Animasi Interaktif Pengenalan Jenis Sampah Berbasis Android

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-03-27

Abstraksi

Pengenalan sampah wajib diterapkan kepada anak-anak supaya mereka mengetahui jenis-jenis sampah dan langkah mengelolanya. Sampah adalah persoalan yang tidak ada habisnya selama kehidupan ini masih ada dan sampah pasti akan selalu diproduksi. Pada saat ini, permasalahan yang timbul berasal dari kurangnya media pembelajaran tentang pengenalan jenisjenis sampah kepada anak-anak. Situasi belajar yang sekarang ini masih berupa metode lisan, dimana kurangnya media untuk menerangkan kepada anak-anak mengenai jenis sampah dan cara mengelolanya. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda
dalam hal pengenalan jenis sampah yang diterapkan dalam sebuah objek dan memberikan pengetahuan mengenai jenis sampah. Metode penelitian yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan Model yang digunakan adalah Model Waterfall. Pada penelitian ini menggunakan perangkat lunak yang diantaranya yaitu android studio, dan adobe flash. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses pengenalan melalui media interaktif bisa memudahkan anak-anak dalam mengenal jenis sampah, hal ini dikarenakan pemahaman anak lebih baik terhadap penjelasan yang menggunakan gambar, efek suara, dan animasi.

Kata Kunci: Animasi, Android, Jenis Sampah

URI
https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/51/45

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Beni Harsono. (2009). Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media. Jurnal Ptm Volume, 9, 71–79.
 
Damanhuri, E., & Padmi, T. (2010). Pengelolaan sampah. Diktat Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung, 30.
 
Komarudin, R., & Noor, R. R. (2017). ANALISIS PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL BAHASA JEPANG. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12–20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/in dex.php/pilar/article/view/330
 
Putu, I. D., Sudiatmika, A., Cahyawan, A. A. K. A., & Buana, P. W. (2014). Aplikasi Game Edukasi Trash Grabber Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 215–225.
 
Saryoko, A. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF EDUKASI LIMBAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA MENJADI BARANG KERAJINAN TANGAN. PERSPEKTIF: JURNAL EKONOMI, SAINS DAN MANAJEMEN, 16(1), 12–19. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php /perspektif/article/view/2493
 
Sembiring, E. B., & Situmorang, M. R. (2018). RANCANG BANGUN DAN ANALISIS PENGENALAN SAMPAH DALAM BENTUK ANIMASI 3D. ISD Vol.3 No 1, 3(1), 16–21.
 
Sidik, S., & Prasetyo, J. (2017). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN  ENSIKLOPEDIA NEGARA-NEGARA ASEAN. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 63–70. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/in dex.php/techno/article/view/402
 
Sidik, S., & Susilowati, S. (2013). DESAIN MEDIA EDUKASI ANIMASI INTERAKTIF CARA PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH BERBASIS  MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1). Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/in dex.php/techno/article/view/77
 
Sikumbang, E. D., & Rifai, M. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.