Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas kinerja suatu organisasi atau instansi. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi karena keahlian atau kompetensi dapat mendukung peningkatan kinerja karyawan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode untuk menyelidiki objek yang tidak dapat diukur dengan angka-angka ataupun ukuran lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur dilaksanakan setahun sekali. Penilaian kinerja pegawai ini, dilaksanakan oleh atasan (pejabat penilai) setiap akhir Desember pada tahun yang bersangkutan dan paling lambat akhir Januari tahun berikutnya. Penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil secara sistematik menggabungkan antara penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dengan penilaian perilaku kerja. Pada penilaian 2 orang pegawai terdapat indikator penilaian yang tidak memenuhi target yaitu target kualitas. Sehingga penilaian kedua orang pegawai tersebut tidak efektif. Untuk mengatasinya perlu adanya pembinaan kepada pegawai, agar dapat meningkatkan prestasi kerjanya. Tindak lanjut dari hasil penilaian diatas adalah pengangkatan jabatan, kenaikan pangkat, dan tunjangan kerja. Untuk mendapatkan hasil dari tindak lanjut ini, semua unsur penilaian kinerja pegawai bernilai baik selama dua tahun terakhir. Pada penilaian kedua pegawai yang tidak dapat memenuhi target kualitas, maka akan menerima pemotongan tunjangan kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
TA MARIS, ICHAULLA;