Desy Azizah Isnaindiah (51130040), Optimalisasi Peran Housekeeping Dalam Menunjang Operasional Front Office Di Cavinton Hotel Yogyakarta
Cavinton Hotel merupakan hotel bintang empat yang berada di pusat kota Yogyakarta. Mengenai hal tersebut, berjalannya Cavinton hotel didukung oleh produk dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Hotel mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari beberapa departemen yang menunjang operasional hotel. Produk utama dari sebuah hotel ialah kamar, yang mana front office bertugas untuk menjual kamar dan housekeeping bertugas menyiapkan kamar yang akan dijual. Bahwasanya untuk mengetahui proses kerjasama kedua departemen tersebut, penulis melakukan penelitian di hotel menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan penulis, diketahui bahwa peran housekeeping dalam menunjang operasional front office sangat diperlukan. Optimalisasi kinerja housekeeping untuk membantu front office seluruhnya yang berhubungan dengan kamar dan kebersihan area hotel. Optimalisasi sendiri merupakan melakukan kegiatan yang terbaik dalam usaha mencapai tujuan, yang berarti bahwa usaha terbaik housekeeping dalam menunjang operasional front office. Selain itu, penulis juga mengetahui kurang jelasnya informasi menjadi kendala utama dalam proses kerjasama untuk mengatasi kebutuhan tamu, dari masalah di atas masing-masing departemen harus memperhatikan apa permintaan tamu dan melaksanakannya dengan baik dan benar untuk meningkatkan kegiatan usaha hotel dalam mengatasi masalah yang timbul.
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_16 Sertifikat Keterangan PKL.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_10 BAB II Landasan Teori.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_1 Lembar Judul.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_8 Daftar Isi.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_17 Lampiran-lampiran.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_11 BAB III Metode Penelitian.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_13 BAB V Penutup.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_6 Kata Pengantar.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_14 Daftar Pustaka.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_7 Abstrak.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_9 BAB I Pendahuluan.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_2 Lembar Pernyatan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_15 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA Desi Azizah Isnaindiah _File_12 BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Ali, Muhammad Aidi. 2014. Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps.com Di Samarinda. Samarinda : ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id. Vol 2, No. 3 : 346-357
Bagyono. 2007. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung : Alfabeta
Bagyono. 2006. Teori dan Praktek Front Office. Bandung : Alfabeta
DEPDIKNAS. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : PT Bumi Aksara
http://www.oxforddictionaries.com/ 2016. Definiton of optimization in English. Diambil dari : http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/optimization (20 Mei 2016)
Rian. 2014. Pengertian Hotel. Diambil dari : http://dankrian.net/pengertian-hotel (20 Mei 2016)
Soenarno. 2006. Front Office Management. Yogyakarta : Andi Offset
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Buku Press
Sujatno, Bambang. 2008. Front Office Operation. Yogyakarta : Andi Offset
Sulastiyono. 2008. Manajemen Penyelenggaran Hotel. Bandung : Alfabeta
Susanto, Bob. 2015. Pengertian Hotel Menurut Para Ahli Lengkap. Diambil dari : http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-hotel-menurut-para-ahli-lengkap.html ( 19 Mei 2016)
www.terbaru7.com 2014. Housekeeping Department. Diambil dari : www.terbaru7.com/2014/09/housekeeping-department.html (19 Mei 2016)
www.terbaru7.com 2014. Struktur Organisasi Hotel. Diambil dari : http://www.terbaru7.com/2014/09/struktur-organisasi-hotel.html (19 Mei 2016)
Yasin, Sanjaya. 2015. Pengertian Hotel dan Housekeeping. Diambil dari : www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-hotel-dan-housekeeping.html (19 Mei 2016)