I(I). Retrieved from file:///C:/Users/Samsung/Downloads/973-1926-1-SM.pdf

Hariati, P., & Ranu, E. (2015). STRATEGY MANAGEMENT OF PUBLIC RELATIONS IN NEW ADMISSIONS AT SMK ( SMEA ) PGRI PLOSO JOMBANG ACADEMIC YEAR 2014 / 2015 semakin ketat , baik antara lembaga pendidikan menawarkan kualitas baik dengan nama besar yang disandang sehingga sekolah tersebut terke.

Hidayat, Z. J. (2018). Asisten Sutradara Dalam Pembuatan Video Dokumentasi Kegiatan Secretarial Fiesta Prodi Komputerisasi Perkantoran Dan Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis STIKOM Surabaya. Retrieved from http://sir.stikom.edu/id/eprint/2943/

Marentek, E. A. (2017). e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 2. Tahun 2017, VI(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/16197/15701

Miliana, N., Sholihin, M. R., & Nurhada, J. (2018). Pemanfaatan Website Dan Marketplace Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kabupaten Lumajang. Jurnal UKM, 47–58. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PEKED/article/view/1287/1045

 

Mulyani, I. D. A. T. R. I. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/46552/1/25_MULYANI.pdf

Mustakim, M. (2018). Penerapan Promosi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 64–82.

Pramita, C. K. A., & Wulandari, D. (2018). Efektivitas Dan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak Di Samsat Corner Oleh Kepolisian Pada Masyarakat Surabaya. Jurnal Management, 01, 1–10. Retrieved from http://jurnalmanagement.org/index.php/manage/article/view/4

Ratulangi, S. A. M. (2018). Kata kunci: Humas, Informasi, Portal Akademik, Mahasisawa. Jurnal Acta Diurna, 07, 1–16. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/19565/19123

Suwarti, Fathoni, A., & Darsin. (2017). Mekanisme dan pola kerja retribusi pasar di uptd pasar karang ayu dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dari sektor pedagang dan pkl 1). Jurnal Management, 03, 1–6. Retrieved from http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/735

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 187–200. Retrieved from file:///C:/Users/Samsung/Downloads/3295-6087-2-PB.pdf

Yusmawati. (2017). Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs. Jurnal Komunikasi, VIII, 1–12. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2113/1498

http://repository.uin-suska.ac.id/9805/1/2013_2013139EI.pdf

 

Sumber web://http:www.depkop.go.id/