Game Edukatif Aku Tahu Pahlawan Indonesia Menggunakan Role Playing Game(RPG) Berbasis Android

research
  • 05 Jul
  • 2018

Game Edukatif Aku Tahu Pahlawan Indonesia Menggunakan Role Playing Game(RPG) Berbasis Android


ABSTRAKSI


 


Mas Sujono (12100109),  Game Edukatif Aku Tahu Pahlawan Indonesia Menggunakan Role Playing Game (Rpg) Berbasis Android


 


Tidak semua anak senang belajar meskipun sebenarnya dia mampu memahami  dan  mengerti  pelajaran sejarah dari buku sejarah. Kerena memang pada dasarnya otak akan lebih tertarik pada warna dan bentuk, dari pada hanya  berupa  tulisan.  Karena itu dalam skripsi ini, penulis menerapkan konsep game edukasi berbasis RPG atau role playing game dengan tema Pengenalan Pahlawan Indonesia. Game ini dirancang khusus dengan tujuan utama penyampaian materi edukasi kepada pemain yang disajikan dalam bentuk skenario game petualangan. Game ini dimainkan oleh siswa sekolah menengah pertama. Dikarenakan sampai saat ini media pembelajaran yang dilakukan hanya melalui buku, dengan adanya game ini bisa menjadi alternatif media pembelajaran bagi siswa sehingga siswa dapat tertarik dan lebih mudah untuk memahami.


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


Affandi Muhammad. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009 Samarinda.ISSN: 177-187, eJournal llmu Komunikasi,  Kalimantan : Universitas Mulawarman. Diambil dari:


http://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2013/11/Ejurnal%20(11-14-13-04-01-04).pdf.


(09 Agustus 2014).


 


Artika, Rini. 2013. PENERAPANAN ALITYCALHIERARCHY PROCCCES (AHP) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 095224. ISSN :  2301 2301-9425 Volume : IV, Nomor: 3. Teknik Informatika, STMIK Budidarma Medan. Diambil dari:


http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/4315.pdf.


(20 Agustus 2014).


 


Budianto,  Alexius Endy dan Amak Yunus. 2014. Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Dengan Pemanfaatan Teknologi Mobile Computing Sebagai Akselerator Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Malang. ISSN: 2278-8727Volume 16. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kanjuruhan Malang. Diambil dari:


http://www.iosrjournals.org/ccount/click.php?id=8595.


(09 Agustus 2014)


 


Hati, Gunita Mustika , Andri Suprayogi,  dan Bandi Sasmito . 2013. Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile Gis Pada Smartphone Android. ISSN : 2337-845X . Volume 2, Nomor 4. Semarang : Universitas Diponegoro.


          http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/geodesi/article/download/3694/3591


            (28 Agustus 2014).


 


Heryanti, Arizonanataliya dan Galih Hermawan . 2013. Game Shopping Time. ISSN : 2089-9033  . Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Vol. 2, No. 1. Bandung : UNIKOM. Diambil dari:


http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/vol.2-no.1/2.2.2013.55-2089-9033.pdf/pdf/2.2.2013.55-2089-9033.pdf.


(08 Agustus 2014).


 


INFO MURIA . 2012. Pahlawan & Generasi Handal. ISSN: 2088-2920 . Edisi VII. Diambil dari :


http://umk.ac.id/download/info%20muria/Info%20Muria%207.pdf.


(09 Agustus 2014)


 


 


Jasson. (2009). Role Playing Game (RPG) Maker. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. No. ISBN   9792908398.


 


Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI


Yogyakarta.


 


Manurung, Herianto . 2014. Perancangan Aplikasi Penentuan Jurusan Di Sma Menggunakan Metode K-Means. ISSN : 2339-210X. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Volume : II, Nomor : 1, Medan : STMIK Budi Darma Medan. Diambil dari :


http://inti-budidarma.com/berkas/jurnal/8.pdf.


(09 Agustus 2014)


 


Martono, Kurniawan Teguh . 2011. Perancangan Game Edukasi “Fish Identity” Dengan Menggunakan Java . ISSN: 2087-4685 . Jurnal Sistem Komputer - Vol.1 No.1 semarang : Diponegoro University. Diambil dari :


http://eprints.undip.ac.id/40500/1/7-39-1-PB.pdf


(08 Agustus 2014)


 


MZ, Yumarlin . 2013. Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. ISSN 2088 – 3676  . Yogyakarta : Universitas Janabadra. Diambil dari :


http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/10-Revisi-YUMARLIN-22-8-13.pdf.


