PERANAN RESEPSIONIS SPA DALAM PELAYANAN SPA DI HOTEL PHOENIX YOGYAKARTA

research
  • 05 Nov
  • 2018

PERANAN RESEPSIONIS SPA DALAM PELAYANAN SPA DI HOTEL PHOENIX YOGYAKARTA

Hesti Nur Felisa (51130008), Peranan Resepsionis Spa Dalam Pelayanan Spa Di Hotel Phoenix Yogyakarta


Spa merupakan salah satu bisnis kecantikan dan kebugaran yang berkembang pesat saat ini. Bisnis spa tidak sekedar pijat dan lulur, tetapi sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat yang menjadi pelaku pariwisata. Semakin banyak bisnis spa yang didirikan, semakin giat manajemen spa dalam menawarkan berbagai perawatan spa kepada masyarakat luas. Resepsionis spa adalah orang yang  bertugas dalam melayani reservasi perawatan sampai proses pembayaran di spa, dan menjadi tolak ukur apakah pelayanan di spa tersebut nyaman atau sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif  dengan teknik pengambilan data meliputi teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis diketahui bahwa peranan resepsionis spa tidak hanya berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan tamu yang melakukan reservasi perawatan di spa, tetapi juga diperlukan untuk menunjang kelancaran sistem operasional pada departemen sport and recreation di Hotel Phoenix Yogyakarta. Selain itu, penulis juga mengetahui cara menyelesaikan masalah yang timbul dalam sistem operasional di spa dan secara keseluruhan resepsionis spa sudah melakukan tugas dan tanggung jawab dalam aktivitasnya sesuai dengan standar operasional prosedur hotel bintang lima.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA


Anastasia, Henny. 2009. Cantik, Sehat, & Sukses Berbisnis Spa. Jakarta: Kanisius

Budi, Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: Andi

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hambudi, Teguh. 2015. #1 Professional General Affair : Panduan Bagian Umum Perusahaan Modern. Jakarta: Visimedia Pustaka. Diambil dari: https://books.google.co.id. (17 Juni 2016)

Jumarani, Louise. 2009. The Essence of Indonesian Spa: Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Diambil dari: https://books.google.co.id. (20 Mei 2016)

Kusantati, Herni, Pipin Trisna Prihatin dan Winwin Wiana. 2008. Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Diambil dari: http://ftp.unpad.ac.id/bse/12_SMK/kelas12_smk_tata_kecantikan_kulit_herni-kusantati.pdf. (19 Mei 2016)

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rumekso. 2009. Housekeeping Hotel Floor Section. Yogyakarta: Andi

Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: Andi

Sujatno, Bambang. 2008. Front Office Opreations. Yogyakarta: Andi

Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi

Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Wijayanti, Christina, Pengarang K. Kedua, dan S.P. Honggowidjaja. 2013. Implementasi Konsep Sanctuary Pada Perancangan Interior Sanctuary Spa & Relaxation Centre di Bali. Surabaya: Jurnal Intra. Vol. 1, No. 1:1-7. Diambil dari: http://download.portalgaruda.org/article. (11 April 2016)

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor. Diambil dari: https://books.google.co.id. (25 Mei 2016)

http://yogyakarta.bps.go.id/. (6 April 2016)