Pembuatan Permainan Seni Budaya Berbasis Android Menggunakan Construct 2

Abstraksi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini telah membuat banyak perubahan dalam gaya hidup masyarakat. Salah satu perubahannya adalah banyaknya penggunaan smartphone, terutama yang berbasis android untuk kehidupan sehari-hari. Para pengguna smartphone berasal dari berbagai kalangan dan umur. Penggunaannya bisa berupa browsing, e-mail, bermain game, dan sebagainya. Dengan teknologi yang semakin canggih tersebut, semakin banyak pula permainan-permainan bermunculan. Ditambah gadget canggih yang semakin banyak diproduksi dewasa ini, yang membuat sebuah handphone yang dulunya hanya bisa digunakan untuk menelepon dan mengirimkan pesan singkat, menjadi suatu alat yang lebih sering digunakan untuk bermain. Permainan edukasi merupakan sebuah permainan yang telah dirancang untuk mengajarkan pemainnya tentang topik tertentu, memperluas konsep, memperkuat pembangunan, memahami sebuah peristiwa sejarah atau budaya, atau membantu mereka dalam belajar keterampilan karena mereka bermain. penulis berinisiatif untuk mengembangkan sebuah game yang tidak hanya asik untuk dimainkan tetapi juga dapat menambah wawasan  mereka dalam mengenal budaya-budaya yang ada di setiap provinsi Indonesia. Game yang berjudul “Seni Budaya” selain sebagai sarana hiburan sekaligus bertujuan untuk mengenalkan seni budaya yang ada di Provinsi-provinsi Indonesia, dan permainan ini juga memperkenalkan beberapa objek seperti Rumah Adat, Alat Musik Daerah, Pakaian Adat, Tarian Daerah, Senjata Daerah yang ada di Indonesia. Untuk memainkan permainan “Seni Budaya” Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ di smartphone Android.

Kata Kunci: Game seni budaya, Budaya Indonesia, game edukasi sekolah.

Bidang ilmu
Game

Bibliografi

Ardipal.2010.Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan, Vol 11 No.1 Tahun 2010.

  Di ambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=25074&val=1548

Binanto.Iwan.2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.  Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Hartono Dody Suryo. 2015. Pixel JurnalKomputerGrafis.

Di ambildari:https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiDzNzxxKTVAhVFL48KHWE9D2sQFggiMAA&url=http%3A%2F%2Fjournal.stekom.ac.id%2Findex.php%2FPIXEL%2Farticle%2Fdownload%2F154%2F147&usg=AFQjCNGNV-dXZRUV-KFLWgXXUDQTTUlOVg

 

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas,Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Lukman, Napoleon. 2016. Teknik Utama.Vol.XI Nomor.1, April 2016.

Di ambil dari:http://jagakarsa.ac.id/download.php?file=img/files/Aplikasi%20Akademik%20Online%20Berbasis%20Mobile%20Android%20Pada%20Universitas%20Tama%20Jagakarsa.pdf

Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:       C.V Alfabeta

Mustaqbal, M Sidi, 2015, Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis, Volume I, No 3, 10 Agustus 2015.

Diambil dari:http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50

Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android

Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015. Diambil dari:http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_01 (11 Desember 2016)

 

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta :

PT. Elex Media Komputindo

Pratama, wahyu.2014.Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Vol.7 N.2 agustus 2014.

Di ambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=313600&val=7576&title=GAME%20ADVENTURE%20MISTERI%20KOTAK%20PANDOA

Purnasiwi, Rona Guines. Dkk. 2013. Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” dengan Teknik Masking. Vol. 14 No.04 Desember 2013.

Diambil dari:

http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/145/130

 

Putra, Dian Wahyu. 2016. Game EduksiBerbasis Android Sebagai Media PembelajaranUntukAnakUsiaDini.Vol.1, No.1 Maret 2016

Diambildari:https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiSt92CxqTVAhUPTI8KHTPIAVMQFggiMAA&url=http%3A%2F%2Fejurnal.unmerpas.ac.id%2Findex.php%2Finformatika%2Farticle%2Fdownload%2F7%2F12&usg=AFQjCNECf4_UDd55htIQ4Q6ZlBUYYzg3hg

 

Rahadi,Rizky.Muhammad.2016.Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Vol.4 No.1, Januari 2016.

Di ambil dari : http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12683/12302

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi

            Pustaka

 

Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

 

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

 

Sulastianto, Harry, 2007, Seni Budaya, Penerbit Grafindo Media Pratama.

 

Tompoh, Forman. Jos. Dkk. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makan  Restoran Berbasis Android. Vol.9, No.1, Oktober 2016.

Di ambil dari:

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/13749/13330

Zamroni, M.Rosidi. Dkk. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML5. Vol.5 No.2 September 2013.                                   Di ambil dari:

            https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=Dr1xWbajFsml0gSOmYHoBg#q=jurnal+rancang+bangun+aplikasi+permainan+untuk+pembelajaran+anak+menggunakan+HTML5+pdf