Dokumen Lektor

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-09-28

Penulis

Abstraksi

Perangkat lunak sangat dibutuhkan oleh setiap Instansi dan peusahaan, untuk pembuatan atau pengembangannya diperlukan analisa estimasi biaya. Estimasi biaya merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proyek pembuatan perangkat lunak. Perkiraan biaya yang terlalu kecil akan mengakibatkan perangkat lunak yang dihasilkan berkualitas rendah, sebaliknya, perkiraan biaya yang terlalu besar akan mengakibatkan pemborosan sumber daya yang digunakan. Kedua hal tersebut akan berpotensi pada kegagalan proyek pembuatan perangkat lunak. Perhitungan estimasi biaya didasarkan pada usaha yang dilakukan (effort) untuk pembuatan perangkat lunak dan standar biaya aktivitas tenaga IT. Perhitungan estimasi biaya yang dibahas pada penelitian ini berfokus pada kerangka pengembangan perangkat lunak medical. Proyek kerangka pengembangannya pada umumnya mencakup banyak modul yang dikembangkan pada unit-unit bisnis yang ada dalam instansi tersebut, namun studi kasus pada penelitian ini hanya akan dibuat kerangka pengembangan perangkat lunak penjualan pada PT. Shafira Laras Persada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu UCP dan Cocomo II. Untuk menghitung besarnya effort, proses perhitungan melibatkan analisa function point yang dalam perhitungannya melibatkan pendekatan fungsional perangkat lunak dengan mengidentifikasi dan mengkuantifikasi kegunaan pemrosesan informasi melalui hasil questioner responden, perhitungan faktor eksponen dan effort adjustment factor. Effort dalam satuan person-month yang didapatkan nantinya akan dikalikan nilai gaji dengan mengacu pada standar gaji/tarif biaya aktivitas pekerja TI, maka hasil perhitungan akhir yang diperoleh dapat memberikan estimasi biaya yang diperlukan dalam pembuatan kerangka pengembangan perangkat lunak penjualan pada PT. Shafira Laras Persada. Adapun hasil dengan metode Cocomo II waktu proyek 12 bulan, jumlah pegawai 4 orang/bulan dengan total biaya Rp 148.800.000, sedangkan metode Use Case Point waktu proyek 14 hari, jumlah pegawai 8 orang/ hari dengan total biaya Rp 15.646.012.

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

Dennis, Alan, Wixom, Barbara Haley, Roth, Roberta M. (2013). System Analysis and Design 5th Edition. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

 

Dewi, R. S. (2017). Implementasi Metode Function Points Untuk Mengestimasi Usaha Pada Proyek Pembangunan Aplikasi Layanan Publik. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 2(1), 1–8.

 

Juyuspan,  F.  A.,  &  Hidayati,  A.  (2016).  ESTIMASI  PENGELOLAAN  SUATU

 

PROYEK DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN ANALISA FUNCTION POINT. Jurnal Simantec, 5(2), 85– 92.

 

Kirmani, M. M., & Wahid, A. (2015). Use Case Point Method of Software Effort Estimation : A Review. International Journal of Computer Applications, 116(15), 43–47.

 

Kurniawan, W., Sholiq, & Sutanto, T. (2013). PENENTUAN EFFORT RATE PADA ESTIMASI EFFORT MENGGUNAKAN METODE USE CASE POINT

 

UNTUK PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK WEBSITE KEPEMERINTAHAN. Jurnal Sistem Informasi, 2(2), 61–71.

 

Nagar, C., & Dixit, A. (2012). Efforts Estimation by Combining the Use Case Point and COCOMO. International Journal of Computer Applications, 52(7), 1–5.

 

Pranatha, A. A., Ali, A. H. N., & Sholiq. (2012). ANALISIS PERKIRAAN BIAYA PEMBUATAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MODUL PABRIK GULA DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN DENGAN METODE COCOMO II. Jurnal Teknik POMITS, 1(1), 1–6.

 

Prayitno, E. (2017). Penggunaan Metode Estimasi Use Case Points ( UCP ) Dalam Proyek Software Domain Bisnis. JURNAL INFORMATIKA, 4(2), 241–248.

 

Pressman,  Roger  S  (2010).  Software  Engineering :  a  practitioners  approach.  7th

edition. New York : McGraw-Hill.

 

Rizqi, M., Alnobeta, Z., Saputra, M. C., & Dwi, A. (2018). Estimasi Biaya Perangkat Lunak Menggunakan Metode Function Point ( Studi Kasus : CV Aptikma Indonesia ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3).

 

Sariyanti, S., & Ardiansyah. (2017). Kakas Estimasi Perangkat Lunak Menggunakan Function Point dan Use Case Point untuk Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak di. Prosiding Annual Research Seminar 2017, 3(1), 85–91.

 

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering. 9th Edition. America : Pearson Education ,Inc.

 

53


 

Sukamto, Rosa Ariani & M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika

 

Walia, I. K., & Kaur, M. (2014). Combining COCOMO and use case for better effort estimation. International Journal of Current Engineering and Technology, 4(2), 576–578.