SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL MURAH RAMAH LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-03-30

Penulis

Abstraksi

Mobilitas masyarakat yang tinggi mendorong kebutuhan sarana transportasi darat terus meningkat. Mobil menjadi salah satu transportasi darat yang banyak diminati masyarakat karena lebih efisien dari sisi waktu, memiliki daya tampung yang lebih banyak, dan terlindungi dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Kehadiran tipe tipe mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) menawarkan keuntungan yaitu dari segi harga, hemat bahan bakar, isi silinder, kapasitas tangki, maximum power, maximum torsi, maupun dari fitur-fitur keamanan dan kenyamanan. Setiap merk mobil LCGC memiliki keunggulan dengan kelas yang tidak jauh berbeda. Namun demikian, konsumen atau calon pembeli masih mengalami kebimbangan untuk memilih mobil LCGC yang sesuai dengan keinginan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi mobil LCGC yang sesuai keinginan konsumen atau pembeli. Penelitian ini menggunakan logika Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk melakukan perangkingan dari setiap alternatif pilihan mobil LCGC yang ada. Ada enam kriteria yang digunakan dalam pemilihan mobil LGCC seperti : harga, isi silinder, kapasitas penumpang, interior, eksterior, dan fitur mobil menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pemilihan mobil LGCC. Selanjutnya, sistem pendukung keputusan merekomendasikan mobil LGCC sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pengujian sistem pendukung keputusan pemilihan mobil LGCC sudah berjalan sesuai kebutuhan fungsional dan akurat sehingga membantu konsumen atau calon pembeli dalam pengambilan keputusan pembelian mobil LGCC yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 

Kata Kunci: mobil, LGCC, pembelian, TOPSIS, sistem pendukung keputusan

URI
https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/56

Bibliografi

Awalinah, A. A., Arifin, S. P., & Saf, M. R. A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Mobil dengan Membandingkan Metode Analytic Hierachy Process dan Fuzzy Associative Memory. Teknosi, 3(1), 89–100.


Hastuti, N. (2013). Sistem pendukung keputusan dalam menentukan pembelian jenis mobil dengan menggunakan metode topsis. Pelita Informatika Budi Darma, IV(3), 69–73.

IvanJelita, L. A., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi

Penerimaan Asisten Praktikum. Jurnal Ilmiah Data Manajemen Dan Teknologi I, 16(4), 37–46.

Kurniawan, I., & Iriananda, S. W. (2017). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Rekomendasi Mobil Multi Kriteria Menggunakan Metode Fuzzy Hybrid. Urnal Informatika Merdeka Pasuruan Agustus, 2(2), 35–46. http://doi.org/10.5281/ZENODO.1205774

Mardiana, T. (2017). Laporan Penelitian Mandiri Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Mobil Murah Ramah Lingkungan Menggunakan Metode TOPSIS. Bandung.

Mude, M. A. (2016). Perbandingan Metode SAW dan Topsis Pada Kasus UMKM. Jurnal Ilmiah ILKOM, 8(2), 76–81. P, D. A. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Teknologi Informasi, 5(1), 40–48.

Sigit, H. T., & Permana, D. A. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Pelita

Informatika Budi Darma, V(Agustus), 1–17.

Sumanti, T. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Pelita Informatika Budi

Darma, IV(Agustus), 1. Swara, G. Y. (2014). Sistem Pakar Pemilihan Mobil Murah Ramah. Jurnal TEKNOIF, 2(2), 7–12. Zeineldin, R., & Abdelhamid. (2012). A Decision Support System for Performance Evaluation. IJCA Special Issue on CIIS, 1–8.