Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2019-03-01

Abstraksi

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan kegiatan wajib  setiap tahun yang  dilakukan oleh setiap Perguruan Tinggi, baik Pergurauan Tinggi Negeri maupun Perguruan Timggi Swasta. Segala informasi tentang kententuan pendaftaran, mengikuti ujian saringan, jadwal orientasi akademik serta bukti pendaftaran mahasiswa baru, kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dalam sebuah aplikasi berbasis mobile dengan nama mobile aplikasi PMB BSI. Aplikasi tersebut diterapkan dalam proses penerimaan mahasiswa baru pada periode 2017/2018. Perlunya pengukuran atas kesuksesan penerapan aplikasi tersebut seberapa efektif manfaatnya dalam menunjang pengolahan data pada proses penerimaan mahasiswa baru, maka dari itu penulis mencoba menggukur kesuksesan dari pengunaan aplikasi tersebut  dengan metode Delone and McLean, menggunakan enam variable diantaranya Informasi Quality, Service Quality, System Quality, Actual Use, Use Safisfaction, Net Benefit (Individual Impact), dimana dari variable-variabel tersebut terdapat 25 indikator yang digunakan dalam pertanyaan. Berdasarkan hasil uji coba, diketahui bahwa aplikasi berbasis mobile PMB dilakukan dengan mahasiswa baru fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari 133 populasi, selanjutnya diambil 100 responden untuk diambil sebagai sample penelitan. Dalam penelitian ini penghitungan validitas semua variable semuanya valid dikarenakan semuanya lebih besar dari r tabel = 0,195. Selanjutnya untuk perhitungan reliabelitas sebanyak 0,917, sehingga dengan kondisi seperti ini maka aplikasi mobile PMB sudah dapat dipercaya dalam tingkat sistem dan informasi

Kata Kunci: Delone dan McLean, Kesuksesan Sistem Informasi, Aplikasi Mobile, Penerimaan Mahasiswa Baru

URI
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/1008/pdf

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

[1] K. Yuliana, “Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional Vi Semarang,” Infokam, vol. II, no. Ii, p. 16, 2016.

[2] I. S. Sakkinah and S. Patmanthara, “Analisis keberhasilan sistem e-learning smk negeri 1 malang,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 59–63, 2017.

[3] W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information systems success: The quest for the dependent variable,” Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 1, pp. 60–95, 1992.

[4] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2014.

[5] T. Sutabri, Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

[6] I. P. A. E. Pratama, Sistem Informasi Dan Implementasinya Berbasis Open Source. Bandung: Informatika, 2014.

[7] A. Wahdoyo, Android 4 untuk Pengguna Pemula Tablet dan Handphone, 1st ed. Jakarta: PT. Transmedia, 2013.

[8] L. F. S. Putri and I. Mahendra, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology ( UTAUT ),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 136–144, 2017.

[9] W. Delone and E. McLean, “the Delone and Mclean model of information sys- tems success: A ten-year update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, p. 9–30., 2003.

[10] G. Pramesti, Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

[11] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

[12] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

[13] Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel P. Bandung: Alfabeta, 2013.

[14] A. Anfina, F. N. Salisah, and I. Permana, “Analisa kesuksesan penerapan sistem perhotelan dengan pendekatan model delone and mclean,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 56–59, 2018.

[15] A. Saryoko, “Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Aplikasi Go-Jek Menggunakan Motode Servqual,” J. Sist. Inf. STMIK Antar Bangsa, vol. 5, no. 2, pp. 158–164, 2016.

[16] A. Widodo, “Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Rts (Rail Ticketing System) Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi,” Media Ekon. Dan Manaj., vol. 31, no. 2, pp. 160–181, 2016.

[17] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.