Implementasi Sistem Informasi Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Berbasis Internet (Studi Kasus: Akbid Aisyiyah Pontianak)

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2016-09-17

Abstraksi

Penelitian ini ditujukan untuk menerapkan implementasi Sistem Informasi Biro Akademik Administrasi dan Kemahasiswaan (SIBAAK) pada AKBID Aisyiyah Pontianak. Metode yang diterapkan didalam penelitian ini adalah Software Development Life Cycle dengan model Waterfall. Desai sistem informasi BAAK (SIBAAK) dijalankan dengan model client-server sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dikembangkan menggunakan bahasa Pemrograman PHP dan basis data PostgreSQL. Hasil penerapan sistem informasi BAAK berbasis web, yaitu sistem bekerja dengan sangat baik, mulai dari proses otentikasi dari pengguna ke sistem, pengolahan data berdasarakan tahun akademik, pengolahan data mahasiswa per angkatan dan pembagian kelas, pengelolaan data dosen, data matakuliah dan perkuliahan, proses naik tingkat, cetak KRS dan KHS hingga penentuan hak akses pengguna berdasarkan tingkatan. Implementasi ini memberikan dampak positif bagi AKBID Aisyiyah berupa kemudahan dalam mengelola data akademik dan data kemahasiswaan serta menyajikannya untuk kepentingan Forlap Dikti. Sistem informasi BAAK yang telah diimplementasikan dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan sistem informasi lainnya sepertu sistem informasi mahasiswa dan dosen.

Kata Kunci: sistem informasi, sistem informasi akademik, SIBAAK

URI
http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2016/article/view/85

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Hanif, A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern, Yogyakarta:ANDI. Kadir, A. (2011). Buku Pintar jQuery dan PHP. Yogyakarta: ANDI. Pratama, I, P, A, E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung : Graha Ilmu. Tantra, R. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.