ABSTRAK
Devi
Rasiluniaty (41150054), Strategi
Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin
Hubungan Dengan Media.
Pusat Komunikasi Publik
Kementerian Pertahanan Republik menjalankankan tugas pokok yang salah satunya
menyelenggarakan pelayanan informasi dibidang pertahanan. Pusat Komunikasi
Publik melakukan hubungan kerjasama dengan media melalui chief editor meeting,
intensifikasi media massa, dan redaksi pelaksana. Pusat Komunkasi Publik
mengadakan pertemuan dengan para wartawan yaitu silahturahmi dengan wartawan
dalam bentuk press gathering. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik
pengumpulan data dan analisa data. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi. Metode analisa data melalui penelitian
kualitatif dan penelitian deskriptif. Hubungan personal seorang praktisi Public
Relations, termasuk Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan
kalangan wartawan sangat diperlukan agar pemberitaan tentang perusahaan menjadi
faktual dan berimbang, berpengaruh terhadap citra perusahaan, dan undangan yang
disebar kepada wartawan untuk hadir semua Untuk mengelola hubungan yang baik
dengan media massa, Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Republik
Indonesia perlu melakukan kegiatan press gathering secara rutin dan terjadwal
dalam upaya mempermudah penyampaian informasi mengenai Kementerian Pertahanan
Republik Indonesia melalui media untuk diketahui publik secara luas yang pada
akhirnya akan berpengaruh positif terhadap citra perusahaan.
Kata Kunci : Strategi, Hubungan Dengan Media, Press Gathering
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_4 Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_1 Lembar Judul Tugas Akhir.pdf
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_6 Kata Pengantar.pdf
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_2 Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf
Bab-III-Pembahasan
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_3 Lembar Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
Bab-I-Pendahuluan
Daftar-Pustaka
Bab-IV-Penutup
Daftar-Isi
Strategi Puskom Publik Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Upaya Menjalin Hubungan Dengan Media_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Kesalahan
Bahasa Indonesia Menengah Pertama. Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan
Pengajarannya, 5, 1–16.
Di, D., Tinggi, P., & Arifin, M. (2017). STRATEGI
MANAJEMEN PERUBAHANAN DALAM MENINGKATKAN
DISIPLIN DI PERGURUAN TINGGI, 3(1), 117–132.
Gifari, F., & Purnama, H. (2017). STRATEGI ASIAPR DALAM
MEMPERKUAT HUBUNGAN MEDIA DENGAN FORUM WARTAWAN OTOMOTIF ( FORWOT ) ASIAPR
STRATEGY IN STRENGTHENING Media Relations WITH FORUM. Jurnal Profesi Humas,
1(2), 101–111.
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. At-Taqaddum,
8(1), 21–46.
Humas, P., Dprd, S., & Menjalin, D. (n.d.). Peran Humas
Sekretariat DPRD Dalam Menjalin Hubungan Sinergis Antara Media Dengan DPRD
Kabupaten Bulungan Mujiati 1 Aji Ratna Kusuma, 2 Enos Paselle 3.
Indhira Hari Kurnia, D. S. dan A. R. (2013). REPUTASI SEKOLAH
( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2).
Kolianan, J. B., Liliweri, A., & Tamunu, L. (2016). Strategi
Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana
( Kb ) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional ( Bkkbn )
Provinsi Ntt. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 51–60.
Komunikasi, J., & Luhur, U. B. (2017). Upaya Peningkatkan
Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public
Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT
Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid SEbagai Media
Informasi Publik Internal. Jom Fisip, 9(1), 24–30. Retrieved from
https://media.neliti.com/media/publications/129973-ID-implementasi-situs-website-dprd-dalam-me.pdf
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam
Perspektif Rancangan. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.
Pusat, J. (2016). PARADIGMA Vol. XVIII. No.2 September 2016
PENGARUH KETERIMAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI
SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA, XVIII(2), 89–101.
Rahutomo, A. N. (2013). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan
Informasi Pelayanan Publik Pada Pt Pln (Persero) Rayon Di Samarinda Ilir, 1(2),
324–340.
Rembang, D. I. (2016). STRATEGI MEDIA RELATIONS PT SEMEN
INDONESIA ( PERSERO ) TBK DALAM MENJAGA CITRA POSITIF PADA KASUS PROYEK
PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN Indonesia Indonesia ( Persero ) Tbk selain di mendekat
ke lokasi peletakan batu jatuh pingsan , sedangkan lainnya lokasi pem, 5.
Sumbawabaratkab, W. W. W., & Id, G. O. (2017).
MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT MELALUI SITUS, VIII, 1–12.
Xc, F.-, & Xc, F.-. (2014). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI
PROFESI Hj. Ida Suryani Wijaya *. _Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan
Tujuan, XVI(2), 176–209.
Zulfan, F. &. (2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 3 , Nomor 1 : 549-622, 3(1), 113–124.