Membangun Aplikasi Sistem Informasi Pencari Kerja Berbasis Android

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

Abstraksi

Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) adalah Lembaga pemerintahan yang mempunyai fungsi sebagai Membina, mengendalikan dan pengawasan di bidang ketenagakerjaan dan memberikan pelatihan bagi calon pekerja agar memiliki keahlian khusus sesuai dengan permintaan para pencari tenaga kerja dan memberikan kesempatan kerja secara luas. Terdapat beberapa permasalahan lowongan informasi pada Kemnaker diantaranya, proses penyajian informasi lowongan pekerjaan yang memerlukan waktu 2-3 hari. kemudian di informasikan melalui papan informasi yang disediakan oleh kemnaker sehingga banyak sekali keluhan dari pencari kerja khususnya untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diusulkan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan informasi lowongan pekerjaan tersebut. Dalam hal ini adalah membuat sistem informasi lowongan kerja berbasis android untuk dapat menemukan karir/pekerjaan dengan memfasilitasi perusahaan/institusi/industri penyedia lapangan kerja. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, sistem informasi ini membantu pihak Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui android. Pembuatan aplikasi ini menggunakan pendekatan pemrograman berbasis android. Sistem ini juga bermanfaat bagi perusahaan dan pencari kerja dalam memperoleh, menyampaikan dan menginformasikan lowongan pekerjaan yang ada. 

Kata Kunci : Bursa Kerja, Pencari Kerja, Lowongan Pekerjaan 

URI
https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/fifo/article/view/5801/2603

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

[1]  Adi Nugroho (2010) Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode              USDP. Andi. Yogyakarta.

[2] Eko Nugroho (2008) Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan         Perkembangan . Andi. Yogyakarta.

[3] Hariyanto Bambang (2014). Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java. Revisi        Keempat. Penerbit Informatika, Jakarta.

[4] Kusumadewi, Sri (2003). Artifical Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Edisi        Pertama. Penerbit Graha Ilmu, Jakarta.

[5] Kusumadewi,S dan H. Purnomo. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Mendukung       Keputusan. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

[6] Nugroho, A. (2008). Pemograman Java Menggunakan IDE Eclipse Callisto.         Yogyakarta: Penerbit Andi.

[7] Rickyanto Isak, ST(2003) Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Java        2(JDK 1.4) , Andi Offset, Yogyakarta.

[8] Safaat H., Nazruddin. (2012). ANDROID : Pemrograman Aplikasi Mobile        Smartphone dan Tablet PC berbasis Android.(Edisi Revisi).Bandung : Informatika         Bandung.

[9] T.Sutojo, E. Mulyanto dan V. Suhartono (2011). Kecerdasan Buatan. Ed. 1. Penerbit        ANDI, Yogyakarta.