ABSTRAK
A.RAISA DAYANARA (41130250), Strategi Humas Kementerian
Koperasi Dan UKM dalam menginisiasi kanal “Pasar Senen” untuk mempromosikan
produk UMKM di media social.
Terobosan pemasaran melalui media sosial membuat para UMKM
mampu menembus pasar dunia. Strategi pemasaran ini mampu membuat rantai
distribusi produk semakin pendek sehingga harga jual beli bisa di tekan dan
meningkatkan daya saing, karena itu Kementrian Koperasi dan UMKM mendorong
untuk para UMKM lebih berani dan agresif menggunakan media sosial sebagai wadah
promosi usaha. Pasalnya, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi sangat
penting bagi UMKM . Apalagi saat ini pilihan media sosial sudah beragam dari
sisi karakteristiknya dan tidak membutuhkan biaya yang besar dalam berpromosi. Salah
satu cara pemasaran yang kreatif dapat diawali dengan menampilkan produk dengan
foto yang menarik kemudian diunggah melalui media sosial. Saat ini, banyak
konsumen yang lebih menyukai pembelian dengan cara online melalui media sosial.
Pemasaran melalui sosial media merupakan sarana yang efektif, saat ini
berdasarkan riset rata-rata, tiap orang pemilik smartphone melihat ponsel
pintar miliknya sebanyak 110 kali dalam 24 jam atau satu kali setiap enam
hingga tujuh menit. Dari sisi pengguna media sosial, mulai dari Facebook
Instagram, dan Twitter sudah mencapai ratusan juta dan menjadi pangsa pasar
yang besar bagi UMKM dalam negeri. Pengguna Facebook di seluruh dunia itu ada 2
miliar orang, yang pakai Instagram ada 700 jutaan, Twitter ada 324 juta Oleh
karena itu, pelaku usaha pun diharapkan mampu mengikuti tren ini dengan
melakukan pemasaran secara online. Tentunya, dengan pemasaran yang kreatif agar
omzet pun naik. Penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif-komunikatif, yang dilakukan dengan cara
observasi dan wawancara mendalam melalui narasumber humas. Data-data yang
dikumpulkan dianalisa secara deskriptif kedalam bentuk laporan
penelitian.Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan penulis memberikan
manfaat bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan produk secara gratis.
Kata Kunci : Strategi,
Kegiatan Khusus
Daftar-Isi
Bab-I-Pendahuluan
Daftar-Pustaka
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_04 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_2 lembar pernyataan keaslian tugas.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_03 LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_06 Kata Pengantar.pdf
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_05 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_15 Keterangan Riset.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK UMKM PADA PROGRAM PASAR SENEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM_File_1 Lembar Judul.pdf
Bab-IV-Penutup
DAFTAR PUSTAKA
Adi, K. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan
promosi terhadap keputusan pembelian produk CKE teknik Semarang. Jurnal
Management, 4, 8. https://doi.org/10.1002/bies.201400090
Aulia Rahmawati.
(2018). Penerapan aspek pengelolaan website sebagai bentuk cyber public
relations, 10–35. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/37019/
Bagus Sukma Pratama.
(2018). Peran Public Relation Dalam Membangun Citra Kota. Jurnal Kajian
Infoemasi. Retrieved from http://sir.stikom.edu/id/eprint/2943/
Diurna, A. (2013).
Journal “Acta Diurna” Vol. I. No.I. Th.2013. Jurnal Acta Diurna, I(I).
Retrieved from file:///C:/Users/Samsung/Downloads/973-1926-1-SM.pdf
Hariati, P., &
Ranu, E. (2015). STRATEGY MANAGEMENT OF PUBLIC RELATIONS IN NEW ADMISSIONS AT
SMK ( SMEA ) PGRI PLOSO JOMBANG ACADEMIC YEAR 2014 / 2015 semakin ketat , baik
antara lembaga pendidikan menawarkan kualitas baik dengan nama besar yang
disandang sehingga sekolah tersebut terke.
Hidayat, Z. J. (2018).
Asisten Sutradara Dalam Pembuatan Video Dokumentasi Kegiatan Secretarial Fiesta
Prodi Komputerisasi Perkantoran Dan Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
STIKOM Surabaya. Retrieved from http://sir.stikom.edu/id/eprint/2943/
Marentek, E. A. (2017).
e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 2. Tahun 2017, VI(2). Retrieved
from
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/16197/15701
Miliana, N., Sholihin,
M. R., & Nurhada, J. (2018). Pemanfaatan Website Dan Marketplace Terpadu
Untuk Meningkatkan Potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kabupaten Lumajang. Jurnal
UKM, 47–58. Retrieved from
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PEKED/article/view/1287/1045
Mulyani, I. D. A. T. R.
I. (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan
Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening.
Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/46552/1/25_MULYANI.pdf
Mustakim, M. (2018).
Penerapan Promosi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha. Jurnal
Pemasaran Kompetitif, 1(2), 64–82.
Pramita, C. K. A.,
& Wulandari, D. (2018). Efektivitas Dan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak Di
Samsat Corner Oleh Kepolisian Pada Masyarakat Surabaya. Jurnal Management,
01, 1–10. Retrieved from http://jurnalmanagement.org/index.php/manage/article/view/4
Ratulangi, S. A. M.
(2018). Kata kunci: Humas, Informasi, Portal Akademik, Mahasisawa. Jurnal
Acta Diurna, 07, 1–16. Retrieved from
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/19565/19123
Suwarti, Fathoni, A.,
& Darsin. (2017). Mekanisme dan pola kerja retribusi pasar di uptd pasar
karang ayu dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dari sektor pedagang dan
pkl 1). Jurnal Management, 03, 1–6. Retrieved from
http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/735
Tarigan, D., &
Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada
Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2),
187–200. Retrieved from file:///C:/Users/Samsung/Downloads/3295-6087-2-PB.pdf
Yusmawati. (2017).
Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs. Jurnal Komunikasi,
VIII, 1–12. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2113/1498
http://repository.uin-suska.ac.id/9805/1/2013_2013139EI.pdf
Sumber web://http:www.depkop.go.id/