STRATEGI PUSKOM PUBLIK KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA

research
  • 08 Dec
  • 2018

STRATEGI PUSKOM PUBLIK KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA

ABSTRAK

 

Devi Rasiluniaty (41150054), Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media.

 

Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Republik menjalankankan tugas pokok yang salah satunya menyelenggarakan pelayanan informasi dibidang pertahanan. Pusat Komunikasi Publik melakukan hubungan kerjasama dengan media melalui chief editor meeting, intensifikasi media massa, dan redaksi pelaksana. Pusat Komunkasi Publik mengadakan pertemuan dengan para wartawan yaitu silahturahmi dengan wartawan dalam bentuk press gathering. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan analisa data. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi. Metode analisa data melalui penelitian kualitatif dan penelitian deskriptif. Hubungan personal seorang praktisi Public Relations, termasuk Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan kalangan wartawan sangat diperlukan agar pemberitaan tentang perusahaan menjadi faktual dan berimbang, berpengaruh terhadap citra perusahaan, dan undangan yang disebar kepada wartawan untuk hadir semua Untuk mengelola hubungan yang baik dengan media massa, Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia perlu melakukan kegiatan press gathering secara rutin dan terjadwal dalam upaya mempermudah penyampaian informasi mengenai Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui media untuk diketahui publik secara luas yang pada akhirnya akan berpengaruh positif terhadap citra perusahaan.

    

 

Kata Kunci : Strategi,  Hubungan Dengan Media, Press Gathering

Unduhan

  • File_4 Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_4 Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 127x | Ukuran 247 KB
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 187x | Ukuran 255 KB
  • File_1 Lembar Judul Tugas Akhir.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_1 Lembar Judul Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 170x | Ukuran 101 KB
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 220x | Ukuran 371 KB
  • File_2 Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_2 Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 141x | Ukuran 311 KB
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 388x | Ukuran 1,930 KB
  • File_3 Lembar Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_3 Lembar Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 105x | Ukuran 402 KB
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 116x | Ukuran 770 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Kesalahan Bahasa Indonesia Menengah Pertama. Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 5, 1–16.

 

Di, D., Tinggi, P., & Arifin, M. (2017). STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHANAN DALAM MENINGKATKAN  DISIPLIN DI PERGURUAN TINGGI, 3(1), 117–132.

 

Gifari, F., & Purnama, H. (2017). STRATEGI ASIAPR DALAM MEMPERKUAT HUBUNGAN MEDIA DENGAN FORUM WARTAWAN OTOMOTIF ( FORWOT ) ASIAPR STRATEGY IN STRENGTHENING Media Relations WITH FORUM. Jurnal Profesi Humas, 1(2), 101–111.

 

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

 

Humas, P., Dprd, S., & Menjalin, D. (n.d.). Peran Humas Sekretariat DPRD Dalam Menjalin Hubungan Sinergis Antara Media Dengan DPRD Kabupaten Bulungan Mujiati 1 Aji Ratna Kusuma, 2 Enos Paselle 3.

 

Indhira Hari Kurnia, D. S. dan A. R. (2013). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2).

 

Kolianan, J. B., Liliweri, A., & Tamunu, L. (2016). Strategi Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana ( Kb ) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional ( Bkkbn ) Provinsi Ntt. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 51–60.

 

Komunikasi, J., & Luhur, U. B. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.

 

Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid SEbagai Media Informasi Publik Internal. Jom Fisip, 9(1), 24–30. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/129973-ID-implementasi-situs-website-dprd-dalam-me.pdf

 

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.

 

Pusat, J. (2016). PARADIGMA Vol. XVIII. No.2 September 2016 PENGARUH KETERIMAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA, XVIII(2), 89–101.

 

Rahutomo, A. N. (2013). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik Pada Pt Pln (Persero) Rayon Di Samarinda Ilir, 1(2), 324–340.

 

Rembang, D. I. (2016). STRATEGI MEDIA RELATIONS PT SEMEN INDONESIA ( PERSERO ) TBK DALAM MENJAGA CITRA POSITIF PADA KASUS PROYEK PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN Indonesia Indonesia ( Persero ) Tbk selain di mendekat ke lokasi peletakan batu jatuh pingsan , sedangkan lainnya lokasi pem, 5.

 

Sumbawabaratkab, W. W. W., & Id, G. O. (2017). MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT MELALUI SITUS, VIII, 1–12.

 

Xc, F.-, & Xc, F.-. (2014). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI PROFESI Hj. Ida Suryani Wijaya *. _Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan Tujuan, XVI(2), 176–209.

 

Zulfan, F. &. (2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 3 , Nomor 1 : 549-622, 3(1), 113–124.