Semakin berkembangnya dunia pemasaran semakin tinggi pula tingkat kebutuhan suatu perusahaan terhadap barang-barang. Untuk itu, setiap perusahaan mempunyai kebijakan untuk memenuhi semua kebutuhan karyawan yang sifatnya untuk kegiatan perusahaan agar terciptanya kelancaran kinerja pada suatu perusahaan. Pengadaan merupakan fungsi penting dalam setiap perusahaan, setiap perusahaan memerlukan sebuah pasokan barang dan pengadaan bertanggung jawab untuk mengaturnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Menggunakan data pada periode juli sampai dengan desember 2015. Data yang digunakan dari variabel prosedur pengadaan adalah proses pengadaan barang (alat tulis kantor) mulai dari menginventaris, melaksanakan belanja, membuat dokumen pertanggung jawaban, menyerahkan kepada pejabat pembuat komitmen, dan yang berkoordinasi dengan bagian keuangan untuk proses pembayaran.metode yang digunakan adalah metode pengadaan langsung. Kendala yang dihadapi diantaranya adalah masih kurangnya pemahaman terhadap pengadaan barang khususnya alat tulis kantor, tidak melakukan belanja alat tulis kantor setiap bulan, masih dilakukan secara manual, tidak adanya formulir permintaan alat tulis kantor.
TA ALDJUFRIE, FITRIA;