ANALISA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN

research
  • 30 Mar
  • 2020

ANALISA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN

BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan  kesehatan  bagi seluruh rakyat Indonesi. Pendaftaran anggota BPJS kesehatan bisa dilakukan secara online, dengan demikian pihak penyedia jasa harus mampu memberikan perhatian penuh pada service quality (SERVQUAL). Persepsi pelanggan  terhadap kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan  suatu  jasa. Salah satu cara membedakan  perusahaan  jasa yang satu dengan  perusahaan jasa yang lainnya adalah dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang lebih tinggi secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran online BPJS kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Fuzzy Servqual yang diukur antara lain : Tangibles (bukti terukur) , Reliability (keandalan) , Responsiveness (daya tanggap) , Assurance (jaminan) , Empathy (empati). dari kelima dimensi tersebut maka didapatnya kesimpulan bahwa dimensi yang memiliki GAP terbesar adalah dimensi Reabilitas sebesar -12,49 sehingga pada dimensi ini banyak yang harus diperbaiki.sedangkan dimensi yang memiliki GAP terkecil adalah dimensi Empathy sebesar -1,40.  

Unduhan

 

REFERENSI

Fathoni. 2009. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Metode Servqual. Sumatera Selatan : Universitas Sriwijaya.

Haliim, Syahrul dan Ciptomulyono, Udisubakti. 2012. Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Servqual Fuzzy (Studi Kasus Di Rsk Sumber Glagah Mojokerto). Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Harto, Budi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Bengkel Resmi BAJAJ Padang). Padang : STMIK Jayanusa. Juniartono. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Pada Cv. Delta Trans Dengan Menggunakan Metode Servqual. Medan : STMIK Budidarma Medan.

Kusumadewi , Sri dan Purnomo , Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy. Yogyakarta : GRAHA PERMAI.

Marlindawati. 2013. Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Servqual Method. Palembang : Universitas Bina Darma.

Moleong dan Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, dkk. 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Purna Jual Avanza Dengan Metode Servqual Dan Pgcv (Studi Kasus Bppt Hadji Kalla Cabang Urip Makassar). Makasar : Universitas Hasanuddin.

Prasetiono, Joko Slamet. 2015. Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Internet Hotspot Menggunakan Metode Fuzzy Servqual Dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus : Internet Hotspot STMIK Widya Pratama). Pekalongan :   STMIK Widya Pratama.

Prasetyo, Bambang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Putri, May Fanny Eka dan Tricahyono, Dodie. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap  Kepuasan Pengguna Mobile Bangking (Studi Kasus Pada Bri Unit Jatiwaringin Cabang Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2014). Bandung : Universitas Telkom.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Rizan, Mohamad dan Andika, Fajar. 2011. Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Suzuki, Dealer Fatmawati, Jakarta Selatan). Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Sambodo, Tri Aryo dan Dirgantara Arya Bima. 2014. Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Servqual Studi Kasus: Media Sosial Bhinneka.Com. Jakarta : Kalbis Institute.

Sarjono, Haryadi dan Natalia. 2014. Servqual Dalam Pelayanan Kelas Pada Laboratorium Manajemen. Jakarta : BINUS University.

Sugiono, 2010 Penelitian kualitatif kuantitatif Andi Offset