Layanan umum
merupakan pemberian layanan kepada masyarakat umum karena sangat dibutuhkan
dalam segala aspek kehidupan seperti halnya dibidang pemerintahan, kesehatan
dan perbankkan. Pada pelayanan umum terjadi proses antrian terhadap keperluan
masyarakat. Proses antrian menjadi kendala dalam pengambilan nomor antrian
maupun menunggu antrian karena faktor tidak seimbangnya pelayanan penyedia dengan
pengadaan umum seperti keterbatasan pegawai sehingga pelayanan tersebut
terhambat dapat membuat
masyarakat menjadi tidak nyaman dalam menggunakan fasilitas layanan umum. Untuk
memudahkan dalam pelayanan tersebut membutuhkan perancangan aplikasi yaitu
perancangan aplikasi antrian layanan umum berbasis android merupakan
perancangan aplikasi antrian layanan umum yang menjamin meningkatkan fasilitas
dalam pelayanan terhadap masyarakat dan memiliki banyak manfaat untuk
masyarakat dan layanan umum, dengan menggunakan Metode Waterfall. Masyarakat
dapat memilih layanan yang ada dari setiap layanan umum dalam aplikasi yang disediakan.
Layanan umum antara lain layanan Rumah Sakit, Puskesmas, Kilinik, layanan
perbankkan dan layanan pemerintahan untuk mendapatkan nomor antrian dalam
aplikasi dan mengetahui giliran layanan.
Kata Kunci: Perancangan, Antrian,
Layanan Umum, Masyarakat.
File_2 Lembar Pernyataan Keasliaan Skripsi atau Tugas Akhir.pdf
File_6 Kata Pengantar.pdf
Tugas Akhir (Khopipah Anwari_12174076).pdf
File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
File_1 Lembar Judul.pdf
File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem
Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework
Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo,
11(2), 30. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24
Faizal, M., & Putri, sanda listya. (2017). Sistem Informasi
Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara
Viii Tambaksari). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1–23.
http://www.jurnalstmiksubang.ac.id/index.php/jtik/article/view/114
Isa, I. G. T., & Hartawan, G.
P. (2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi. Jurnal
Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 139–151.
Journal, I., & Engineering, S.
(2016). 603-1288-4-Pb. Indonesian Journal on Software Engineering Audit,
2(1), 31–38.
Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi
Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justisia, 10(3),
569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794
Loureiro, R. N. A. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Skripsi, 3(2).
Marjito, & Tesaria, G. (2016).
Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android ( Studi Kasus : Toko Hoax Merch ). Computech
& Bisnis, 10(1), 40–49.
Monica, N., Sarkum, S., &
Purnama, I. (2018). Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android: Studi Pada
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. It Journal Research and Development,
3(1), 43–53. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1849
Penelitian, J., Informatika, T.,
Informatika, T., Belakang, L., Studi, P., & Informatika, T. (2018).
Penerapan Sistem Antrian Registrasi Dengan Metode Multi Channel-Multi Phase. Jutikomp,
1(1913), 67–74.
Purnia, D. S., Rifai, A., &
Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem
Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. 1–7.
Putri, S., Rosadi, A., Rezky, M.,
Informatika, T., I, U. P. I. Y. A., Salemba, J., No, R., & Pusat, J.
(n.d.). TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEBSITE PADA FAKULTAS TEKNIK UPI Y .
A . I Universitas Persada Indonesia Y . A . I. 4(2), 2.
Sallaby, A. F., Utami, F. H., &
Arliando, Y. (2015). Aplikasi Widget Berbasis Java. Jurnal Media Infotama,
11(2), 172.
Siddik, M., & Nasution, A.
(2018). Perancangan Aplikasi Push Notification. Jurnal Teknologi Dan Sistem
Informasi, IV(2), 149–154.
Sukmaindrayana, A., & Sidik, R.
(2017). Aplikasi Grosir Pada Toko RSIDIK Bungursari Tasimalaya. Jurnal
Manajemen Informatika, 4(2), 31–40.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Syani, M., & Werstantia, N.
(2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Penggunaan Perangkat Mobile.
1(September), 86–95.
Yashinta Mayangsari, & Estik
Hari Prastiwi. (2016). Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya
Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi. Ekonomi & Bisnis, 1(1),
49–60. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/JEB17/article/view/636