Metode Analitycal Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-12-27

Abstraksi

 Saat ini, segala jenis kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan lebih mudah untuk dikerjakan hanya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut laptop. Selain itu, laptop juga sangat praktis dibawa kemana-mana. Sekarang ini laptop sudah menjadi kebutuhan dasar untuk pendidikan, bisnis maupun hanya untuk bermain game. Memilih laptop sesuai anggaran dan kemauan setiap konsumen bukan hal yang mudah karena banyaknya perbandingan harga laptop pada berbagai merk yang memiliki spesifikasi fitur-fitur berbeda. Banyaknya pilihan laptop tersebut menambah kebingungan setiap individu untuk memilihnya. Tidak setiap orang mengerti komponen-komponen yang ada pada bagian laptop dan ketidaktahuan itu membuat konsumen memilih laptop yang mahal untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak membutuhkan spesifikasi besar dan akhirnya akan memilih laptop yang overbudget. Tujuan dari penelitian ini mempermudah Konsumen dalam pemilihan laptop yang terbaik sesuai keinginan, kegunaan dan anggaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analytical Hierarchy Process meliputi merk laptop Asus, Lenovo, Dell, dan Hewlett Packard dengan kriteria harga laptop, Merk laptop, Jenis Processor, Kapasitas RAM, dan Jenis VGA. Hasil dari penelitian ini adalah laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dari aspek harga, processor, kapasitas RAM, dan jenis VGA adalah laptop Lenovo Ideapad 310 dengan nilai tertinggi 0.03130492 sebagai laptop yang terbaik, sedangkan laptop Hewlett Packard Notebook AC144TX adalah laptop terendah dari aspek harga, processor, kapasitas RAM, dan jenis VGA dengan nilai 0.00441792.

Kata Kunci: Pemilihan Laptop, Analytical Hierarchy Process, Sistem Pendukung Keputusan

URI
http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1009/883

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Anshori Y. 2012. Pendekatan Triangular Fuzzy Number Dalam Metode Analytic Hierarchy Process. Ilm. Foristek 2: 126–135.
 
Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi. 133 p.
 
Perdhana AS, Saptomo WLY, Siswanti S. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jenis Laptop Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal TIKomSin. 5359.
 
Sanyoto GP, Handayani RI, Widanengsih E. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp ( Studi Kasus : Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud). Pilar Nusa Mandiri 13: 167–174.

Saragih SH. 2013. Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process ( AHP ) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop. Pelita Inform. Budi Darma 4: 82–88.
 
Syafitri LS and Herlawati. 2016. Penilaian Kualitas Pelayanan Digital Lounge Menggunakan Metode Servqual Dan Analitycal Hierarchy Process. ICT J. 3: 73–84.