DESAIN PRODUKSI DRAMA TELEVISI “BERANTARA PETANDANG”

Abstraksi

ABSTRAK

Rina Puspita Sari ( 42160024 ), Muhamad Abi Rizaldi ( 42160568 ), Anisa Yuliana ( 42161100 ), Arlan Amar Ivaldo ( 42160877), Ahmad Salim Barry ( 42160174 ), Nuraida wasliah ( 42160352 ), Marreza Maisal Pratama ( 42160255 ), Muhamad Arief Saefudin ( 42150174 ).

            Televisi merupakan sebuah media telekomunikasi yang terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom ( Hitam-Putih ) Maupun berwarna. Kata televisi tersebut berasal dari gabungan kata yaitu Tele ( Jauh ) dari bahasa yunani dan Visio ( Penglihatan ) dari bahasa latin, sehingga televisi dapat dikatakan sebagai “alat komunikasi jarak yang menggunakan media audio visual”.

            Drama televisi “Berantara Petandang” yang tim kami buat dengan genre yang kami pilih yaitu Action yang mengisahkan tentang seorang pemuda yang bernama Iwan yang merantau ke ibukota untuk mencari tahu keberadaan abang kandungnya Damar, kemudian dia pun bertemu dengan seorang perempuan yang bernama Luna yang sedang di kejar karena mencopet dan  tidak sengaja bertabrakan di depan warteg, lalu iwan pun bertemu dengan martin yang di iming imingi mengetahui Damar, kemudian martin membawanya ke stasel dan iwan pun di terjerumuskan ke hal negatif seperti mencopet oleh martin dan anak buahnya,  iwan pun terpaksa melalukan hal negatif tersebut demi bertemu damar karena jalan satu-satunya ada di martin agar bertemu dengan damar namun iwan pun tertipu oleh martin dan kawan-kawannya, iwan pun tak tahu seperti apa stasel itu dia pun di suruh menjadi pencopet dan melakukan transaksi narkoba oleh komar dan luna. Iwan pun mencopet seorang laki – laki tapi tak sengaja yang ia copet adalah dompetnya damar,  iwan penasaran dengan isi dompetnya dan ternyata iwan melihat KTP lalu mencocokan dan ternyata memang benar itu dompet damar, kemudian mencari alamat dari KTP itu dan bertemu lah dengan fadli yang mengantarnya ke markas pavillion.

            Drama televisi yang tim kami buat ini selain untuk menghibur penonton di rumah khusunya yang sangat menyukai genre Action,  di film kami pun juga terdapat beberapa pesan moral yang ingin kami sampaikan yakni, jangan mudah percaya kepada seseorang yang baru kita temui hanya demi informasi yang belum tentu benar adanya, dan jangan berkata iya bila melakukan hal negatif yang padahal diri kita tau itu perbuatan tercela dan tidak terpuji.


Kata Kunci: Televisi, Drama televisi, Bahasa latin televisi, Berantara Petandang

Bidang ilmu
Program Drama Televisi

Bibliografi

DAFTAR PUSTAKA

 

 Aristo Salman & Shidiq Atief. 2017. Kelas Skenario :Esesnsi, Divisi Erlangga

Irwanto, Kusumawati Nina, Supriyadi, dan Triartanto Yudo, 2014. Broadcasting Televisi Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Cendekia

Irwanto, Kusumawati Nina, Supriyadi, dan Triartanto Yudo, 2017. Produksi Program Televisi & Film. Tata Cahaya. Tata Artistic, Tata Suara, Tata Kamera.  Yogyakarta: Graha Cendekia Kusumawati, N., Windratno, H., & Artanto, Y. T. (2017). Produksi Program Televisi Dan Film. Yogyakarta: Graha Cendekia.

KN, A.M. 2018. Produksi Program Tv Drama. Jakarta : PT. Gramedia

Latief, Rusman, dan Yustatie Utud. 2017. Menjadi Produser Televisi. Jakarta: Prenadamedia Group

Muslimin,N. 2018. Bikin Film, Yuk. Yogyakarta : Araska

Naratama, 2018.  Menjadi Sutradara Televisi : Grasindo