Hesti Nur Felisa (51130008), Peranan Resepsionis Spa Dalam Pelayanan Spa Di Hotel Phoenix Yogyakarta
Spa merupakan salah satu bisnis kecantikan dan
kebugaran yang berkembang pesat saat ini. Bisnis spa tidak sekedar pijat dan
lulur, tetapi sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat yang menjadi pelaku
pariwisata. Semakin banyak bisnis spa yang didirikan, semakin giat manajemen
spa dalam menawarkan berbagai perawatan spa kepada masyarakat luas. Resepsionis
spa adalah orang yang bertugas dalam
melayani reservasi perawatan sampai proses pembayaran di spa, dan menjadi tolak
ukur apakah pelayanan di spa tersebut nyaman atau sebaliknya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data meliputi teknik
observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian yang
dilakukan penulis diketahui bahwa peranan resepsionis spa tidak hanya
berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan tamu yang melakukan reservasi
perawatan di spa, tetapi juga diperlukan untuk menunjang kelancaran sistem
operasional pada departemen sport and recreation di Hotel Phoenix
Yogyakarta. Selain itu, penulis juga mengetahui cara menyelesaikan masalah yang
timbul dalam sistem operasional di spa dan secara keseluruhan resepsionis spa
sudah melakukan tugas dan tanggung jawab dalam aktivitasnya sesuai dengan
standar operasional prosedur hotel bintang lima.
TA Hesti Nur_File_8 Daftar Isi.pdf
TA Hesti Nur_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA Hesti Nur_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA Hesti Nur_File_12 Bab IV Pembahasan.pdf
TA Hesti Nur_File_7 Abstrak.pdf
TA Hesti Nur_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA Hesti Nur_File_1 Lembar Judul.pdf
TA Hesti Nur_File_15 Daftar Riwayat hidup.pdf
TA Hesti Nur_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA Hesti Nur_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA Hesti Nur_File_11 Bab III Metode Penelitian.pdf
TA Hesti Nur_File_16 Surat Keterangan PKL.pdf
TA Hesti Nur_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA Hesti Nur_File_14 Daftar Pustaka.pdf
TA Hesti Nur_File_13 Bab V Penutup.pdf
TA Hesti Nur_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA Hesti Nur_File_17 Lampiran-lampiran.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Anastasia, Henny. 2009. Cantik, Sehat, & Sukses Berbisnis Spa. Jakarta: Kanisius
Budi, Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: Andi
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hambudi, Teguh. 2015. #1 Professional General Affair : Panduan Bagian Umum Perusahaan Modern. Jakarta: Visimedia Pustaka. Diambil dari: https://books.google.co.id. (17 Juni 2016)
Jumarani, Louise. 2009. The Essence of Indonesian Spa: Spa Indonesia Gaya Jawa dan Bali. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Diambil dari: https://books.google.co.id. (20 Mei 2016)
Kusantati, Herni, Pipin Trisna Prihatin dan Winwin Wiana. 2008. Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Diambil dari: http://ftp.unpad.ac.id/bse/12_SMK/kelas12_smk_tata_kecantikan_kulit_herni-kusantati.pdf. (19 Mei 2016)
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rumekso. 2009. Housekeeping Hotel Floor Section. Yogyakarta: Andi
Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: Andi
Sujatno, Bambang. 2008. Front Office Opreations. Yogyakarta: Andi
Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi
Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Wijayanti, Christina, Pengarang K. Kedua, dan S.P. Honggowidjaja. 2013. Implementasi Konsep Sanctuary Pada Perancangan Interior Sanctuary Spa & Relaxation Centre di Bali. Surabaya: Jurnal Intra. Vol. 1, No. 1:1-7. Diambil dari: http://download.portalgaruda.org/article. (11 April 2016)
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor. Diambil dari: https://books.google.co.id. (25 Mei 2016)
http://yogyakarta.bps.go.id/.
(6 April 2016)