Penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Jepang, menjadi suatu keterampilan yang bernilai tinggi di era globalisasi saat ini. Bahasa Jepang tidak hanya membuka peluang dalam dunia kerja dan pendidikan, tetapi juga menjadi jembatan untuk memahami budaya Jepang lebih dalam. Namun, pembelajaran Bahasa Jepang dasar di SMKN 01 Mempawah Timur masih menghadapi berbagai kendala, seperti metode pengajaran konvensional yang monoton dan kurangnya media pembelajaran interaktif yang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya minat belajar serta pemahaman siswa terhadap kosakata, tata bahasa, dan pelafalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran dalam bentuk animasi interaktif yang disesuaikan dengan karakteristik siswa SMK yang aktif dan visual. Dengan mengintegrasikan elemen visual, audio, dan interaksi, media ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar, memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, serta mendukung pembelajaran mandiri. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Jepang dasar di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.
Full_Text_Skripsi
Bukti Submit Jurnal
Adhityarini, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Hafalan Al-Qur‟an Berbasis Animasi Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.51875/jispe.v2i2.36
Alfiyana, M. (2024). Perancangan Website Untuk Media Pembelajaran Bahasa Jepang Dengan Tema Penggunaan Kata Keterangan Tingkat Dan Kuantitas. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro
Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4100
5(8.5.2017), ,הארץ .העינים לנגד שבאמת מה את לראות קשה הכיTitle No (2022). S. B. Belay,
2003–2005.
Febriyanti, N. M. D., Oka Sudana, A. . K., & Piarsa, I. N. (2021). Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 2(3), 535.
https://doi.org/10.24843/jtrti.2021.v02.i03.p12
Krowe, Y. B., Ishak, M. I., & Watomakin, D. B. (2025). Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Jepang Berbasis Desktop Menggunakan Metode Dastbaz. 4(2), 7692–7699.
Linawati, S., & Nurajizah, S. (2021). Rancang Bangun Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Pada Pengenalan Dasar Bahasa Jepang. Computer Science (CO- SCIENCE), 1(2), 149–154. https://doi.org/10.31294/coscience.v1i2.427
Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwaangi, 7(2), 35–40.
Nugraha, Y. (2020). Information System Development With Comparison of Waterfall and Prototyping Models. RISTEC : Research in Information Systems and Technology, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.31980/ristec.v1i2.1202
P. P. Adi, A. Fatullah, D. M. H. ri, & P. Winda. (2020). Pengujian aplikasi point of sale berbasis web menggunakan black box testing. Jurnal Bina Komputer, 2(1), 74–78.
Rofik, A., Mariono, A., & Sumarno, A. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengembangan Storyboard Mata Kuliah Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(1), 4. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i1.2025.4
Sulton, M. (2021). Perancangan media pembelajaran interaktif. SKRIPSI Mahasiswa UM, 14(1), 1–7. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/49281.html
Sunami, M. A. dan A. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. Syuja‟ie, A. W., Hartini, S., & Agustini, F. (2020). Animasi Interktif Media Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
Journal of Students„ Research in Computer Science, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v1i1.75
Wacanno, O. A., Kuswara, H., Mukhayaroh, A., Informasi, S., & Mandiri, N. (2022). Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Sebagai Game Edukasi Dalam Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Indonesian Journal on Networking and Security, 11(3), 168–175.
Widyaa, S., Amalia, R., & Rismayani, R. (2022). Perancangan Aplikasi Animasi Interaktif Japanese Vocabulary Berbasis Android. Multinetics, 8(1), 35–41. https://doi.org/10.32722/multinetics.v8i1.4577
Wintana, D., Pribadi, D., & Nurhadi, M. Y. (2022). Analisis Perbandingan Efektifitas White-Box Testing dan Black-Box Testing. Jurnal Larik: Ladang Artikel Ilmu Komputer, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.31294/larik.v2i1.1382