(08 Agustus 2014)


 


Novaliendry Dony . 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif  (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1 Rao) . ISSN : 2086 – 4981 VOL. 6 NO. 2 . Padang : Universitas Negeri Padang. Diambil dari:


http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf


(31 Agustus 2014)


 


Prastuti Sulistyorini. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. ISSN : 0854-9524 Volume XIV, No.1. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Teknik Informatika STMIK Widya Pratama Pekalongan. Diambil dari :


http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/viewFile/87/82.


(12 Agustus 2014)


 


 


 


 


 


 


 


 


Rasim, Wawan Setiawan dan Eka Fitrajaya Rahman. 2008. Metodologi Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Upaya Menciptakan Kultur Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. ISSN:1979-9264 VOLUME 1, NOMOR 2. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER FPMIPA UPI.Dimabil dari:


http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196601011991031-WAWAN_SETIAWAN/9._Metodologi_Pembelajaran_Berbasis_Komputer.pdf.


(15 Agustus 2014).


 


Rukmi, Pandu Utomo dan Lakoro Rahmatsyam . 2012. Perancangan Concept Art Game Berlatar Budaya Majapahit sebagai Media Komunikasi Budaya . ISSN: 2301-928X Vol. 1, No. 1. Surabaya : Institut sepuluh nopember (ITS) Diambil dari :


http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/396/219.


(05 Juli 2014)


 


Sodikin, Edi Noersasongko, Y dan Tyas Catur Pramudi. 2009. JURNAL PENYESUAIAN DENGAN MODUS PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMK KELAS X. ISSN 1414-9999 Volume 5 Nomor 2. Jurnal Teknologi Informasi, Teknik Informatika Udinus.


Diambil dari:


http://eprints.binadarma.ac.id/443/1/JURNAL%20PENYESUAIAN%20DENGAN%20MODUS%20PEMBELAJARAN%20UNTUK%20SISWA%20SMK%20KELAS%20X.pdf.


(11 Agustus 2014)


 


Syahid  . 2012 . Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan  Komunikasi USB . ISSN : 2252-4908. Vol. 1 No. 2. Semarang : Politeknik Negeri Semarang Diambil dari:


http://www.polines.ac.id/jtet/upload/jurnal/JTET_1-2-2012_Hal_3342.pdf.


(10 Agustus 2014)


 


Tanjung, Mahardika Abdi Prawira (2013) Analisis Pengaruh Storytelling Terhadap Game Lorong Waktu – Pangeran


Dipenogoro Sebagai Media Edukasi Sejarah . ISSN : 2089-9033. Bandung Universitas Komputer Indonesia. Diambil dari :


http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=222016


(31 Agustus 2014)


 


 


 


 


 


 


Tjiptanata Ricky Agus,Widiastuti dan Mufi Widyanti. 2011. Sistem Informasi Geografis Rumah Sakit Berbasis Web. ISSN : 2088-9984. Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma Depok. Diambil dari:


http://ricky.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/32931/E4+-+Ricky.pdf.


(20 Agustus 2014)


 


Wening, Kurnia Sari, Saputro Sulistyo dan Hastuti Budi Hastuti . 2014. Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (Rpg) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X Sma Di Kabupaten Purworejo . ISSN 2337-9995 Vol. 3 No. 2 . Surakarta : Universitas sebelas maret. Diambil dari :


http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/3717/2605


(05 Juli 2014)


 


Wicaksono Sigit . 2013. Game Petualangan Paperu Dengan Menggunakan Rpg Maker Vx (Game Adventure Of Paperu Using Rpg Maker VX). ISSN 2302-0709 Vol. 1 No. 2. semarang : Fakultas teknologi informasi dan komunikasi .


Dianmbil dari : http://journal.usm.ac.id/jurnal/transit/830/detail/.


(01 Agustus 2014).


 


Widianti, Utami Dewi. 2012. PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI ASET DI PT.INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO)


BERBASIS WEB. ISSN :2089-9033 Volume. I Nomor. 2. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) UNIKOM Bandung. Diambil dari :http://komputa.if.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/volume-1-2/8-komputa-1-2-sistem-informasi-aset-pt.inti-utami.pdf/pdf/8-komputa-1-2-sistem-informasi-aset-pt.inti-utami.pdf.


(29 Agustus 2014)