Memilih Segmentasi Penonton dalam Perencanaan Program Televisi

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-08-03

Abstraksi

Dalam penelitian ini membahas tentang segmentasi penonton televisi pada

perencanaan program televisi. Segmentasui penonton merupakan strategi untuk

memahami siapa yang akan menjadi penonton dari sebuah program televisi.

Menentukan segmentasi berkaitan dengan pemasaran program itu sendiri, penonton

televisi pada umumnya memiliki sifat yang sangat heterogen, maka akan sulit bagi

sebuah program televisi untuk menargetkan sasaran penontonya. Oleh karenanya

harus dipilih segmen-segmen audien tertentu saja dan meninggalkan segmen

lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu adalah bagian yang homogen yang

memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok dengan kemampuan stasiun penyiaran untuk

memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini berfokus pada siswa magang SMK 4

Bekasi di BSI TV dalam membuat perencanaan program televisi. Dimana siswasiswa

ini dituntut untuk menganalisa program-program televisi dan menilai

segmentasi penonton disetiap program tersebut untuk diterapkan pada program

yang nanti akan mereka rencanakan. Perencanaan program dalam menentukan

segmentasi penonton berada pada tahapan pra produksi, di mana dalam tahap ini

menentukan segmentasi penonton didasarkan pada peta kependudukan (usia, jenis

kelamin, besarnya anggota keluarga, pendidikan tertinggi yang dicapai, jenis

pekerjaan konsumen, tingkat penghasilan, agama, suku dan sebagainya.

Kata Kunci: Program Televisi, Segmentasi Penonton Televisi.

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4165/2561

Bidang ilmu
Komunikasi

Bibliografi

Bungin, B. (2007) Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group : Jakarta.


Fachrudin, Andi. Pusat pengembangan bahan ajar Universita Mercubuana,

Perencanaan Kreatif Televisi. Accessed on http://mercubuana.ac.id/files/modul-10-kreatifitas-Program- tvberdasarkan-raing-share.pdf


Hidayah, Nurul (2010). Segmentasi Siaran Agama Islam Stasiun Dhoho TV Kediri

Dalam Meraih Target Audiens. Accessed On November 23, 2014 from

http://digilib.uinsuka.ac.id/4197/1/BAB%20I,V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf


Latief, Rusman dan Utud, Yusiatie. 2015. Siaran Televisi Non-Drama Kreatif,

Produksi, Public Relation, dan Iklan. Jakarta: Prenadamedia Group