Analisis Penggunaan Televisi Internet Untuk Membantu Memperluas Jangkauan Siar Televisi Dakwah Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2020-06-01

Penulis

Abstraksi

Saat ini dunia dakwah sudah banyak memanfaatan media internet sebagai media penyebaran ilmu pengetahuan Islam kepada masyarakat terutama dengan menggunakan televisi internet atau yang biasa disebut dengan live streaming, namun fenomena ini perlu dilakukan pengkajian terhadap penggunaanya bagi masyarakat. Sehingga perlu diidentifikasi faktor-faktor apa saja yang saling berhubungan dan berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk menyaksikan sebuah siaran televisi dakwah, menelusuri tingkat pengaruh kemudahan dan kemanfaatan dalam penggunaan internet. Model yang digunakan untuk menggambarkan hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi minat penonton dalam menyaksikan siaran televisi ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) pada perangkat lunak Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Percevied Ease Of Use (PEOU) atau persepsi kemudahan dalam menggunakan televisi internet berpengaruh positif terhadap Actual Using Of Sistem (AUS) atau perilaku nyata dalam menggunakan sebuah sistem. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat kemudahan siaran televisi internet untuk disaksikan berpengaruh sebesar 90,1% terhadap pemakaian nyata, sehingga semakin mudah sebuah siaran televisi internet untuk diakses maka pemakaiannya akan semakin meningkat.


Kata Kunci: Televisi Internet, siaran televisi dakwah, live streaming, TAM, AMOS

URI
http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jusim/article/view/754/543

Bidang ilmu
Internet dan Mobile Security

Bibliografi

[1] Syamsuddin, Pengantar Sosialisasi Dakwah, Edisi Pertama, Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama,2016

[2] Natsir, M., Dakwah dan Pemikirannya, Jakarta: Gema Insani, 2005.

[3] Iwan, Agustinus, Daftar Alamat Internet Dunia, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi Offset, 1996

[4] Setianto, H, Eko, Browsing Aja di Internet, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2008

[5] Davis, F.D, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”, MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3, 1989

[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta, 2009