Efektivitas Iklan Iklan Televisi Teh Botol Sosro Tawar Versi Natural dan Fresh dengan Direct Rating Method(DRM)

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

Abstraksi

Abstrak - Iklan memiliki peran penting untuk menunjang kegiatan dan pencapaian tujuan pemasaran suatu produk. Namun permasalahan yang sering ditemukan adalah pesan yang disampaikan dalam iklan tidak mampu untuk menarik perhatian, tidak merangsang konsumen untuk mencari lebih jauh tentang produk, pesan sulit untuk dipahami, kurang menggugah perasaan dan emosi, dan tidak memiliki kemampuan mengarahkan perilaku calon konsumen untuk pembelian produk. Untuk itu diperlukan adanya evaluasi terhadap efektivitas pesan iklan baik sebelum dan sesudah  penanyangan pada suatu media. Iklan yang dengan baik menyampaikan pesan kepada target sasarannya tentu akan efektif berdampak pada tingkat pemasaran produk. Dalam penelitian ini iklan televisi Teh Botol Sosro Tawar versi natural dan fresh di evaluasi efektivitasnya dengan menggunakan metode penentuan peringkat langsung atau direct rating method (DRM). Penelitian melibatkan sampel penelitian sebanyak 98 orang mahasiswa Akademi komunikasi BSI Jakarta. Hasilnya iklan Teh Botol Sosro Tawar versi natural dan fresh mendapat skor total nilai DRM 69.32, artinya iklan tersebut masuk dalam skala iklan yang dapat menyampaikan pesan dengan baik atau efektif.



Kata Kunci: Kata Kunci: Efektivitas Iklan Teh Botol DRM

Bibliografi

Davis, Joel J. 2013. Penelitian Periklanan, Teori & Praktik. 2 ed. Jakarta: PT.  Rajagrafindo Persada.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton Wachidin Widjaja, dan Hendrawan Supratikno. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif, Strategi Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dwijayanto, Andi. 2018. “Pasar Minuman Teh Siap Saji Semakin Manis.”

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hakim, Budiman. 2005. Lanturan Tapi Relevan, Dasar-Dasar Kreatif Periklanan. Yogyakarta: Galang Press.
Hateyaningsih. 2016. “Strategi ‘Pucuk’ Mencuri Pasar RTD Tea.” top brand award.com.
Ihza, Yustiman. 2013. Bujuk Rayu Konsumerisme, Menelaah Persuasi Iklan di Era Konsumsi. Depok, Jawa Barat: Linea Pustaka.
Indah, Dewi Rosa, dan Zenitha Maulida. 2017.“Analisis Efektivitas Iklan Media Televisi
Mengunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa).” JURNAL
PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI (JENSI): 137–49.
Katadata, Co.id. 2017. “Perang Iklan Minuman Teh Kemasan.” Kata Data.co.id.
Lubis, Mila. 2018. “Pertumbuhan Belanja Iklan 2017 Bergerak Positif Namun Melambat.” Nielsen Indonesia.
Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising, Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak dan Elektronik dengan Efisien. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.
Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Soetikno, Robby. 2013. “Efektifitas Pesan Iklan Telkomsel ‘Kartu As Wow Gratis 100X Lipat’ Terhadap Customer Telkomsel di Surabaya.” Jurnal E-KOMUNIKASI: 167–76.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wibisono, Nuran. 2016. “Saling Tumpas Dalam Perang Teh Kemasan.” Tirto.id.