Sistem Informasi Manajemen Administrasi Pelatihan Pada PT. Disi Solusi Mandiri Bekasi

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2019-12-02

Abstraksi

Peran lembaga pelatihan memberikan dampak positif pada berbagai macam perusahaan yang sedang berkembang, dengan adanya jasa pelatihan perusahaan kecil dan menengah dapat meningkatkan kualitas serta peningkatan mutu perusahaan melalui layanan pelatihan. PT. Disi Solusi Mandiri merupakan perusahaan bergerak di bidang jasa pelatihan dan konsultan Public dan Inhouse Training, Sistem yang berjalan pada perusahaan ini masih memiliki kekurangan tidak efisien, dimana proses pendaftaran dan pengelolaan masih cukup rumit, peserta yang ingin mengikuti pelatihan harus mencetak formulir registrasi, dan dikirim kembali melalui email, hal tersebut mengakibatkan kurangnya ke efektifitasan dalam prosedur pendaftaran dan kesalahan pengecekkan data dikarenakan tulisan yang sulit dibaca, hingga saat ini masih banyak juga peserta yang tidak mau rumit dalam melakukan pengiriman ulang formulir sehingga mengirimkan formulirnya melalui email atau whatsapp messenger.  Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk membuat sistem informasi manajemen administrasi pelatihan berbasis web untuk merubah sistem manual yang lama menjadi sistem terkomputerisasi sehingga hasil proses manajemen dapat mempermudah dalam pendaftaran dan data-data lebih terintegrasi serta informasi tentang pelatihan pun dapat lebih mudah dan dimana saja dapat diakses. Penulis menggunakan model waterfall untuk merumuskan perancangan sistemnya, dan di impelementasikan dalam bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL.

Kata Kunci: Administrasi, Pelatihan, Pendaftaran, Sistem Informasi Manajemen

URI
http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/1226

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Fadallah MF, Rosyida S. 2018. Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek dengan Pemodelan Unified Modeling Language. 7: 61–70.

Al Fatta H. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern, XII. Penerbit Andi. 212 p.

Gunadi MEF, Wicaksono SA, Pradana F. 2018. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ) Pendidik Dan Tenaga Kependidikan ( Studi Kasus : LPMP Sulawesi Tenggara ). J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya 2.

Mulyadi, Hoiriah, Supriadi D, Mugiati R. 2018. Sistem Informasi Pendaftaran Kursus Berbasis Web Pada Yayasan Musik Jakarta. Indones. J. Comput. Inf. Technol. 3: 148–156.

Nugroho A. 2011. Perancangan Dan Implementasi Sistem Basis Data. Andi. 598 p.

Pratama R, Oktaroza ML, Nurhayati N. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penggelolaan Lembaga Kursus Des-It Course. J. Kaji. akuntasi 18: 22–36.

Rosa A., Shalahuddin M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 296 p.

Sari R. 2015. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SD Negeri 29 Jakarta. Sist. Inf. 2: 176–184.

Veithzal R, Jauvani Sagala E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik Edisi Kedua, Kedua. Rajawali Pers. 1138 p.