Peancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Piutang Dagang pada CV. Panen Raya Persada Pontianak

Abstraksi

Pengolahan data pada CV. Panen Raya Persada menggunakan Microsoft Excel, Microsoft Word dan masih ada dokumen yang ditulis dengan tangan, salah satu contohnya adalah Surat Jalan. Sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan seperti kesalahan pencatatan ulang data Surat Jalan yang ditulis tangan ke Microsoft Excel, hal itu dapat mengakibatkan kesalahan dalam pembuatan laporan sehingga data harus diperiksa dan dicatat kembali. Oleh karena itu penulis membuat Tugas Akhir mengenai perancangan sistem penjualan dan piutang dagang yang dapat memudahkan karyawan dalam proses pengolahan data dan pembuatan laporan. Pada perancangan sistem ini terdapat empat hak akses yaitu Marketing, Administrasi, Bagian Keuangan dan Manajer. Marketing dapat mengolah dan mencetak Quotatioan, Administrasi dapat mengolah data barang, konsumen, Purchase Order yang diterima da konsumen, mengolah data dan mencetak  pengiriman barang, faktur penjualan, laporan stok barang, laporan penjualan perbulan dan laporan penjualan pertahun. Sedangkan bagian keuangan dapat mengolah data piutang, data pembayaran, mencetak bukti pelunasan, dan melihat laporan piutang. Manajer dapat mengolah data pengguna, data karyawan, data termin serta melihat dan mencetak seluruh laporan yang dihasilkan oleh karyawan. Dengan perancangan sistem ini penulis berharap seluruh proses pencatatan pada CV. Panen Raya Persada bisa menjadi lebih efisien, efektif dan menghasilkan laporan yang akurat.


Kata Kunci: Perancangan sistem, Penjualan dan Piutang Dagang

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasugian, Humisar, dan Ahmad Nur Shidiq. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Semarang: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012). Diakses pada: http:// http://eprints.dinus.ac.id/202 [8 Mei 2017]

Kadir, Abdul. 2015. From Zero to a Pro. Yogyakarta: Andi Offset.

Muslihudin, Muhamad dan Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi Offset.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP.  Yogyakarta: Andi Offset.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

Puspitawati, Lilis dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmayu, Mulia. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Nilai Ujian Siswa SMP Negeri 3 Bumiayu Berbasis Web. Jakarta: Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol.3, No.2 Desember 2015. Diakses pada: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1663 [8 Mei 2017]

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sukamto, Rosa A. dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Suandy, Erly dan Jessica. 2008. Pratikum Akuntansi Manual dan Komputerisasi      dengan MYOB.  Jakarta: Salemba Empat.

Supriyati. 2016. Audit laporan Keuangan Usaha Kecil & Menengah Berbasis     Akuntansi dan Perpajakan. Yogyakarta : Andi Offset.

Tantra, Rudy. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

TMBooks. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi Offset.