Aktivitas dengan intesitas yang tinggi memberikan keterbatasan dalam membagi waktu dan kesempatan untuk berkumpul dan bercerita bersama keluarga. Pemanfaatan internet memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang terkini dimanapun dan kapanpun, salah satunya ialah kegiatan konsultasi kesehatan khususnya bagi remaja. Ini merupakan peluang sebagai kesempatan untuk menjembatani adanya komunikasi yang dapat dilakukan secara online. Dengan mensinergikan Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) melalui sistem informasi konsultasi berbasis web secara online menjadi wadah informasi bagi remaja dalam pelayanan seputar konseling kesehatan dan pendidikan ketrampilan hidup sehat yang disampaikan dengan cara menyenangkan serta tetap menghargai dan menjaga kerahasian user.Metode Waterfall digunakan untuk perancangan sistem aplikasi online. Teknis perancangan sistem dengan menggunakan UseCase Diagram dan Activity Diagram serta Entity Relationship Diagram (ERD).Aplikasi MySql Server, Webserver digunakan untuk mendukung pembuatan Basis Data. Potensi pengembangan penyuluhan dan konsultasi menjadi acuan untuk analisis berikutnya dengan menggunakan metode Critical Succes Factor (CSF) dalam mendukung pemetaan strategi yang lebih efektif dan efisien. Metode pendekatan Customer Relationship Management (CRM) melalui operasional, analitik dan collaborative menjadi tolak ukur dalam pembuatan situs E-Pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan dalam mendapatkan hubungan yang baik dengan Anggota. Hasil dari penelitian ini, dapat memberikan masukan dan manfaat, khususnya pada kegiatan pelayanan kesehatan dan penyuluhan remaja (PKPR) di puskesmas wilayah Bekasi dan sekitarnya. Pengujian T test dengan Uji statistik t hit (n lebih kecil dari 30) , α=0.05 dilakukan Untuk mengukur efektivitas pengaruh aplikasi sistem konsultasi kesehatan berbasis web, dimana hasilnya adalah t hit = 3.08 lebih besar dari t 0,05;25 = 2,060 menunjukan ada pengaruh anggota untuk dapat meningkatkan cara hidup sehat melalui informasi konsultasi kesehatan berbasis web.
Jurnal Simetris - SPD
Peer-Reviewer-Simetris-SPD
[1] Y. Utama, "SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB JURUSAN SISTEM INFORMASI," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 3, no. No. 2, Oktober, pp. 359-370, 2011. [2] V. Rivai and A. Permata, Credit Management Handbook, Bekasi: Raja Grafindo Persada, 2006. [3] J. Simarmata, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset, 2010. [4] G. S., "Relationship Marketing Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Customer Relationship Management Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), Yogyakarta, 2005. [5] J. Dyche, The CRM Handbook, USA: Addison-Wesley, 2002. [6] R. Kalakota and M. Robinson, E-Business 2.0 – Roadmap For Success, USA: Addison-Wesley Longman Inc., 2001. [7] W. A. Tunggal, Konsep Dasar Customer Relationship Managemen, Jakarta: Harvarindo, 2000. [8] R. A. Sukamto and . M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika, 2013. [9] S. Bahri and S. Dalis, "Rancang Bangun E-Enrollment Berbasis Web Menggunakan Customer Relationship Management (CRM) Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu," Jurnal Teknik Komputer, vol. 4, no. No. 1, Februari, pp. 205-211, 2018. [10] E. Winarko, Perancangan Database dengan Power Designer, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.