Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa SMK Manaarotul Ummah Tasikmalaya

Abstraksi

Taslim Gunawan 12170684 Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa SMK Manaarotul Ummah Tasikmalaya

Era kemajuan perkembangan teknologi tidak luput dari ranah pendidikan yang kini semakin meningkat dari tahun ke tahun, semakin banyaknya populasi manusia menjadikan pemicu terhadap kinerja keguruan yang semakin disibukan akan penumpukan data yang meningkat sanagat pesat.  Seperti data nilai siswa yang tidak berjalan dengan baik karena SMK Manaarotul Ummah mengguanakan cara manual untuk mendata nilai siswanya, sehingga sering terjadi kesalahan dan memakan cukup banyak waktu dalam menginput nilai. Seiring dangan pengevaluasian data setiap tahun meningkat. Penelitian ini mengguanakan metode waterfall untuk memecahkan masalah di atas, diharapkan dapat membantu mempermudah dan mengefisiensikan waktu para guru dalam menginputan data penialain terhadap siswa. Cara pengumpulan data yang primer dan sekunder. Alat bantu analisis yang di gunakan adalah activity diagram, use case, Entity Relationship Diagram (ERD), logical Record Structure (LRS), class diagram, sequence diagram. Maka telah dihasilkan sistem informasi pengolahan data nilai siswa untuk membantu penginputan data nilai.

Kata kunci: Pengolahan Data Nilai Siswa, SMK Manaarotul Ummah, Waterfall,https://ssl.microsofttranslator.com/static/26573678/img/tooltip_logo.gifhttps://ssl.microsofttranslator.com/static/26573678/img/tooltip_close.gif

Kata Kunci: Pengolahan Data Nilai Siswa, SMK Manaarotul Ummah, Waterfall,

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

EVALUASI PROGRAM KURSUS OFFICE TERPADU DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) BIMANTARA KLATEN. (2017). 2(4).

 

Indriani, K., & Sudarmadi, S. (2015). Sistem Informasi Inventory Alat Tulis Kantor (Atk) Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus: Otoritas Jasa Keuangan (Ojk)). Jurnal Techno Nusa Mandiri, 12(1), 69–76.

 

Nurfalah, R. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING GURU PADA SMK AL FALAH TANJUNGJAYA. 31124.

 

Putra, M. B., & Putri, N. G. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor di Sekolah Menengah Kejuruan DCI Kota Tasikmalaya. JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA), 5(1).

 

R, C. M. S. (2018). Seri Sains dan Teknologi APLIKASI PENGENALAN PROFIL NEGARA DI ASIA Seri Sains dan Teknologi P-ISSN 2477-3891 E-ISSN 2615-4765. 4(2).

 

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6–12.

 

Setiawati, P. (2018). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA LOWONGAN PEKERJAAN YANG DIREKOMENDASI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA ( SKKNI ). 3, 136–147.

 

Sukamto, R. A., & Salahuddin, M. (2015). Activity Diagram. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. In Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Tabrani, M., & Pudjiarti, E. (2017). PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI INVENTORI PT. PANGAN SEHAT SEJAHTERA. 1(2), 30–40.

 

Yusuf, A. L., Ramadan, M. A., Retnoningsih, E., & Rofiah, S. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa Pada SMP Islam Al-Falah Bekasi Berbasis Web. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 3(2), 203–212.