Abstraksi
Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT
Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam
pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam
memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di
sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan
mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan
pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor
pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di
sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data
primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait
dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran
adalah jujur, disiplin, tertib, peduli, dan tanggung jawab. SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan
implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun
kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.
Bibliografi
Sulhi Daud, M. (2017). Kepemimpimpinan Kepala
Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Religius
Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Tematik Diknas, 2(Vol.2 No 1
(2017) Tematik Dikdas), 1.
Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala sekolah
Profesional.
Fahmi, I. (2012). Manajemen Kepemimpinan Teori
dan Aplikasi.
Muslich, M. (2011). Pendidikan menjawab
tantangan krisis multimensioanal.
Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan
Budaya Dan Karakter Bangsa.
Aqib, zainal dan sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi
Pendidikan Karakter.
Ahmad, A. K. (2003). Dasar-dasar metode
penelitian kuantitatif.
Sumarno. (2009). Pengaruh Kepemimpinan Kepala
Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap
Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di
Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. 1–
79.
Pranowo, D. D. (2013). Implementasi Pendidikan
Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada
Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa
Prancis Dengan Metode Bermain Peran.
Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian
Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah
Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis
Dengan Metode Bermain Peran, 2(2), 1–19.
https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1442
Amanahtuzuriah, Nurmadiah, A. (1387). Pengaruh
Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap
Kompetensi Guru Di SDN 035 Tembilahan.