Pengelompokkan data pembelian tinta dengan menggunakan metode K-Means

research
  • 29 Mar
  • 2020

Pengelompokkan data pembelian tinta dengan menggunakan metode K-Means

Perusahaan PT. Mayer Indah Indonesia bergerak dibidang produksi barang, dimana bagian yang paling sangat penting untuk menyiapkan kebutuhan untuk keperluan produksi adalah bagian pembelian, tetapi dibagian pembelian mengalami kesulitan untuk menentukan barang mana yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit dalam memenuhi kebutuhan permintaan dari setiap bagian dikarenakan kebutuhan barang untuk produksi sangat tidak bisa diprediksi, akhirnya menyebabkan beberapa permintaan barang tidak terpenuhi dikarenakan persediaan barang habis. Untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami bagian pembelian digunakan datamining dengan algoritma clustering yaitu metode k-means, dimana tahapan awalnya menentukan centroid secara acak dan melakukan perhitungan iterasi pertama serta menentukan centroid baru dari iterasi pertama, selanjutnya dilakukan perhitungan iterasi kedua, dikarenakan hasil iterasinya pertama dan kedua pada tata letak jarak yang paling kecil pada tiga pengelompokkan sama, maka perhitungan berhenti. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan data pembelian tinta yang dilihat dari tiga attribut barang yang masuk, barang yang dibeli dan stok barang, sehingga memudahkan dan membantu bagian pembelian dalam mengelompokkan barang yang harus dibeli banyak, sedang dan sedikit.

Unduhan

 

REFERENSI

Metisen, B. M., & Sari, H. L, “Analisa Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila” Jurnal Media Infotama, 11(2), 110–118, 2015. 

Muningsih, E., & Kiswati, S, “Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang” Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 10–17, 2015. 

Muflikhah, Lailii, Dian Eka Ratnawati dan Rekyan Regasari Mardi Putri, “Data Mining” Malang: UB Press, 2018.

Tamba, S. P., Kesuma, F. T., & Feryanto, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Penjualan Sparepart Toyota Dengan Metode K-Means Clustering” Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 2(2), 67–72, 2019. [5] Irwansyah, Edy dan Muhammad Faisal, “Advanced Clustering: Teori Dan Aplikasi” Yogyakarta: Deepublish, 2019.