OPTIMALISASI PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENUNJANG OPERASIONAL FRONT OFFICE DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA

research
  • 02 Nov
  • 2018

OPTIMALISASI PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENUNJANG OPERASIONAL FRONT OFFICE DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA

Desy Azizah Isnaindiah (51130040), Optimalisasi Peran Housekeeping Dalam Menunjang Operasional Front Office Di Cavinton Hotel Yogyakarta

Cavinton Hotel merupakan hotel bintang empat yang berada di pusat kota Yogyakarta. Mengenai hal tersebut, berjalannya Cavinton hotel didukung oleh produk dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Hotel mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari beberapa departemen yang menunjang operasional hotel. Produk utama dari sebuah hotel ialah kamar, yang mana front office bertugas untuk menjual kamar dan housekeeping bertugas menyiapkan kamar yang akan dijual. Bahwasanya untuk mengetahui proses kerjasama kedua departemen tersebut, penulis melakukan penelitian di hotel menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan penulis, diketahui bahwa peran housekeeping dalam menunjang operasional front office sangat diperlukan. Optimalisasi kinerja housekeeping untuk membantu front office seluruhnya yang berhubungan dengan kamar dan kebersihan area hotel. Optimalisasi sendiri merupakan melakukan kegiatan yang terbaik dalam usaha mencapai tujuan, yang berarti bahwa usaha terbaik housekeeping dalam menunjang operasional front office. Selain itu, penulis juga mengetahui kurang jelasnya informasi menjadi kendala utama dalam proses kerjasama untuk mengatasi kebutuhan tamu, dari masalah di atas masing-masing departemen harus memperhatikan apa permintaan tamu dan melaksanakannya dengan baik dan benar untuk meningkatkan kegiatan usaha hotel dalam mengatasi masalah yang timbul.


Unduhan

 

REFERENSI

Ali, Muhammad Aidi. 2014. Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps.com Di Samarinda. Samarinda : ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id. Vol 2, No. 3 : 346-357

Bagyono. 2007. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung : Alfabeta

Bagyono. 2006. Teori dan Praktek Front Office. Bandung : Alfabeta

DEPDIKNAS. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : PT Bumi Aksara

http://www.oxforddictionaries.com/ 2016. Definiton of optimization in English. Diambil dari : http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/optimization (20 Mei 2016)

Rian. 2014. Pengertian Hotel. Diambil dari : http://dankrian.net/pengertian-hotel (20 Mei 2016)

Soenarno. 2006. Front Office Management. Yogyakarta : Andi Offset

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Buku Press

Sujatno, Bambang. 2008. Front Office Operation. Yogyakarta : Andi Offset

Sulastiyono. 2008. Manajemen Penyelenggaran Hotel. Bandung : Alfabeta

Susanto, Bob. 2015. Pengertian Hotel Menurut Para Ahli Lengkap. Diambil dari : http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-hotel-menurut-para-ahli-lengkap.html ( 19 Mei 2016)

www.terbaru7.com 2014. Housekeeping Department. Diambil dari : www.terbaru7.com/2014/09/housekeeping-department.html (19 Mei 2016)

www.terbaru7.com 2014. Struktur Organisasi Hotel. Diambil dari : http://www.terbaru7.com/2014/09/struktur-organisasi-hotel.html (19 Mei 2016)

Yasin, Sanjaya. 2015. Pengertian Hotel dan Housekeeping. Diambil dari : www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-hotel-dan-housekeeping.html (19 Mei 2016)