Perancangan Aplikasi Antrian Layanan Umum Berbasis Android

research
  • 18 Oct
  • 2021

Perancangan Aplikasi Antrian Layanan Umum Berbasis Android

Layanan umum merupakan pemberian layanan kepada masyarakat umum karena sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan seperti halnya dibidang pemerintahan, kesehatan dan perbankkan. Pada pelayanan umum terjadi proses antrian terhadap keperluan masyarakat. Proses antrian menjadi kendala dalam pengambilan nomor antrian maupun menunggu antrian karena faktor tidak seimbangnya pelayanan penyedia dengan pengadaan umum seperti keterbatasan pegawai sehingga pelayanan tersebut terhambat dapat membuat masyarakat menjadi tidak nyaman dalam menggunakan fasilitas layanan umum. Untuk memudahkan dalam pelayanan tersebut membutuhkan perancangan aplikasi yaitu perancangan aplikasi antrian layanan umum berbasis android merupakan perancangan aplikasi antrian layanan umum yang menjamin meningkatkan fasilitas dalam pelayanan terhadap masyarakat dan memiliki banyak manfaat untuk masyarakat dan layanan umum, dengan menggunakan Metode Waterfall. Masyarakat dapat memilih layanan yang ada dari setiap layanan umum dalam aplikasi yang disediakan. Layanan umum antara lain layanan Rumah Sakit, Puskesmas, Kilinik, layanan perbankkan dan layanan pemerintahan untuk mendapatkan nomor antrian dalam aplikasi dan mengetahui giliran layanan.

 

Kata Kunci: Perancangan, Antrian, Layanan Umum, Masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24

Faizal, M., & Putri,  sanda listya. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara Viii Tambaksari). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1–23. http://www.jurnalstmiksubang.ac.id/index.php/jtik/article/view/114

Isa, I. G. T., & Hartawan, G. P. (2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 139–151.

Journal, I., & Engineering, S. (2016). 603-1288-4-Pb. Indonesian Journal on Software Engineering Audit, 2(1), 31–38.

Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justisia, 10(3), 569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794

Loureiro, R. N. A. (2016). No 観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Skripsi, 3(2).

Marjito, & Tesaria, G. (2016). Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android ( Studi Kasus : Toko Hoax Merch ). Computech & Bisnis, 10(1), 40–49.

Monica, N., Sarkum, S., & Purnama, I. (2018). Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android: Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu. It Journal Research and Development, 3(1), 43–53. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1849

Penelitian, J., Informatika, T., Informatika, T., Belakang, L., Studi, P., & Informatika, T. (2018). Penerapan Sistem Antrian Registrasi Dengan Metode Multi Channel-Multi Phase. Jutikomp, 1(1913), 67–74.

Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. 1–7.

Putri, S., Rosadi, A., Rezky, M., Informatika, T., I, U. P. I. Y. A., Salemba, J., No, R., & Pusat, J. (n.d.). TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS WEBSITE PADA FAKULTAS TEKNIK UPI Y . A . I Universitas Persada Indonesia Y . A . I. 4(2), 2.

Sallaby, A. F., Utami, F. H., & Arliando, Y. (2015). Aplikasi Widget Berbasis Java. Jurnal Media Infotama, 11(2), 172.

Siddik, M., & Nasution, A. (2018). Perancangan Aplikasi Push Notification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, IV(2), 149–154.

Sukmaindrayana, A., & Sidik, R. (2017). Aplikasi Grosir Pada Toko RSIDIK Bungursari Tasimalaya. Jurnal Manajemen Informatika, 4(2), 31–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Syani, M., & Werstantia, N. (2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Penggunaan Perangkat Mobile. 1(September), 86–95.

Yashinta Mayangsari, & Estik Hari Prastiwi. (2016). Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi. Ekonomi & Bisnis, 1(1), 49–60. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/JEB17/article/view/636