UPAYA ENGINEERING DEPARTMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI @HOM PLATINUM HOTEL YOGYAKARTA

research
  • 04 Sep
  • 2018

UPAYA ENGINEERING DEPARTMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI @HOM PLATINUM HOTEL YOGYAKARTA


Ari Sudrajat (51140047) Upaya Engineering Department Dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Dalam Menginap di @HOM Platinum Hotel.

Dalam mengatasi persaingan, hotel berupaya untuk memeberikan pelayanan terbaik demi memenuhi kepuasan pelanggan, Engineering departement mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup vital terkait pemenuhan kepuasan tamu seperti, perawatan interior kamar, fasilitas-fasilitas, pemeliharaan air, maintenance AC dan lain-lain. Engineering merupakan departemen yang meliputi pelaksanaan, pengawasan dan pembiayaan terhadap Property Operation, Maintenance & Energy Cost (POMEC), bertujuan untuk memenuhi kepuasan tamu. Kepuasan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dalam diri seseorang, dimana ia telah berhasil mendapatkan sesuatu yang menjadi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginannya. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Engineering Department dalam meningkatkan kepuasan tamu dalam menginap di @HOM Platinum Hotel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Dari hasil penelitian ini didapat Engineering Department berperan penting dalam memenuhi kenyaman tamu seperti perawatan interior kamar yang meliputi dinding, lantai, meja, kursi, fasilitas yang ada di dalamnya, Air Conditioner dan lain-lain dan juga berperan dalam menjaga kualitas air yang digunakan di hotel. Untuk tetap menjaga properti hotel dalam keadaan siap pakai maka harus dilakukan perawatan secara teratur.


Unduhan

 

REFERENSI

Edison, Emron. 2007. Profesional Hotel Engineering. Bandung: Alfabeta.

Meleong, Lexy. 2007. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rai Utama, I Gusti Bagus., dan Ni Made Eka Mahadewi. 2012. Metedologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Denpasar: Andi.

Shelvie. 2012. Menulis Studi Literatur. Diambil dari: http://shelvie.staff.ipb.ac.id/2012/05/11/menulis-studi-literatur/.(12 Juni 2017)

Sulastiyono, Agus. 2016. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, Sukmadinata, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widanaputra, Suprasto, Aryanto, dan Ratnasari.2009. Akuntansi Perhotelan Pendekatan Sistem Informasi. Denpasar: Graha Ilmu.