Perancangan Sistem Informasi Rekrutmen Karyawan Menggunakan Metode AHP Pada Kantor Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Tasikmalaya.

Abstraksi

ABSTRAK

 

 

Fani Nurona Cahya (12153722), Perancangan Sistem Informasi Rekrutmen Karyawan Menggunakan Metode AHP Pada Kantor Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Tasikmalaya.

 

Sistem informasi yang di rancang merupakan sistem informasi perekrutan karyawan berbasis Komputerisasi untuk membantu perusahaan pada proses penyeleksian karyawan di Kantor Koperasi Sejahtera Bersama (KSB). Data bersumber dari berbagai buku, dan dokumen-dokumen yang kemudian di tuangkan ke dalam aplikasi yang dirancang. Sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan merupakan suatu sistem yang mampu meningkatkan efektivitas dan efesiensi manajeman, meningkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputuan yang berkaitan dengan kegiatan operasional, dan meningkatkan kualitas SDM calon Karyawan. Dengan demikian sistem pendukung keputusan yang digunakan juga harus memiliki perencanaan secara komprehensif dan terpadu. Untuk itu digunakanlah metode Analytic Hierrarchy Process (AHP). AHP merupakan suatu model pendukung keputusan yang menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteri yang kompleks menjadi suatu hirarki. Suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian di atur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis. AHP sangat baik digunakan dalam pengambilan keputusan penerimaan karyawan baru agar hasil dari penyeleksian karyawan baru bisa selesai dengan tepat dan akurat.

 

Kata Kunci : Perancangan Sistem, Pengelolaan Sistem Rekrutmen, Metode AHP


 

Kata Kunci: Perancangan Sistem, Pengelolaan Sistem Rekrutmen, Metode AHP

Bidang ilmu
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

Bibliografi

DAFTAR PUSTAKA

 

 

A.S, R., & Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur & Berorientasi Objek), 296

 

Kasus, S., Cibaliung, P. T., & Csd, S. (2017). PROYEK TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) UNTUK REKRUTMEN KARYAWAN IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ) UNTUK REKRUTMEN KARYAWAN.

Pratama, I Putu Agus Eka. (2016). Sistem informasidan Implemetasinya. Bandung: Informatika.

Rianto, B. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Studi Kasus : RB . Nilam Sari Tembilahan. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) Studi Kasus : RB . Nilam Sari Tembilahan, 2(2), 29–38.

 

Setiani, B. (2013). Kajian Sumber Daya Manusia Dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Di Perusahaan. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 38–44. Retrieved from http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/106

 

Shalahuddin dan Rosa A.S. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

 

Tasikmalaya, A. B. S. I. (2018). JUM ’ AT ILMIAH “ One Week One Method ” AHP ( Analytic Hirarki Process ), 0328.

 

Tiara, B., Wulandari, I., & Martsanto, S. (2016). Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process Pada Sistem Rekrutmen Karyawan. Ilmiah Ilmu Komputer, 2(1), 45–49