PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “DI BALIK MEREKA: MEMANUSIAKAN MANUSIA”

Abstraksi

ABSTRAK

 

Syafira Ayuningtyas (42161020), Lukman Herdiansyah (42160412), Muhammad Haris Nugraha (42160432), Erik Samuel Wenur (42160273), Ervando Willy Rendy Piong (42160341), “Di Balik Mereka episode Memanusiakan Manusia”.

 

Program acara dokumenter televisi menampilkan suatu peristiwa bukan secara garis besarnya saja, tetapi ditampilkan dari mulai sebab sampai akibat, juga pada proses peristiwa pada tema yang dibawakan. Program dokumenter televisi disajikan dengan merekam berdasarkan kenyataan atau realita sebagaimana adanya yang menyajikan kejadian-kejadian dalam kehidupan lingkungan hidup, gambaran sosial dan situasi nyata. Pengambilan gambar untuk program acara dokumenter juga dilakukan pada lokasi kejadian yang sesungguhnya. Program acara dokumenter televisi seperti inilah yang memberikan gambaran nyata tentang berbagai aspek kehidupan yang dapat dibagikan kepada setiap manusia. Melalui program acara dokumenter televisi dengan judul program “Di Balik Mereka: Memanusiakan Manusia” penulis ingin menginformasikan tentang kehidupan-kehidupan seputar pendidikan memanusiakan manusia secara mendalam mengenai Pelayanan Jenazah yang disebut Palang Hitam, apa saja yang ada dan terjadi di Palang Hitam itu sendiri. Mereka adalah orang-orang yang setia pada profesinya dan telah membaktikan tenaga dan pikirannya selama bertahun-tahun dengan imbalan yang sekedarnya, maka mereka adalah seseorang yang berdedikasi. Penulis berharap agar program acara dokumenter televisi ini dapat memberikan informasi dan edukasi yang dapat diterima oleh khalayak luas.

 


Kata Kunci: Kata Kunci: Dokumenter Televisi, Di Balik Mereka, Palang Hitam

Bidang ilmu
Program Dokumenter Televisi

Bibliografi

DAFTAR PUSTAKA


Aristo, S. (2017). Kelas Skenario. Bandung: Mizan.

Asura, E. R. (2015). Panduan Praktis Menulis Skenario . Yogyakarta: Andi Offset.

Ayawaila, G. R. (2017). Dokumenter Dari Ide Hingga Produksi. Jakarta: Fakultas Film dan Televisi Institute Kesenian Jakarta.

Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Fachruddin, A. (2015). Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hendrayana, R. (2016). Film.

Irwanto, Nina Kusumawati, Supriyadi dan Yudo Triartanto. (2014). Broadcasting Televisi, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Latief, R., & Utud, Y. (2017). Menjadi Produser Televisi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Latief, R., & Utud, Y. (2017). Siaran Televisi Nondrama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mabruri. (2018). Manajemen Produksi Program Acara TV. Jakarta: PT. Grasindo.

Mabruri, A. (2018). Produksi Program TV Drama. Jakarta: Grasindo.

Morissan. (2018). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Naratama. (2018). Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: PT. Grasindo.

Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriyadi, Nina Kusumawati, Irwanto dan Yudo Triartanto. (2014). Broadcasting Televisi 2, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Cendekia.