Skripsi Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Dana Bantuan Opersional Sekolah Berbasis Web di SD Negeri Selakopi

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2014-02-01

Penulis

Abstraksi

BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar (bos.kemdikbud.go.id). Sistem pelaporan dana Batuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini masih menggunakan sistem manual, hal tersebut sering timbul kesalahan yang merepotkan pengelola BOS harus selalu revisi laporan kepada dinas pendidikan. Program BOS bertujuan untuk membebaskan segala jenis biaya pendidikan bagi seluruh siswa SD, SMP negeri dan swasta di Indonesia dari biaya operasional sekolah. Pelaporan anggaran seharusnya dipublikasikan, dengan didasarkan pada prinsip objektivitas, konsistensi, materialitas, serta pengungkapan (Ramba dalam Sukhemi, 2011). Dengan adanya sistem informasi pengelolaan BOS berbasis web maka diharapkan pelaporan dan pengelolaan dana BOS lebih mudah dilakukan dan dapat membuat dana BOS lebih terbuka dalam hal penggunaannya.

Kata Kunci: BOS, Pelaporan Anggaran, SD Negeri Selakopi

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Anggraini, R. D. (2013). Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik , 201.
Budi Hermana, R. L. (2013). Transparansi Informasi Keuangan dan Popularitas Website. Jurnal Asuransi dan Manajemen Risiko , 78.
Fauzi, R. (2011). Panduan Praktis Membuat Diagram UML dengan Microsoft Visio 2010. Jakarta: Microsoft User Group Indonesia.
Ines Desti Indraswuri, S. (n.d.). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah Unit Pelaksana Teknis Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar (UPT TK Dan SD) Kecamatan Kebonagung. Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) FTI UNSA , 1.
Kemdikbud. (2013, Januari). Retrieved Desember 2013, from http://bos.kemdikbud.go.id/home/about.
Mulyanto, A. R. (2008). REKAYASA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering. Newyork: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Sukhemi. (2011). Pengaruh Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Terhadap Transparansi Keuangan Daerah. Akmenika UPY , 84.
Susetyo, B. (2006). Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2005. SMERU .
TOBY TEOREY, S. L. (2006). Database Modeling & Design: Logical Design. San Francisco: Morgan Kaufmann Publishers is an imprint of Elsevier.
Warner, J. C. (2007). Teach Yourself VISUALLY Dreamweaver¬ģ CS3. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.