Data Mining Untuk Klasifikasi Tamu Hotel Dengan Algoritma Apriori

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2019-03-12

Abstraksi

Data yang dimiliki suatu hotel merupakan salah satu aset dari suatu hotel tersebut. Dengan adanya kegiatan operasional sehari-hari akan semakin memperbanyak jumlah data yang dihasilkan. Jumlah data yang begitu besar justru akan menjadi masalah bila hotel tersebut tidak bisa mengolahnya. Dalam penelitian ini, akan mengimplementasikan algoritma apriori untuk mengklasifikasikan data record guest yang ada di Delua Hotel Jakarta berdasarkan kecenderungan yang muncul dari suatu kategori pada kurun waktu tertentu pada proses chek in pada Delua Hotel pada setiap hari, minggu, bulannya. Data record guest yang diolah menggunakan itemset room type Superior Queen/Twin, Deluxe Room, Holywood Room, dan Executive Suite. Hasil dari penelitian ini berupa data yang digunakan untuk memprediksikan room yang tersedia saat mempersiapkan reservation room dan hasil dari algoritma ini juga dapat dijadikan rujukan bagi pihak hotel dalam mempersiapkan reservation room yang paling sering di minati oleh pengunjung hotel

Kata Kunci: Algototma Apriori, manajemen hotel, aturan asosiasi

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Anas A. 2016. Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Smpn 3 Batanghari. J. Ilm. Media SISFO 10: 628–641.

Fauzzy M, Saleh KR, Asror I. 2016.Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung. J. Ilm. Teknol. Inf. Terap. II: 221–227.

Haris A. 2016. Definisi dan cara kerja Algoritma Apriori untuk pencarian association rule. 1.

Haryati, Ransi N, Pasrun YP. 2017. Penerapan Metode Cba (Classification Based On Assosiation Rule ) Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Klasifikasi Penyakit Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). semanTIK 3: 31–38.

Mubarok I, Marisa F, Purnomo D. 2017. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sim Online Universitas Widyagama Malang. Teknol. Manaj. Inform. 3: 86–94.

Muflikhah L, Yunita WL, Furqon MT. 2017. Prediksi Nilai Mata Kuliah Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Apriori. 06: 157–172.

Nurjoko, Kurniawan H. 2016. Aplikasi datamining untuk memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa menggunakan algoritma apriori di ibi darmajaya bandar lampung. J. TIM Darmajaya 02: 79–93.

Silalahi N. 2016. Penerapan Association Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Menemukan Pola Data Penjualan Accessories Handphone. J. Ilm. INFOTEK 1: 114–123. 

Tanna P, Ghodasara Y. 2013. Foundation for Frequent Pattern Mining Algorithms’ Implementation. Int. J. Comput. Trends Technol. 4: 2159–2160.

Turban E, Aronson JE, Liang TP. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. United States Of America: Pearson Prentice Hall.

Yanto R, Kesuma H Di. 2017. Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule. Jatisi 4