Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SDIT Islamicity Tangerang

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2020-09-02

Penulis

Abstraksi

Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah jujur, disiplin, tertib, peduli, dan tanggung jawab. SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/issue/archive

Bidang ilmu
Administrasi Perkantoran

Bibliografi

Sulhi Daud, M. (2017). Kepemimpimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Religius Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Diknas, 2(Vol.2 No 1 (2017) Tematik Dikdas), 1. Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala sekolah Profesional. Fahmi, I. (2012). Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Muslich, M. (2011). Pendidikan menjawab tantangan krisis multimensioanal. Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Aqib, zainal dan sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Ahmad, A. K. (2003). Dasar-dasar metode penelitian kuantitatif. Sumarno. (2009). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. 1– 79. Pranowo, D. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran, 2(2), 1–19. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1442 Amanahtuzuriah, Nurmadiah, A. (1387). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di SDN 035 Tembilahan.