SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM BERBASIS WEB

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2017-07-19

Abstraksi

Pemilihan Umum merupakan mekanisme utama dalam tahapan penyelenggaraan negara dan pembentukan pemerintahan. Proses pelaksanaan Pemilihan Umum tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang timbul dari masyarakat, peserta Pemilu, hingga penyelenggara Pemilu. Sistem pengawasan pemilihan umum yang belum efektif menjadi masalah bagi pengawas yang masih menggunakan sistem manual. Dikatakan belum efektif karena masih banyak kendala yang harus dihadapi, perlu sistem pendataan yang lebih efektif dan efisien untuk dapat menjangkau pengawasan yang lebih luas. Dengan masih digunakannya sistem secara offline, maka pengawas diharuskan untuk mendatangi langsung ke tempat lokasi ini apabila ingin mencari informasi dan melakukan pendataan pengawasan secara tertulis. Itu semua sangat memerlukan waktu yang cukup lama dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Adanya website pendataan pengawas online  ini, masalah yang ada pada pendataan dalam pengawasan pemilihan umum tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Selain semakin meluasnya jangkauan pengawasan, dengan adanya website ini bukti pendataan merupakan data yang sangat valid untuk dijadikan dokumen masukan sistem pengawasan karena pendataan tersebut diinput langsung melalui form laporan oleh pengawas. Pendataan secara online yang dapat diakses pengawas dimanapun dan kapanpun. 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengawasan Pemilihan Umum Web

URI
http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/knist/article/view/200

Bidang ilmu
Pemrograman Web

Bibliografi

Alfatta, Hanif. 2009. Rekayasa Sistem Pengenal Wajah. Yogyakarta: Andi.

Anhar. 2010. Panduan menguasai PHP&MYSQL secara otodidak. Jakarta: Mediakita.

Ayuliana. 2009. Black Box Testing Diambil dari: http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2DOC/2013-1-00590-IF%20Bab2001.doc (10 januari 2016) 

Enterprise, Jublee. 2007. Seri Penuntun Praktis : Trik Cepat Dreamweaver CS3. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kristianto. Jacob. Logical Relational Structure Diambil dari:

http://www.slideshare.net/jacobumboh/rancangan-sistem-informasi-penjualan-tunai-pada-metedologi-berorientasi-obyek-pada-counter-tugas-akhir-komputerisasi-akuntansi#  (10 januari 2016) 

Kursini dan Koniyo, Andri. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntasi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi.

Sarwiko, Dwi.2008. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director MX (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra Pada Jurusan S1 Sistem Informasi). Diambil dari:

http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2921/1/Artikel_10105507.pdf (10 januari 2016)

Sulisty  Sulistyawan, Rubianto dan Rahmad Saleh. 2008. Modifikasi Blog Multiply dengan CSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


 SomSommerville, Ian. 2011. Software Engineering. Boston: Pearson Education.

YuhefiYuhefizar. 2009. CMM Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla (CMS). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.