Perancangan Sistem Simpan Pinjam pada Koperasi Karyawan Angkasa Pura Bandara Supadio Pontianak

Abstraksi

Koperasi Angkasa Pura merupakan kantor koperasi yang memberikan pelayanan simpanan dan peminjaman uang dilingkungan Bandara Supadio khususnya bagi anggota bandara. Koperasi Angkasa pura ini masih menggunakan proses pengelolaan data yang sederhana seperti Microsoft Excel, mulai dari pencatatan data anggota peminjaman, sampai data-data lainnya yang berhubungan dengan proses simpan pinjam hingga sampai laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka penelitian pada Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat perancangan sistem simpan pinjam pada Koperasi Angkasa Pura Bandara Supadio. Sistem simpan pinjam ini dirancang untuk dikelola oleh Bandara dan Unit Simpan Pinjam dan dapat mengolah data anggota, unit kerja, user, transaksi simpanan, permohonan pinjaman, persetujuan pinjaman, pembayar angsuran, pinjaman dan penarikan. Laporan yang dirancang penulis dihasilkan pada sistem simpan pinjam ini, antara lain laporan simpanan, laporan pinjaman, laporan angsuran pinjaman, laporan jurnal umum, dan laporan buku besar. Dengan adanya rancangan sistem simpan pinjam pada Koperasi Angkasa Pura Bandara Supadio, maka diharapkan dapat menjadi acuan rancangan implementasi sistem terkomputerisasi sehingga membantu pihak Bendahara dan Unit Simpan Pinjam dalam mengelola transaksi simpan pinjam, serta menyajikan laporan dengan mudah, cepat dan akurat

Kata Kunci: Perancangan, Sistem, Simpan, Pinjam

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP Dan MYSQL. Jakarta: Media kita. 

Djahir, Yulia. 2014. Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish. 

Fridayanthie, E. Wati dan Tias Mahdiati. Dalam Jurnal Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet. Vol, IV. No. 2 Desember. 

Hasugian, Humisar, Shidiq Nur Ahmad .2012. dalam jurnal Rancang Bangun Sistem Informasi industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. ISBN 979 - 26 - 0255 – 0. Semarang: Semantik. Hutahean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish Komputer, Wahana. 2015. Membangun Sistem Informasi Dengan Java Netbeans dan MySQL. Yogyakarta: Andi. 

Kusrini. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan     Visual Basic Dan Microsoft. Yogyakarta: Andi. 

Mulyani, Sri. NS. 2016. Anlisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Bandung: Abdi Sistematika. 

Muslihudin, Muhammad. 2016. Analisis Dan perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: Andi. 

Naista. 2016. Bikin Framework PHP Sendiri Dengan OOP dan MVC. Yogyakarta: Lukomedia Nofriadi. 2015. Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish. 

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi. 

Rosa, A.S dan M, Salahuddin 2013. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula Supardi, Yuniar. 2010. Semua Bisa Menjadi Programer Java Basic Programing. Jakarta: Komputindo 

108 

 

Supriyatno. 2010. Menggunakan Java Dan MYSQL Untuk Pemula. Jakarta: Media kita. 

Sutabri, Tata. 2010. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 

Triandini, Evi dan I Gede Suardika. 2012. Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi. 

Yanto, robi. 2016. Manajemen Basic Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.