Penerapan Algoritma Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Pinjaman Pada Koperasi Karyawan

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2017-11-01

Penulis

Abstraksi

Pemberian pinjaman kepada anggota merupakan salah satu kegiatan utama yang berlangsung pada sebuah koperasi. Dalam perkembangan saat ini, banyak koperasi yang kurang kontrol dalam aplikasi pinjaman masuk. Sehingga risiko pembayaran kredit macet menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan layak atau tidaknya anggota mendapat pinjaman dengan kriteria penilaian pertama sehingga keputusan didasarkan pada penilaian yang obyektif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merancang sistem pendukung keputusan adalah TOPSIS (Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution). Metode TOPSIS mampu memilih masing-masing alternatif berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk mendapatkan alternatif terbaik, dalam hal ini alternatifnya dimaksudkan agar setiap anggota koperasi yang mengajukan pinjaman. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu menentukan kelayakan anggota koperasi untuk mendapatkan pinjaman berdasarkan nilai yang diperoleh masing-masing alternatif.

Kata Kunci: koperasi, kredit macet, pinjaman, metode TOPSIS, SPK

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2954

Bibliografi

Harsoyo,dkk. (2006). Ideologi Koperasi Menatap Masa Depan. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.

Hariyani, Ismi. (2010).Restrukturisasi dan Penghapusan Kredit Macet. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Idroes, Ferry N. (2008). Manajemen Resiko Perbankan,Pemahaman Pendekatan 3 Pilar Kesepakatan Basel II Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia.Diambil dari : bmtsamana.com/article/40898/Manajemen-resiko-pada-koperasi-simpan-pinjam-ksp-dan-unit-simpan-pinjam-usp.html.(28 Desember 2014).

Hendrawan, Dani. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian KPR (Kredit Pemilikan Rumah Untuk Nasabah Pemohon Menggunakan Metode Topsis(Studi Kasus PT Bank Central Asia.Tbk). ISSN: 2339-210X. Medan: Majalah Ilmiah Volume : IV,Nomor:2,September 2014.

Kosasi, S., (2002). Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System), Pontianak Cerdas. Terjemahan Dwi Prabantini, Yogyakarta: Andi.

Kotsiantis, S., Kanellopoulos, D., Karioti, V., & Tampakas, V. (2009). An ontology-based portal for credit risk analysis. 2009 2nd IEEE International Conference on Computer Science and Information Technology, (hal. 165- 169). Beijing.

Op.Sunggu, Tiray Putri Sari. (2013)skripsi. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK) Dengan Menggunakan Metode Teqhiquefor Orderpreference By Similarity To Ideal Solution. ISSN : 2301-9425. Medan:Jurnal Ilmiah Volume:V,Nomor:3,Desember 2013.

Tambunan, T. T. (2009). Kenapa Koperasi Di Negara-Negara Kapitalis/Semi-Kapitalis Lebih Maju?. Seminar Nasional Perkembangan Koperasi di Indonesia: Prospek.