Keberhasilan Format Program Drama Dalam Menjaring Penonton Televisi (Studi Kasus Sinetron Ojek Pengkolan RCTI)

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2019-04-01

Abstraksi

Persaingan stasiun televisi dalam menjaring penonton dilakukan dengan produksi program semenarik mungkin. Siaran program dikatakan berhasil jika mampu menempatan share dan rating tertinggi. Program yang masih menduduki share dan rating tertinggi hingga saat ini adalah format program drama. Salah satu format drama adalah tayangan sinetron. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan adalah tayangan sinetron Tukang Ojek Pengkolan yang tayang di stasiun RCTI. Temuan dari penelitian ini adalah format program menjadi kekuatan dalam produksi program siaran dan format program drama adalah format yang paling mampu menjaring penonton televisi.


Kata Kunci: format program, drama televisi

URI
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/issue/view/355

Bidang ilmu
Komunikasi

Bibliografi

Creswell, J. W. (2010). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.; S. Z. Qudsi, ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Duniatv. (2019a). Dunia_tv. Retrieved August 8, 2019, from https://www.instagram.com/dunia_tv/


Duniatv. (2019b). Jadwal TV. Retrieved August 5, 2019, from https://www.jadwaltv.net/

Latief, Rusman. Utud, Y. (2015).


SIARAN TELEVISI NONDRAMA Kreatif, Produktif, Public Relation, dan Iklan (2nd ed.). Jakarta: Kencana.


Morissan. (2008). MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN Strategi Mengelola Radio & Televisi (1sted.). Jakarta: Kencana.


Naratama. (2004). Menjadi Sutradara Televisi, dengan Single dan Multicamera. Jakarta: Grasindo.


Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (17th ed.). Bandung: Alfabeta.