APLIKASI ANDROID UNTUK MENENTUKAN JARAK TERPENDEK ANTAR TERMINAL DI JAKARTA

Abstraksi

Terminal merupakan titik dimana penumpang dan barang masuk atau keluar dari sistem jaringan transportasi. Ditinjau dari sistem jaringan transportasi secara keseluruhan, terminal merupakan simpul utama dalam jaringan dimana sekumpulan lintasan rute secara keseluruhan bertemu. Dengan demikian terminal merupakan komponen utama dalam sistem jaringan transportasi jalan yang mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting. Berdasarkan penjelasan diatas maka untuk mempermudah informasi tentang jarak antara satu terminal ke terminal yang lain di Jakarta membutuhkan aplikasi yang mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana. Sebagai sistem operasi berbasis linux yang dapat digunakan diberbagai perangkat mobile seperti android dapat dimanfaatkan disamping telah men-support berbagai tools dan API untuk pembuatan program mobile termasuk dalam pengaksesan ke Google Maps. Android memiliki tujuan utama untuk memajukan inovasi piranti telepon bergerak agar pengguna mampu mengeksplorasi kemampuan dan menambah pengalaman lebih dibandingkan dengan platform mobile lainnya. Dalam penelitian ini yang akan dipaparkan adalah bagaimana cara mengetahui posisi user dengan memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan mengetahui jarak yang harus ditempuh dari satu terminal di Jakarta ke terminal lainnya dengan memanfaatkan koneksi internet, rute mana yang harus dilewati oleh user untuk menuju keterminal tujuan dengan menggunakan algoritma shortest path unweighted graph.

Kata Kunci: Aplikasi Android, Algoritama shortest path unweighted graph

URI
http://epublications.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/197

Bidang ilmu
Mobile Application

Bibliografi

Awis, J. (2014). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Atm (Automatic Teller Machine) Berdasarkan Penyebaran Pusat Perbelanjaan Di Pekanbaru Menggunakan Metode Naïve Bayes Dan Peta Interaktif (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Gunawan, H. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Travel Guide Banyumas Berbasis Android (Doctoral dissertation, UAJY).

Ichwan, M., Husada, M. G., & Rasyid, M. I. A. (2013). Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Bandung.

ITHMAM, S. N., & Pulungan, M. R. M. (2015). Analisis Performa Restful Web Service Dan Parser Json Menggunakan Algoritma Stream Parsing Pada Sistem Operasi Android (Studi Kasus: Sistem Informasi Laboratorium D3 Komsi Sekolah Vokasi Ugm) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Najib, M., Sunaryono, D., & Yuhana, U. L. (2013). Analisis dan Perancangan Aplikasi Penuntun Jalan dengan Perintah Suara Berbahasa Indonesia pada Perangkat Bergerak Berbasis Android. Jurnal Teknik ITS, 2(2), A438-A442.

Purwananto, Y., Purwitasari, D., & Wibowo, A. (2005). Implementasi dan Analisis Algoritma Pencarian Rute Terpendek di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan TELEKOMUNIKASI, 10(2), 94-101.

Puspitasari, R. (2013). Aplikasi Pembayaran Iuran Sekolah Dan Buku Lembar Kerja Siswa Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Punung. EPUB-SISTEM INFORMASI, 1(1).

Putra, S. A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Lokasi Kerja Praktek Berbasis Geographic Information System (GIS)(Studi Kasus: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).