PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT PADA KANTOR DESA TANJUNGSARI KUTOWINANGUN KEBUMEN

research
  • 05 Nov
  • 2018

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT PADA KANTOR DESA TANJUNGSARI KUTOWINANGUN KEBUMEN

Didin Agus Priyadi (12143330), Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen 

 

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk  mempermudah  pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Kantor Desa Tanjungsari membutukan sekali adanya suatu sistem yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para warganya. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai sistem pelayanan surat menyurat pada Kantor Desa Tanjungsari yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini Kantor Desa Tanjungsari hanya berupa instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pelayanan masyarakat. Sistem yang ada pada Kantor Desa Tanjungsari ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan data penduduk yang ada pada Desa Tanjungsari, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses pelayanan surat menyurat hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Perancangan sistem ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada instansi pemerintah ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada instansi pemerintah ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem surat menyurat yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode obeservasi dimana pada metode ini penulis melakukan pengamatan langsung pada kantor Desa Tanjungsari, kedua metode studi pustaka dimana pada metode ini penulis menggunakan buku atau berkas serta laporan sebagai referensi, ketiga metode wawancara dimana pada metode wawancara ini langsung mewawancarai sekretaris desa Tanjungsari. Dengan hasil penelitian pelayanan kepada penduduk masih belum maksimal karena sistem yang digunakan masih menggunakan sistem manual sehingga pelayanan kepada penduduk menjadi kurang efektif dan efisien. 

 

 


Unduhan

  • TA-upload-DIDIN.pdf

    TA DIDIN AGUS PRIYADI

    •   diunduh 1447x | Ukuran 3,111 KB

 

REFERENSI