Pengaruh Insentif dan Punishment terhadap Kinerja Driver Maxim Jakarta

research
  • 06 Oct
  • 2025

Pengaruh Insentif dan Punishment terhadap Kinerja Driver Maxim Jakarta

Perkembangan transportasi online di Indonesia membawa tantangan bagi perusahaan dalam menjaga kinerja pengemudi agar tetap optimal. Salah satu isu penting adalah bagaimana pemberian insentif dan penerapan punishment dapat memengaruhi hasil kerja driver. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh insentif dan punishment terhadap kinerja driver maxim jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif statistik dengan menyebarkan kuesioner kepada 99 responden yang merupakan driver maxim di jakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Berdasarkan hasil uji hipotesis parsial t pada variabel insentif menunjukkan nilai 6,640 > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan variabel hukuman menunjukkan nilai 8,404 > 1,986 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis insentif dan punishment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengemudi. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui besar pengaruh insentif dan hukuman terhadap kinerja Driver Maxim Jakarta sebesar 85,8 % dan berdasarkan perhitungan uji F hipotesis diterima apabila Fhitung > Ftabel atau 46,361 > 3,09. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan insentif dan hukuman terhadap kinerja pengemudi secara simultan maupun bersama-sama.

Unduhan

 

REFERENSI

Adrea, S. N. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Report Lag Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 9(2), 14–30. https://doi.org/10.55963/jraa.v9i2.463

 

Arifah, A., Azizah, L. N., & Indriasih, D. (2022). Pengaruh penerapan akuntansi pertanggung jawaban, komitmen organisasi dan kompetensi terhadap kinerja manajerial. Manajemen. https://doi.org/10.51903/manajemen.v2i1.107

Canton, R. de C. (2022). Punishment (pp. 120–123). https://doi.org/10.4324/9781003261919-34

 

Dianti, R. C., & Handayani, A. E. (2024). Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization terhadap Perilaku Kecurangan Akademik yang Dilakukan oleh Mahasiswa Akuntansi pada Perkuliahan Online. Soetomo Accounting Review, 2(4), 607–619. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sacr/article/view/8564

 

Fadillah, H., & Rizky, M. (2024). Fasilitas Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirtanadi Gaperta. Deleted Journal. https://doi.org/10.62504/jimr1017

 

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Nurlaela B, N., H, S. M., & Syarkawi, M. T. (2021). Pengaruh Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Jasa Layanan Pengguna Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online di Kabupaten Wajo. Unknown, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.52103/jfo.v1i2.751

 

Octario, O. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan PT Matahari Department Store (Studi Kasus pada MDS 338 Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran Dan SDM, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i1.677

 

Ramdhani, M. A., Samsudin, A., & Mulia, F. (2022). Implementasi Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan Koperasi. Journal of Management and Bussines (JOMB). https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.691

Sari, D. S. P., Pratiwi, H., Karlinda, A. E., & Candra, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Reward terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ekobistek, 278–283.

 

Sarin, A., Ho, M. K., Martin, J. W., & Cushman, F. (2021). Punishment is Organized around Principles of Communicative Inference. Cognition. https://doi.org/10.1016/J.COGNITION.2020.104544

 

Sayudin, S., Astuti, A. W., Muharam, A., & Muhafifah, R. (2023). Pengembangan strategi manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja karyawan. Jurnal Inovasi Global. https://doi.org/10.58344/jig.v1i1.5

 

Setyaningsih, E., Ismawan, E., & Hidayat, T. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Maxim di Balikpapan. Jurnal Sistem Informasi Dan Multimedia (J-SIM), 3(1), 33–38. http://ojs.stmik-borneo.ac.id/index.php/J-SIm/article/download/57/28

 

Syahran, M. (2020). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ). https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72

 

Umam, A. K., & al.,  et. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Reward, dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan (studi kasus pada yayasan solopeduli ummat pusat di karanganyar). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 217–225.

 

Yolana, Y., Syawaluddin, S., Okta, M. A., & Goh, T. S. (2022). Pengaruh Punishment dan Budaya Organisasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan PT. Charman Putra Interbuana. Ekonomis. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.635