Penentuan Promosi Jabatan Karyawan Pada PT. Ekspres Transportasi Antarbenua (Premiair) Jakarta

Lihat/Buka File Repository

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-06-02

Penulis

Abstraksi

Didalam struktural perusahaan ada tugas dan fungsi untuk menjalankan sistem bisnis. Agar tugas dan fungsi berjalan dengan baik maka dibutuhkan orang-orang yang pantas diposisi tersebut. Promosi jabatan merupakan salah satu cara untuk mencari kandidat karyawan yang pantas dan layak untuk menjalankan tugas dan fungsi yang dipercayai oleh manajemen. Pada pelaksanaan promosi jabatan tersebut, pengambilan keputusan lebih didasari keputusan yang subjektif. Metode yang digunakan dalam menentukan promosi jabatan karyawan ini adalah profile matching di mana metode ini adalah metode yang menyediakan kriteria yang berbobot sehingga setiap nilai jumlah dari bobot dan hasil yang diperoleh akan menjadi keputusan akhir. Pada penelitian ini menggunakan tiga kriteria dimana 1 (satu) kriteria tidak dilakukan perhitungan karena ini merupakan kebijakan dari perusahaan bahwa untuk karyawan yang akan dipromosikan harus bekerja diatas 5 (lima) tahun, dua kriteria berikutnya berupa kriteria kinerja karyawan dan perilaku dari karyawan tersebut yang masing-masing mempunyai 4 (empat sub kriteria). Penelitian ini terdapat 4 karyawan yang kemudian mendapatkan hasil urutan pertama Muchammad Ichsan Machfiaji dengan perolehan nilai 4,6, Ristin Wulandasari dengan nilai 4,5, Ria Yuliasari 4,5 dan Wahyu Jatmiko dengan nilai akhir 4,4. Bedasarkan hasil ini maka yang akan diangkat mengjadi supervisor adalah Muchammad Ichsan Machfiaji

URI
http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/745

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Damanik MA. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemindahan Tugas Karyawan Dengan Menggunakan Metode Profie Matching (Study Kasus: PT. Perkebunan Nusantara III Medan). Jurnal Pelita Informatika Budi Darma. 4(2): 123–129. 

Hasibuan M. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 

Kartikasari O, Hidayat N, Suprapto. 2017. Implementasi Metode Profile Matching Dengan Weighted Product Pada Seleksi Staf Operator Komputer (Studi Kasus : UPTD Pendidikan Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban Jawa Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 1(11): 1331–1336. 

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset. 

Muchsam Y, Falahah, Saputra GI. 2011. Penerapan GAP Analysis Pada Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan (Study Kasus PT. XYZ). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2011 (SNATi 2011). Yogyakarta: 94 – 100. 

Nashrullah MI, Abdillah G, Renaldi F. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Promosi Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching dan Electre. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST). Universitas Wahid Hasyim Semarang: 196–201. 

Sangadji, Mamang E, Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. 

Sudarti, Setiyadi D. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Promosi Jabatan Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada YW. Al Muhajirien Jakapermai. Jurnal Informatics For Educators And Professionals. 1(1): 94–108.